Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat,SILAHKAN ISI BUKU TAMU DAHULU YA,,, Blog Ini Untuk Menambah Wawasan Bimbingan Dan Konseling Lalu Motivasi Diri, Serta Mohon Komentar Agar Selalu Baik Dalam Menampilkanya. Email jatirinkriatmaja04@gmail.com atau 085220363757

Tuesday 17 January 2017

Laporan PPL-T (PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU )


LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU
(PPL-T) DI MTs NEGERI METRO BATANGHARI
TAHUN PELAJARAN 2012/2013







OLEH:
JATI RINAKRI ATMAJA
Npm. 11130009 P




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
LAMPUNG
2012
HALAMAN PENGESAHAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU (PPLT)
MTs NEGERI METRO BATANGHARI
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Telah diterima dan disetujui laporan hasil Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) kepada:
Nama               : Jati Rinakri Atmaja
NPM               : 11130009 P
Fakultas           : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program studi  : Bimbingna Konseling   
Yang telah dilaksanakan dari tanggal 10 Juli 2012 sampai dengan 19 September 2012 di MTs Negeri Metro Batanghari.
Demikian surat pengesahan ini kami buat dengan sebenarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui,                         
                                                                                                              Batanghari,    September 2012
Kepala MTs Negeri Metro Batanghari                                                 Guru pamong


M.Nurdin, S.Ag                                                                                     Bara Sabarati
NIP. 19550101 198303 1 008                                                                 NIP. 197112122005012004


Dosen Pembimbing Lapangan 1                                                           Dosen Pembimbing Lapangan II



Dra. Hj Nurul Atieka                                                                          Dedi Turmudi, M.Tesol  
NBM. 494627                                                                                       NBM. 111769





KATA PENGANTAR


Asalamualaikum.wr.wb.

            Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, ynag telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pebulis dapat menyelesaikan laporan observasi Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT).
            Selama menyelesaikan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT), penulis tidak terlepas dari bimbingan dan bantuan serta sumbangan pemikiran dari semua pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini sudah selayaknya penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada:
1.      Bapak Dr. Handoko Santoso,             M.Pd selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Metro.
2.      Bapak Drs. Purwiro Harjati, M.Pd. Selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro.
3.      Bapak Dr. Nyoto Suseno, M.Si. selaku ketua pelaksana Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT).
4.      Bapak Dra. Hj. Nurul Atieka dan Dedi Turmudi, M.Tesol. selaku dosen pembimbing lapangan di MTs N Metro.
5.      Bapak Muhammad Nurdin S.Ag selaku kepala sekolah MTs Negeri Metro
6.      Bapak Yuli Setyono, S.Pd selaku Wakil kepala sekolah bidang Kurikulum yang telah banyak membantu praktikan dalam mendapatkan informasi tentang MTs N Metro.
7.      Bapak Drs. Wawan setianto dan Dra.chandrawati selaku guru pamong sekaligus guru mata pelajaran matematika di MTs N Metro.
8.      Ibu Hj. Nasiatun Budiarti, S.Ag dan ibu Laili Mashaitoh,S.Pd.i selaku guru pamong bahasa inggris di MTs N Metro.
9.      Bapak Muhammad Nurdin,S.Pd dan Dra Marliza selaku guru pamong IPS Terpadu di MTs N Metro.
10.  Bapak Drs.Abdul Sukur selaku guru pamong IPA Terpadu di MTs N Metro.
11.  Ibu Bara Sabarati S.Psi, Dra Rulia, Hartati S.Pd Selaku Guru Pamong sekaligus Guru BK di MTs N Metro.
12.  Seluruh Bapak dan Ibu Guru dan Staf Tata Usaha MTs N Metro.
13.  Bapak Parman selaku bapak kos tempat mahasiswa PPLT tinggal sekaligus ketua Rukun Tetangga di kelurahan menur.
14.  Bapak Drs. Sumarlie selaku ketua pengurus masjid Sabilil Muttaqin.
15.  Teman-teman ku yang tergabung dalam PPLT MTs Negri Metro terimakasih atas kerjasamanya dan motivasinya selama ini.
16.  Keluargaku (Ibu, dan Adikku) yang telah banyak memberi motivasi serta dukungannya selama ini.
17.  Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini yang toidak dapat praktikan sebutkan satu persatu.
Akhir kata, semoga Laporan hasil PPLT ini dapat berguna bagi praktikan umumnya dan pembaca khususnya.
Wassalammualakum wr.wb
                                                                                    Metro,15 September 2012
                                                                                                Penulis


                                                                                                 Jati Rinakri Atmaja
                                                                                                NPM 11130009 P
                                                                                  



DAFTAR ISI



COVER .....................................................................................................................  i
HALAMAN JUDUL ................................................................................................  ii
HALAMAN PENGESAHAN .................................................................................  iii
KATA PENGANTAR .............................................................................................  iv
DAFTAR ISI .............................................................................................................  v

BAB I PENDAHULUAN
A.    Sejarah Singkat MTs N Metro di Batang Hari ......................................... 1
B.     Profil Sekolah ........................................................................................... 1
C.     Kondisi Sekolah .......................................................................................  1
1.      Keadaan Sarana Dan Prasarana .................................................... 3
2.      Keadaan Guru dan Karyawan MTs N Metro ................................ 7
3.      Struktur Organisasi Sekolah ........................................................  12
4.      Prestasi Sekolah ...........................................................................  15
5.      Kondisi Masyarakat .....................................................................  16

BAB II PELAKSANAAN PPL TERPADU
A.    Pelaksanan Kegiatan Disekolah ...............................................................  18
1.      Persiapan ......................................................................................  18
2.      Pelaksanan Kegiatan PPLT BK ...................................................  21
3.      Kegiatan PadaPengelolaan Sarana dan Prasarana .......................  23
B.     Pelaksanan Kegiatan Masyarakat ............................................................  26
1.      Silahturahmi ................................................................................  26
2.      Pelaksanan Kegiatan Di Masyarakat ...........................................  27
3.      Hambatan Pelaksanan PPLT .......................................................  29
4.      Usaha Penyelesain Masalah ........................................................  29
.
BAB III KESIMPULAN DAN PENUTUP
A.    Kesimpulan .............................................................................................. 31
B.     Saran-Saran .............................................................................................  31


LAMPIRAN-LAMPIRAN
DOKUMENTASI


BAB I
PENDAHULUAN


A.      Sejarah Singkat MTsN Metro di Batanghari
MTs N Metro di Batanghari beralamatkan jalan Lembayung 38 B Banjarejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. MTs N Metro di Batanghari terletak didekat MAN 1 Metro adalah merupakan transformasi atau pindahan dari sekolah keguruan yaitu Pendidikan Guru Agama 4 tahun (PGA 4 tahun). Dimana PGA 4 tahun adalah merupakan sekolah menengah tingkt pertama. Kemudian PGA 4 tahun mengalami integrasi pada tahun 1970 menjadi Madrasah Tsanawiyah. Tanggal 19 April 1983, menjadi madrasah Tsanawiyah Negeri Filial Metro. Dengan surat keputusan No.Kep/E/PP/105/1983. Adapun tenaga pengajar tata usaha sewaktu berdirinya tahun 1983/1984 yaitu tenaga pengajar berjumlah 49 orang, Bendahara 1 orang, staf tata usaha 1 orang dan 4 orang guru tidak tetap. Kegiatan belajar mengajar di MTs N Metro di Btanghari berlangsung pada jam 07.15 s.d 13.30.

B.       Profil Sekolah
MTsN Metro di batanghari letak gedungnya berada dilokasi desa Banjarrejo 38 B Kecamatan Batanghari. Secara geografis Desa Banjarejo 38 B Kecamatan Batanghari terletak pada 5 lintang selatan dan 105 bujur timur.
C.      Profil Sekolah
Kecamatan                              : Batanghari
Kabupaten/ Kota                     : Lampung Timur



Identitas Sekolah
a)      Nama Sekolah                         : MTs. Negeri Metro Batanghari
b)      Status                                      : Negeri
c)      Alamat                                                : Jl. Lembayung 38 B. Banjarrejo
d)     Kecamatan                                          : Batanghari
e)      Kabupaten                                           : Lampung Timur
f)       Kode Pos                                            : 34181
g)      Telp.                                                    :
h)      Rekening Sekolah                               :
Nama Bank                                         : BRI Cabang Metro
No. Rekening                                      : 0103.01.00008630.0
i)        Nama Kepala Madrasah                      : M. Nurdin, S.Ag
j)        Nama Ketua Komite                           : Drs. Tugi Hartanto
Data Sekolah
a)      Tahun Pendirian                                  : 1979
b)      Tahun Operasional                              : 1979
c)      SK Definitif                                        :
d)     Status Tanah                                       : Wakaf
e)      Luas Tanah Milik                                : 8514 M2
f)       Luas Tanah Bukan Milik                     : ---------
g)      Luas Bangunan Seluruhnya                : 2170 M2



Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah         :
Menjadikan Madrasah yang berkualitas, islami dan populis.
Misi Sekolah        :
1.      Meningkatkan mutu pendidikan dengan lingkungan yang edukatif sehingga menjadi madrasah yang favorit.
2.      Membentuk siswa yang taqwa, berakhlakul karimah dan mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang agama.
3.      Menciptakan lingkungan yang kondusif, nyaman dan kekeluargaan.

1.      Keadaan sarana dan prasarana
Ruang Kantor Terdiri dari:
a)      Ruang Kepala Sekolah
Sarana yang ada di Ruang Kepala Sekolah adalah sebagai berikut :
1.      Meja
2.      Kursi
3.      TV
4.      Almari
5.      Lemari Besi
6.      Sofa
7.      Kipas Angin
8.      DVD Player




b)      Ruang Guru dan TU
Sarana yang ada di Ruang Guru dan TU adalah sebagai berikut:
1.      Meja dan Kursi
2.      Kipas Angin
3.      Almari
4.      Dispenser
5.      TV
6.      Kumputer
7.      Printer
8.      Mesin Tik
9.      Buku dan Arsip
10.  Lemari Kaca
c)      Ruang Perpustakaan
Sarana yang ada di Ruang Perpustakan adalah sebagai berikut :
1.      Lemari
2.      Meja dan Kursi
3.      Kipas Angin
4.      Buku
d)     Ruang Lab Komputer
Sarana yang ada di Ruang Lab Komputer adalah sebagai berikut :
1.      Komputer 40 Unit
2.      Meja dan Kursi
3.      Papan Tulis
4.      Kipas Angin
5.      Rak Sepatu
e)      Ruang Lab IPA
Sarana yang ada di Ruang Lab IPA adalah sebagai berikut :
1.      Meja dan Kursi
2.      Mikroskop
3.      Kaca Pembesar
4.      Tabung
5.      Lemari Kaca
6.      Air Raksa
f)       Ruang Aula
Sarana yang ada di Ruang Aula adalah sebagai berikut :
1.      Podium
2.      Speaker dan Salon Aktif
3.      Kipas Angin
g)      Mushola
Sarana yang ada di Mushola adalah sebagai berikut :
1.      Seperangkat Alat Sholat
2.      TV dan DVD Player untuk Pembelajaran
3.      Al-Qur’an
4.      Karpet
h)      Halaman Sekolah
Sarana yang ada di Halaman Sekolah adalah sebagai berikut :
1.      Lapangan Bola Basket
2.      Lapangan Bola Voli
3.      Taman Bunga
4.      Kursi
(SKEMA GEDUNG)



















Kantor Guru
GUDANG
Ruang Waka dan BK
R. Kelas
R. Kelas
R. Kelas













R. Kelas
R. Kelas
R. Kelas










R. Kelas
R. Kelas












R. Kelas





Lab. Komputer






Aula
























R. Kelas













R. Kelas
















Text Box: Lab Bahasa







R. Kelas


Perpustakaan











R. Kelas























WC




Kantor TU

















R. Kelas
R. Kelas
R. Kelas
R. Kelas

R. Kelas
R. Kelas
R. Kelas

Lab. IPA



Kantor KepSek 





























2.      Keadaan guru dan karyawan MTsN Metro
a.           Keadaan guru MTsN Metro
            Madrasah Tsanawiyah Negeri Metro saat ini dipimpin oleh Muhammad Nurdin S.Ag selaku Kepala Sekolah MTs Negeri Metro. 4 orang wakil kepala sekolah yang membantu,  yaitu:
1.      Yuli Setyono, SP.d selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.
2.      Abdul Rahman PS, SA.g selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.
3.      Drs.Abdul Sukur selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana.
4.      Ma’sum, S.Ag.M.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang HUMAS.
Tabel 1. Keadaan Guru

NO
NAMA GURU / NIP
PENDIDIKAN TERAKHIR
JURUSAN
MENGAJAR








1
M. NURDIN, S.Ag
S 1
Tarbiyah / PAI
Kepala Madrasah

NIP. 19550101 198303 1 008


     Fiqih

2
M ALI S, A.MD
D 3
Tarbiyah / PAI
Bahasa Lampung

NIP. 19550522 198003 1 007




3
DRA. SRI BUDI UTAMI
S 1
Tarbiyah / PAI
S K I

NIP. 19610203 198503 2 004


Baca Tulis Al-Qur'an

4
DRS. WAWAN SETIANTO
S 1
P. MIPA/Pend. Matematika
     Matematika

NIP. 19650702 199403 1 002




5
ABDURROHIM, BA
D 3
Tarbiyah / PAI
PPKn

NIP. 19560901 198003 1 006


    

6
LAILI MASITHOH, S.PD.I
S 1
Tarbiyah / PAI
Bahasa Inggris

NIP. 19600120 198103 2 003















7
DRA. CHANDRAWATI
S 1
Matematika
Matematika

NIP. 19670309 199403 2 003




8
DRA. RULIA
S 1
Bimbingan Konseling
Bimbingan Konseling

NIP. 19630508 1994 2 002




9
SEJO WINARNO, BA
D 3
Tarbiyah / PAI
I P S

NIP. 19590306 198203 1 004




10
ABDUL RAHMAN PS, S.AG
S 1
Tarbiyah / PAI
Waka Kesiswaan

NIP. 19650705 198903 1 006


    PPKn

11
    DRS. AKHMAD ZAZULI
S 1
Tarbiyah / PAI
Aqidah Akhlak

NIP. 19651010 199403 1 006


BPI

12
DRA. WIWIK DARWATI
S 1
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia

NIP. 150277490




13
    DRA. SITI TSANIYAH
S 1
Tarbiyah / PAI
Bahasa Arab

NIP. 19681012 199603 2 001


Aqidah Akhlak

14
FATMAH, S.AG
S 1
Tarbiyah / PAI
Qur'an Hadits

NIP.  19690106 199503 1 001


Baca Tulis Al-Qur'an

15
DRA. SRI HERMAWATI
S 1
P. MIPA/Pend. Biologi
I P A

NIP. 150282761




16
DESI HANDAYANI, S.PD
S 1
Pend. Bahasa Inggris
Bahasa Inggris

NIP. 19691219 199703 2 001




17
ENI YUNANTI UTAMI, S.PD
S 1
P. MIPA/Pend. Biologi
I P A

NIP. 19710501 199703 2 004




18
MARDLIYATI, S.PD.I
S 1
Tarbiyah / PAI
Qur'an Hadits

NIP. 19610610 199203 2 001


Baca Tulis Al-Qur'an

19
SAMSIAH, S.PD.I
S 1
Tarbiyah / PAI
Bahasa Indonesia

NIP. 19620906 198903 2 004




20
ROSITA, S.AG
S 1
Tarbiyah / PAI
Fiqih

NIP. 19670517 199903 2 002


B P I

21
DRA. MARLIZA
S 1
Pend. IPS/Pend. Sejarah
I P S

NIP. 19650318 200501 2 002




22
Dra. EKA MARLITA
S 1
P. MIPA/Pend. Biologi
I P A

NIP.  19690319 199703 2 001




23
MA'SUM, S.AG
S 1
Tarbiyah / PAI
Bahasa Arab

NIP. 19630708 199203 1 001


Waka Humas

24
ASIH SUBAGYO, BA
D 3
Tarbiyah / PAI
Penjaskes

NIP. 19651113 199101 1 001




25
SUKESIH, S.PD.I
S 1
Tarbiyah / PAI
Bahasa Indonesia

NIP. 19661023 199203 2 002




26
NASYIATUN BUDIARTI, S.AG
S 1
Tarbiyah / PAI
     Bahasa Inggris

NIP. 19770104 200003 2 001


 Aqidah Akhlak

27
TAUFIK HIDAYAT, S.PD
S 1
FIK / Kepelatihan
Penjaskes

NIP. 19741116 200312 1 002




28
YULI SETYONO, S.PD
S 1
P. MIPA/Pend. Matematika
Waka Kurikulum

NIP. 19770721 200312 1 001


     Matematika

29
EKO SUSILOHADI, S.PD
S 1
P. MIPA/Pend. Biologi
I P A

NIP. 19741116 200312 1 002




30
MASRIYAH, S.AG
S 1
Tarbiyah / PAI
Fiqih

NIP. 19710606 200312 2 003




31
ABDUL SUKUR, S.PD
S 1
P. MIPA/Pend. Biologi
Waka Sarana

NIP. 19660218 199703 1 001


I P A

32
MUHAMMAD NURDIN, S.PD
S 1
P. IPS/Pend. Sejarah
I P S

NIP. 19670519 200501 1 004




33
MAGHDALENA, S.Pd
S 1
Pend. Bhs dan Sastra/
Bahasa Indonesia

NIP. 19720321 200312 2 001

Pend. Bhs Indonesia


34
NOVI DIANA MANDAWASA, S.Ag
S 1
Tarbiyah / PAI
Bahasa Inggris

NIP. 150385646




35
ZAKY MUBAROK, S.Ag
S 1
Tarbiyah / PBA
Bahasa Arab

NIP. 19731202 200312 1 001




36
LATIFAH YAN, S.Ag
S 1
Tarbiyah / PAI
Aqidah Akhlak

NIP. 150399410


B P I

37
ASWANDI, S.Ag
S 1
Tarbiyah / PAI
Qur'an Hadits

150421349




38
MUSRI'AH, S.Ag
S 1
Tarbiyah / PAI
S K I

NIP. 150387070




39
BARA SABARATI, S.Psi
S 1
Psikologi Umum
Bimbingan Konseling

NIP.19721209 200901 2 001




40
HARTATI, S.Pd
S 1
Bimbingan Konseling
Bimbingan Konseling

NIP.19711212 200501 2 004




41
NURHAYATI, S.AG
S 1
Tarbiyah / PBA
S K I

NIP.


B P I

42
Drs. AHMAD FAUZI
S 1
Tarbiyah / PAI
I P S

NIP.


Bahasa Lampung

43
BAKTIONO, S.Sn
S 1
Seni Rupa
Seni Budaya

NIP.




44
ANDIANSYAH
D 1
Instruktur Komputer
T I K

NIP.




45
OCTI HUMAIROH
D 1
Instruktur Komputer
T I K

NIP.




46
PRINI MARDIYANTI, S.Pd
S 1
P. MIPA/Pend. Matematika
Matematika

NIP.




47
ENDANG PUJI LESTARI, S.Pd
S 1
P. MIPA/Pend. Biologi
Seni Budaya

NIP.




48
YUSTI APRIANI
S 1
Pend. Bahasa Inggris
Seni Budaya

NIP.


 Bahasa Inggris

49
FARIDA, S.Ag
S 1
Tarbiyah / PAI
Bahasa Lampung

NIP.





b.           Keadaan Karyawan MTsN Metro
Keadaan pegawai tata usaha dan karyawan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Metro tahun pelajaran 2012/2013 dapat dilihat dibawah ini:
DAFTAR KARYAWAN
MTs NEGERI METRO DI BATANGHARI KABUPATEN LAM-TIM
No.
Nama/NIP
Golongan
Masa kerja
Pendidikan terakhir
Jabatan
1.
Tayuddin. Ms. SE
NIP.150 203 906
III/C
22 tahun
S1
Ketua tata usaha
2.
Uzu zuhir
NIP 150 224 398
III/B
16 tahun
SLTA
STAF
3.
Ema Dewi Arif
NIP 150 220 950
III/A
16 tahun
SLTA
STAF
4.
Abdul Hanan
NIP 150 239 924
II/D
13 tahun
SLTA
STAF
5.
Ponidi
NIP

13 tahun
SMEA
STAF



3.      Struktur Organisasi Sekolah
Struktur Organisasi MTsN Metro Batanghari:
Siswa
Siswa
Siswa
Wali Kelas
BP
Kepala Sekolah
M. Nurdin, S.Ag
Guru
Waka Humas
Ma’sum, S.Ag.M.Pd.I
Waka Kesiswaan
Abdul Rahman Ps, S.Ag
Waka Kurikulum
Yuli Setyono, S.Pd
TU
Waka Sarpras
Drs. Abdul Sukur
 














    
Tabel Flowchart 1. Struktur Organisasi MTsN Metro Batanghari
Keterangan :
                        : Garis Komando
                        : Garis Pembinaan





STRUKTUR ORGANISASI PENGELOLAAN PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
MTs Negeri Metro Batang Hari
Pengawas Sekolah Bidang Bk
Kementerian Agama






SISWA
Wali Kelas
Koordinator BK
Guru Mata Pelajaran
Tata Usaha
WAKA Sekolah
Komite
Kepala Sekolah
                                                                                     














Keterangan :
-------------------------- = Garis Koordinasi
                                    = Garis Komando




Keadaan siswa MTsN Metro
Keadaan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Metro tahun pelajaran 2012/2013 dapat dilihat di bawah ini:
Data Siswa (  9 Tahun Terakhir )
No.
Tahun Pelajaran
Jenis Kelamin
Jumlah
L
P
1.
2003 / 2004
243
264
507
2.
2004 / 2005
247
255
502
3.
2005 / 2006
221
266
487
4.
2006 / 2007
261
245
506
5.
2007 / 2008
287
271
558
6.
2008 / 2009
312
310
622
7.
2009 / 2010
315
313
623
8.
2010 / 2011
250
344
594
9
2011 / 2012
250
258
508
10
2012 / 2013
242
320
562


4.        Prestasi dan Kegiatan Ekstrakurikuler
·         Juara Umum Drumband Tingkat propinsi di Kotabumi 2012
·         Juara III MTQ Putri Harlah dan Festival MAN  2 Metro ke-18 tahun 2010.
·         Juara I MTQ Putra Harlah dan Festival MAN 2 Metro ke-18 tahun 2010.
·         Juara Senam Putra SMP/MTs Harlah dan Festival MAN 2 Metro ke-18 tahun 2010.
·         Juara II Pidato Bahasa Indonesia Harlah ke-18 MAN 2 Metro tahun 2009.
·         Juara II Lomba Festival tingkat SMP/MTs Harlah MAN 2 Metro.
·         Juara III PBB SMP/MTs se-Lampung Tengah Harlah ke-18 MAN 2 Metro tahun 2010.
·         Juara III Semaphore HUT Ambalan KH Hasyim Ashari dan Hj. Nyi Hasyah Basri ke-XXIV tahun 2009.
·         Juara III lomba gerak jalan MTs HUT RI ke-62 kecamatan Batang Hari 2007.
·         Juara I Kepramukaan HUT Ambalan KH Hasyim Ashari dan Hj. Nyi Hasyah Basri ke-XXIV tahun 2009.
·         Juara III Purna Paskibraka Kota Metro Lomba PBB Putra 2005.
·         Juara III PA LLHR Galang SMP/MTs Kuaran Batang Hari Tahun 2008.
5.      Kondisi Masyarakat
a.      Pendidikan Non Formal
Posko PPTL MTs Negeri metro berada di dusun menur RW.05, RT.09 Batanghari di kediaman bapak parman. Palaksanaan PPLT di MTs Negeri Metro berada di batanghari dengan ketua Rukun Tetangga (RT) yaitu bapak parman.
Di lingkungan RT tersebut terdapat satu masjid yaitu yang jaraknya dari posko yakni sekitar ± 100 m dari MTs Negeri Metro. Di lingkungan tersebut terdapat satu masjid yaitu masjid Sabilil Muttaqin yang jaraknya dari posko 100 m. Di masjid tersebut terdapat kegiatan baca tulis iqro’ dan Al-qur’an. Kegiatan tersebut berlangsung setiap hari senin, selasa, rabu dan kamis yang dimulai pukul 16.30 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB, dan di lingkungan tersebut terdapat pengajian rutin setiap malam minggu. Untuk ketua TPA masjid  sabilil muttaqin yaitu saudara Yusuf.

b.      Organisasi sosial keagamaan/kemasyarakatan
Ø  Agama
Penduduk di dusun menur RW.05, RT.09 Batanghari  beragama  Islam.
Jumlah sarana ibadah sebagai berikut :
Masjid             : 1 buah dengan nama Sabilil Muttaqin
Gereja              : -
Ø  Kesehatan
Sarana dan prasarana di bidang kesehatan di dusun Menur RW.05, RT.09 Batanghari  adalah  Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU).



Ø  Kesenian dan Olahraga
Jenis olahraga yang ada di Dusun Menur RW.05, RT.09  terdiri dari :
1.   Bola voli
2.   Sepak bola
Ø  Organisasi yang berkembang
Organisasi kemasyarakatan yang berkembang di dusun Menur RW.05, RT.09 adalah RT, RW, PKK, Posyandu, Kelompok Pertanian, Perikanan, Peternakan.


















BAB II
 PELAKSANAAN PPLT

A.      Pelaksanan Kegiatan di Sekolah

1.      Persiapan
Pelaksanan program pengalaman lapanagan Terpadu (PPLT), mahasiswa Program studi Bimbingan Dan Konseling (BK), harus terlebih dahulu mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal. Tujuannya adalah tercapainya pemahaman tentang pelaksanana layanan bimbingan konseling di tempat praktik, selain itu tujuan dari persiapan yag baik akan lebih memahami karakteristik siswa dan segenap warga sekolah lainya.
Tahap persiapan dilakukan satu minggu setelah pelepasan oleh dosen pembimbing lapangan ke tempat praktik. Tahap persiapan meliputi:
1.      Observasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di MTs Negeri Metro Batanghari
2.      Mengenal struktur organisasi dan personel BK MTs Negeri Metro Batanghari
3.      Menentukan siswa asuh  atau sasaran layanan bimbingan dan konseling
4.      Waktu kegiatan
5.      Menentukan jenis kegiatan
6.      Tujuan pelaksanan PPL BK
7.      Menyusun program kegiatan PPLT Bimbingan dan Konseling
Secara detail program kegiatan dapat dijabarkan sebagai berikut:
a.       Bimbingan dan Konseling di MTs Negeri Metro Batanghari
Bimbingan dan Konseling di MTs Negeri Batanghari, sudah sangat maksimal dalam menangani siswa siswi MTs N metro,. Faktor pendukung tercapainya BK adalah dengan guru BK yang perhatian terhadap siswa dan siswinya yang meruopakan sasaran layanan kegiatan bimbingan konseling,dan  ruang BK yang cukup baik, instrumen pengumpulan data yang cukup lengkap, selain itu didukumng oleh guru BK.

Bimbingan dan Konseling si MTs Negeri Metro Batanghari tidak memperoleh jam khusus  kelas, namun BK Masih nisa secara intensif memberikan bimbngan kepada siswa asuh. Pelaksanannya dilakukan melalu konsulktasi dan bimbingan pribadi.
b.      Struktur Organisasi  dan Personel BK

Secara organisasi, BK MTs Negeri Metro Batanghari memiliki 3 (tiga) Guru BK yaitu, Bara Sabarati S.Psi, Dra. Rulia, Hartati S.Pd.

c.       Siswa Asuh / Sasaran Layanan

Sebagai Mahasiswa PPLT, mahasiswa mendapatkan pamong yang akan memberikan bimbingan dalam pelaksanaan praktik dan secara otomatis siswa asuhannya mengikuti siswa asuh yang selama ini menjadi sasaran bimbingannya. Dalam praktik di MTs Negeri Metro Batanghari yang menjadi siswa asuh adalah kelas VII A, yang berjumlah 30 siswa secara seluruh dan 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.

d.      Waktu Kegiatan

Pelaksanan PPLT dilaksanakan pada semester ganjil Tahun pelajaran 2012/2013, selama bulan juli s/d september dari tgl 4 juli pelepasan hingga 19 september di tarik dari tempat praktik atau PPLT (Program Pengalaman Lapangan Terpadu).

e.       Jenis Kegiatan

Kegiatan yang akan dilakukan terbagi menjadi 2 kegiatan utama, yaitu kegiatan layanan BK, dan kegiatan pendukung BK. Dan mempunyai kegiatan lain yaitu membimbing siswa dengan sewaktu waktu untuk melayani siswa yang ingin bercerita tentang apa yang sedang dialami oleh siswa.


*      Kegiatan Layanan
Ø  Layanan Orientasi
Ø  Layanan Informasi
Ø  Layanan Penguasaan Konten
Ø  Layanan Penempatan dan Penyaluran
Ø  Layanan Bimbingan Kelompok
Ø  Layanan Konseling Kelompok
Ø  Layanan Konseling Perorangan
Ø  Layanan Konsultasi
Ø  Layanan Mediasi

*      Kegiatan Pendukung
Ø  Aplikasi Instrumentasi
Ø  Sosiometri
Ø  Himpunan Data
Ø  Konferensi Kasus
Ø  Kunjungan Rumah
Ø  Alih Tangan Kasus
Semua Kegiatan tersebut dilaksankan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah: program sekolah, jadwal sekolah, kondisi siswa, dan sebagainya.
f.       Tujuan Kegiatan PPLT Bimbingan dan Konseling

Secara umum tujuan dilaksanakan praktikan kerja lapangan bimbingan dan konseling adalah membekali mahasiswa dengan pengalaman prakti secara langsung akan pelaksanan BK disekolah. Akan tetapi secara khusus,m tujuan PPLT BK adalah:
1.         Memahami secara baik sebagaimana tugas guru BK yang baik dan benar sejalan dengan apa yang ada diprogram dengan ramah, hangat dengan siswa asuh, sambil memperdalam ilmu BK.
2.         Mengembangakan wawasan dan pengetahuan BK secara lebih nyata dalam realita sekolah.
3.         Mengetahui dan mencari solusi terhadaop hambatan pelaksaan BK disekolah demi kemajuan profesi BK.
4.         Membantu siswa agar:
a)        Lebih memahami dirinya, kelebihan, kekurangan, potensi, bakat dan minatnya dalam rangka merencanakan masa depannya.
b)        Mampu mengarahkan dirinya untuk lebih baik dapat mengatasi setiap permasalahan yang dialaminya.
c)        Memlihara dan mengembangkan kondisi dan potensi positif yang di milikinya
d)       Megarahkan siswa agar lebih sukses dalam belajar.
e)        Memperoleh wawasan dan informasi karir dan pendidikan lanjut.

2.      Pelaksaan PPL-T BK di Sekolah
a.       Identifikasi siswa sasaran layanan
Siswa yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan praktik pengalaman terpadu MTsN Metro Batanghari kelas VII A semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 30 orang. Identifikasi pelaksaan praktik pengalaman lapangan terpadu bimbingan dan konseling mencakup : 1) biodata siswa; 2) masalah kebutuhan siswa (need assessment); 3) masalah hubungan social siswa.
1.      Biodata siswa
Daftar biodata siswa diginakan untuk membuat daftar siswa asuh sehingga memudahkan praktikan untuk mengisi daftar siswa asuh, dimana format dari biodata tersebut mencakup : 1) nama; 2) tempat tanggal lahir; 3) nama orang tua; 4) pekerjaan orang tua; 5) alamat yang bisa dihubungi; 6) nomer telefon; 7) cita-cita; 8) jenjang pendidikan orang tua.
2.      Masalah kebutuhan siswa (need assessment)
Need assessment diberikan kepada siswa untuk mengetahui masalah kebutuhan yang dialami siswa agar siswa bisa mengungkapkan masalah yang butuh untuk ditangani dan memudahkan praktikan memberikan layanan bimbingan dan bisa dimengerti oleh siswa karena dalam proses pemberian layanan bimbingan masalah yang disampaikan menurut kebutuhan yang ingin mereka ketahui dan yang sedang dialami oleh siswa itu sendiri.


3.      Masalah hubungan social
Pada masa remaja banyak terjadi pergolakaari jati dirin jiwa yang ingin mencari jati diri dalam hal ini mereka mencari perhatian dan dalam masa ini mereka mencari teman, berinteraksi dengan teman sesame jenis dan lainnya. Hubungan social siswa yang satu dengan siswa yang lainya dapat diketahui dengan format sosiometri yang diberikan kepada siswa. Melalui format sosiometri tersebut, siswa diminta untuk memilih teman yang paling disenangi dalan kegiatan belajar atau dalam kegiatanya sehari-hari. Dari hasil format sosiometri tersebut praktikan bisa mengetahui hubungan social siswa satu persatu dan siswa yang paling disenangi begitu pula sebaliknya bisa mengetahui siswa mana yang terisolasir/tidak disenangi sehingga memerlukan layanan bimbingan konseling lebih lanjut.
4.      Sosiometri
Sosiometri diberikan kepada siswa untuk mengetahui masalah yang sedang dialami siswa agar siswa bisa mengungkapkan masalah yang butuh untuk ditangani dan memudahkan praktikan memberikan layanan bimbingan dan bisa dimengerti oleh siswa karena dalam proses pemberian layanan bimbingan masalah yang disampaikan menurut kebutuhan yang ingin mereka ketahui yang sedang dialami oleh siswa itu sendiri dan orang yang dapat di percaya untuk menjadi teman yang bisa membantunya serta teman yang tak disukai agar praktik konseling dapat segera di lakukan untuk mencegah adanya masalah yang ada.
b.      Metode
Ada beberapa metode yang praktikan gunakan dalam penyampaian layanan bimbingan yaitu, klasikal, ceramah, dan diskusi (Tanya jawab) mengenai materi bimbingan.
c.       Alat dan perlengkapan
Dalam pelaksaan layanan praktikan menggunakan buku materi dan LCD dan memutar film  untuk menarik minat siswa mengikuti bimbingan serta agar siswa tidak merasa bosan di adakanya permainan kecil agar siswa dapat mengikuti layanan bimbingan yang disampaikan dengan baik dan senang hati


.
d.      Materi
Materi yang bimbingan yang praktikan sampaikan disesuaikan dengan kebutuhan siswa, selain itu juga dengan topik yang sedang dialami atupun juga seperti hal yang sedang tren yang diikuti oleh remaja(siswa) saat ini.
e.       Rencana penilaian
Dalam rencana penilaian praktikan menggunakan 3 penilaian yaitu, 1) penilaian segera (laiseg); 2) penilaian jangka pendek (laijapen); 3) penilaian jangka panjang (laijapan)
3.      Kegiatan pada Pengelolaan Sarana dan Prasarana
a.      Pengelolaan Perpustakaan
Perpustakaan di MTs N Metro terdapat buku-buku pelajaran yang dapat membantu pembelajaran, sehingga guru praktikan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. Guru praktikan membantu ketua perpustakaan untuk merapikan buku-buku dan merapikan buku agenda peminjaman buku. Siswa hanya memiliki buku LKS, ketika pembelajaran berlangsung guru praktikan menyuruh siswa agar meminjam buku yang ada diperpustakaan sebagai sumber belajar yang lain, jadi guru praktikan berusaha menggunakan sarana dan prasarana yang ada secara maksimal.
b.      Koperasi Sekolah
Koperasi yang ada disekolah sudah berjalan dengan baik sehingga praktikan hanya ikut membantu menjaga koperasi dan membantu beres-beres koperasi agar terlihat lebih rapi dan murid-murid bisa merasa nyaman jika masuk untuk membeli alat tulis.












c.       Kegiatan Ekstrakulikuler dan Pengembangan Diri
*        Pramuka
Kegiatan ekstrakuler pramuka dilaksanakan setiap hari minggu pukul 07.00 sampai 11.00. Siswa yang mengikuti adalah siswa kelas VII-IX, ekstrakulikuler pramuka ini sudah pernah juara 1 gerak jalan tingkat sekolah, sering terlibat dalam perkemahan sosong ramadhan atau pun juga PAJERO, dengan seperti ini maka pramuka di MTs mempunyai banyak pengalaman dan karenanya latihan yang rajin begitu pula dengan semangat yang di tunjukan oleh siswa siswi MTs Negeri Metro Batang Hari.
*      Paskibraka
Kegiatan ekstrakuler Paskibraka yang dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 15.00 sampai dengan 17.00. siswa kelas VIII-IX yang mengikuti karena kelas VII belum banyak peminatnya namun dengan adanya ekstrakuler sangat membantu saat upacara setiap hari seninnya.
*        Marcing Band
Kegiatan ekstrakuler ini dilaksankan saat hari jum’at pukul 14.00 sampai dengan 16.00 anggota mercing band ini pun dari kelas VIII-IX yang mengikuti latihan dan menjadi team intinya dan pernah mejadi juara umum tingkat propinsi yang membanggakan setiap anggota team hingga sangat berantusias sekali yang ingin mengikuti ekstra tersebut.
*        Basket dan Volly Ball
Yang di laksankan pada hari Kamis dan Sabtu pukul 15.00-17.30 peminat ekra ini pun sanga antusias dari kelas VII-IX mengikutinya
d.      Hambatan dalam Pelaksanaan PPL-T BK di Sekolah
Adapun hambatan yang dirasakan dalam pelaksanaan dalam pelaksaanaan praktek mengajar yaitu:
1.      Siswa Kurang Fokus
Dimana pada awal pembelajaran masih banyak siswa yang tidak fokus ditandai dengan adanya siswa yang melamun, ngobrol, mengantuk, bahkan masih ada siswa yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing atau mengerjakan tugas materi pelajaran yang lain.
2.      Siswa Kurang Serius
Beberapa siswa dikelas kurang serius dalam mengikuti bimbingan, ditandai dengan adanya sebagian siswa yang tidak mengerjakan tugas rumah dengan berbagai alasan misalnya lupa, bukunya ketinggalan, bahkan ada yang memberikan alasan karena terlalu banyak PR sehingga belum selesai mengerjakanya. Ketika praktikan bertanya setelah materi bimbingan disampaikan ada beberapa siswa yang tidak bisa menjawab, karena saat praktikan menyampaikan materi bimbingan siswa tidak memperhatikan.
3.      Siswa Ribut dan Sering Keluar Masuk Kelas
Ketika dalam proses bimbingan ada beberapa siswa yang ribut, mengobrol dengan teman sebangku atau teman yang lain dan melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif. Beberapa siswa sering keluar masuk kelas saat bimbingan sehingga menggagu konsentrasi siswa lain yang sedang memperhatikan materi yang disampaikan

4.      Siswa Kurang Aktif
Keaktifan siswa menjadi salah satu faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan proses pemberian layanan bimbingan. Beberapa siswa masih kurang aktif ketika siswa disuruh untuk bertanya dan mengerjakan tugas dari materi bimbingan yang disampaikan didepan kelas, siswa yang aktif hanya ada beberapa antusias mengikuti bimbingan dan aktif ketika disuruh untuk bertanya ataupun mengerjakan tugas dari materi bimbingan yang disampaikan.

e.       Usaha Pemecahan Masalah
Mengacu pada hambatan yang dirasakan dalam pelaksanaan praktek mengajar, maka perlu adanya usaha untuk penyelesaian masalah yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Usaha-usaha yang dilakukan yaitu:
a.       Usaha yang dilakukan agar siswa fokus
1.      Memotivasi siswa, memberikan apresepsi dan menyampaikan tujuan bimbingan disetiap awal bimbingan, agar siswa tertarik dan mengetahui pentingnya materi bimbingan yang akan disampaikan.
2.      Menegur siswa agar memperhatikan materi yang disampaikan.
3.      Menghentikan sejenak proses bimbingan ketika siswa mulai tidak fokus, setelah suasana kembali kondusif maka proses bimbingan kembali dilanjutkan.
b.      Usaha yang dilakukan agar siswa serius
1.      Siswa yang tidak mengerjakan tugas dari materi yang disampaikan, praktikan memberikan teguran dan bertanya alasan mereka tidak mengerjakan tugas dari materi yang disampaikan. Membuat kesepakatan yaitu ketika ada siswa yang tidak serius akan diberikan tugas tambahan dan yang memperhatikan akan diberikan reward.
2.      Guru praktikan keliling mengawasi siswa ketika mengerjakan tugas dari materi bimbingan yang disampaikan agar siswa yang kurang faham dapat langsung bertanya.
c.       Usaha yang dilakukan agar siswa tidak ribut dan keluar masuk kelas.
1.      Memberikan taguran agar siswa tidak ribut dan memperhatikan materi yang disampaikan.

2.      Menyampaikan materi bimbingan yang disampaikan dengan metode pembelajaran yang kreatif dan tidak monoton sehingga siswa tertaik mengikuti bimbingan dan tidak keluar masuk kelas. Misalnya menggunakan sarana yaitu LCD dan memutar film yang berfungsi untuk memotivasi.
d.       Usaha yang dilakukan agar siswa aktif
1.      Memberikan kesmpatan tanya jawab agar siswa dapat bertanya dan aktif.
2.      Memberikan rewerd terhadap siswa yang aktif sehingga memotivasi siswa lain yang kurang aktif.

B.       Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat
1.      Silaturahmi
Silaturahmi dengan warga sekitar posko dilakukan dengan cara peserta PPLT hadir dimasjid Sabilil Muttaqin untuk sholat berjamaah dalam rangka memperkenalkan diri sekaligus melaporkan kegiatan-kegiatan mahasiswa PPLT di MTs Negri Metro baik kegiatan dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat tempat tinggal dan juga meminta ijin menetap serta mengikuti kegiatan yang ada di masyarakat kapada kepala desa, ketua RT, ketua RW dan masyarakat sekitar. Kepada ketua RT juga disampaikan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama PPLT di MTs Negeri Metro baik kegiatan yang di lakukan di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.





2.      Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat
a.    Pelaksanaan TPA
TPA dimasjid Sabilil Muttaqin dipimpin oleh Sdr.Rahman. jadwal belajar TPA Sabilil Muttaqin yaitu:
Jadwal Belajar TPA Sabilil Muttaqin
No
Hari
Waktu
Materi
1
Senin
16.30-17.30
Mengaji
2
Selasa
16.30-17.30
Hafalan Surat Pendek
3
Rabu
16.30-17.30
Mufrodat
4
Kamis
16.30-17.30
Hadist
5
Jum’at
16.30-17.30
Praktek Sholat
6
Sabtu
16.30-17.30
Cerita Kenabian

Santriawan/santriawati terdiri dari 15 anak yang terdiri dari 10 santri yang masih iqra dan 5 santri yang sudah Al Quran. Pelaksanaan TPA dilakukan dalam satu waktu untuk semua santri yang terlihat pada jadwal belajar TPA Sabilil Muttaqin. Pelaksanaan TPA dilaksanakan dalam waktu 1 jam. Tim pengajar dilakukan oleh ketua TPA dan dibantu oleh peserta PPLT MTs N Metro yang terlihat pada jadwal pengajaran TPA Sabilil Muttaqin. Skema pelaksanaan TPA yaitu, sebelum melakukan bimbingan baca iqra/Al Quran diwajibkan membaca doa sebelum mengaji dan setelah mengaji bersama-sama yang dipimpin oleh 1 (satu) orang. Pelaksanaan mengaji para santri dibimbing oleh ketua TPA dan dibantu oleh peserta PPLT MTs N Metro, satu persatu para santri mendapat giliran mengaji.



Kegiatan yang dilakukan selain membaca Iqra/Al Quran yaitu praktek sholat dan hafalan surat-surat pendek, sholawat Nabi dan cerita kenabian. Semua santri dalam praktek sholat diwajibkan membaca bacaan sholat dengan nada yang keras sehingga tim pengajar dapat mengetahui kesalahan dalam bacaan atau bagian bacaan sholat yang belum dihafal. Gerakan sholat para santri juga diperhatikan tidak hanya bacaannya saja, misalnya gerakan rukuk, duduk pada tasyahud awal, dan duduk pada saat tasyahud akhir, maka tim pengajar langsung membenarkan gerakan para santri yang masih salah, sehingga gerakan dalam sholatnya menjadi benar dengan satu harapan ketika ia melaksanakan sholat maka bacaan maupun gerakan sholatnya menjadi benar dan sholatnya akan leih khusuk dan sempurna. Dengan adanya praktek sholat, hafalan surat-surat pendek, belajar baca tulis Al Quran, tajwid, dan cerita nabi akan membuat para santri lebih semangat dan tidak bosan dalam belajar TPA, sehingga dapat menjadikan TPA sebagai wadah dalam memperdalam ilmu agama dan dalam rangka penyempurnaan dalam beragama.

b.      Pelaksanaan Pengajian di Kompleks MTs N Metro
Pengajian rutin dilingkungan posko dan MTs Negeri Metro dilaksanakan malam senin secara bergilir untuk pengajian ibu-ibu dan untuk bapak bapak dilaksanakan hari kamis malam jum’at. Pengajian di bulan Ramadhan juga dilaksanakan yaitu pada hari minggu yang dilaksanakan selama 3 minggu dibulan Ramadahan. Pelaksanaan pengajian di isi dengan mengaji bersama dan mendengarkan tausiah. Pengjian rutin diranting Muhammadiyah juga dilaksanakan satu minggu sekali.



3.      Hambatan Pelaksanaan
a.    Hambatan Pelaksanaan TPA
1.         Banyaknya santri yang didominasi oleh siswa SD bahkan TK dimana para santri lebih suka banyak bermain sehingga menciptakan kondisi kelas yang kurang kondusif, banyak santri yang ribut dan sibuk bermain dengan teman-temanya.
2.         Kelas TPA digabung menjadi satu, ini menjadi hambatan bagi santri yang belum lancar membaca Al Quran untuk menghafal surat- surat pendek dan bacaan sholat, sehingga santri tersebut ketinggalan dalam hafalan di bandingkan dengan santri yang sudah lancar dalam membaca Al Quran.
3.         Kurangnya kemampuan para praktikan dalam menguasai ilmu agama sehingga belum bisa maksimal dalam mengajar TPA.

4.      Usaha Penyelesaian Masalah
a.         Usaha penyelesaian masalah terhadap hambatan dalam pelaksanaan TPA
1.      Untuk menciptakan suasana tenang maka kegiatan santri dipadatkan, ketika santri belum mendapat giliran mengaji maka santri tersebut di wajibkan untuk menghafalkan suratan pendek, sehingga kegiatan santri menjadi terarah dan mengurangi kegiatan bermain dengan teman-temanya.
2.      Pemisahan kelas terhadap santri yang masih belajar Iqra dan Al Quran yaitu siswa yang masih belajar Iqra duduk dibangku terpisah dengan pemberian perlakuan yang berbeda agar mereka lebih mudah memahami materi yang diajarkan, sehingga pembelajaran ilmu agama yang diberikan dapat diterima oleh santri secara maksimal.
3.      Keterbatasan ilmu agama para praktikan dapat diatasi dengan membaca buku yang dimiliki oleh pengurus atau pengajar TPA masjid Sabilil Muttaqin dan buku ilmu agama yang lain.






















BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Setelah mengikuti dan melaksanakan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) ini kami dapat menyimpulkan bahwa:
1.      Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) di MTs N Metro berjalan dengan baik dan lancar.
2.      Peran guru pamong dan pembimbing mahasiswa mulai dari penguasaan materi, teknik pengolaan kelas, pembuatan SATLAN sangat membantu dalam pelaksanaan PPLT.
3.      Peran ketua RT, ketua RW, dan masyarakat sekitar sangat penting bagikeberadaan mahasiswa PPLT, dimana dapat menerima, mengarahkan, dan memberikan masukan-masukan kepada mahasiswa PPLT mengenai kegiatan masyarakat.
4.      Hubungan sosial mahasiswa PPLT dengan kepala sekolah, guru, staf tata usaha dan siswa sangat baik.
B.     Saran
Setelah mengikuti dan melaksanakan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) ini kami dapat memberikan yaitu:
1.      Sarana dan prasarana diperlengkap untuk menunjang proses pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2.      Sarana dan prasarana yang sudah ada dapat dipergunakan secara maksimal, misal lapangan basket, laboratorium, laboratorium komputer dan media pembelajaran sehingga pembelajaran akan lebih maksimal.
3.      Guru diharapkan lebih perhatian terhadap siswa agar kondisi belajar kondusif dan siswa lebih tertarik mengikuti pelajaran.
4.      Untuk tahun selanjutnya diharapkan agar ruang praktikan PPLT dapt dicampur menjadi satu di ruang guru agar hubungan antara praktikan dan guru lebih akrab dan lebih mudah bersosialisasi.




2 comments: