Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat,SILAHKAN ISI BUKU TAMU DAHULU YA,,, Blog Ini Untuk Menambah Wawasan Bimbingan Dan Konseling Lalu Motivasi Diri, Serta Mohon Komentar Agar Selalu Baik Dalam Menampilkanya. Email jatirinkriatmaja04@gmail.com atau 085220363757

Thursday 31 May 2012

Manajemen DIRI


Setiap manusia akan senantiasa berhadapan dengan kondisi realitas, yakni apa yang saat ini terjadi, kita alami, kita rasakan, kita dapatkan, dan segala bentuk realita hidup apa adanya.  Disisi lain lain setiap manusia normal juga tentu menginginkan suatu kondisi ideal yang menjadi harapan, cita-cita, keinginan, obsesi, dan tujuannya.  Jelas ada perbedaan antara kondisi realitas hari ini dengan kondisi ideal yang kita inginkan. Perbedaan kondisi atau kesenjangan antara realitas dan idealitas ini kita sebut dengan ’masalah/problem’.  Masalah atau kesenjangan antara realitas dan idealitas jika kita biarkan akan menjadi persoalan hidup yang berkepanjangan yang akan berakhir pada sebuah kegagalan hidup, ketidak tenangan, dan ketidaknyamanan.  Disinilah letaknya kebutuhan kita akan kemampuan melakukan manajemen diri untuk memperpendek kesenjanganatau mengurangi intensitas masalah yang kita hadapi.

Mengapa kita perlu memanaj urusan pribadi?
            Mungkin pertanyaan semacam ini selalu hadir dalam pikiran kita.  Terutama pikiran seorang yang membayangkan berbagai kesulitan yang dihadapi dalam memanaj berbagai urusan, yang berkait dengan dirinya dan terkait dengan orang lain.  Jawabannya? Tentu karena kita akan mendapatkan banyak perngaruh positif apabila kita mampu mamanej urusan kita dengan diri sendiri dan orang lain.

Pengaruh manajemen pada Diri Sendiri
-          Baik dalam menunaikan pekerjaan dan melaksanakan tugas yang dituntut tepat waktu secara mudah, tanpa ada kesulitan.
-          Disiplin dalam segala urusan dan tidak ada kerancuan dalam jadwal waktu
-          Menghemat waktu, tenaga dan biaya serta dapat mewujudkan hasil yang terbaik
-          Merasa senang dan bahagia karena dpat melksanakan apa yang telah direncanakan dengan rapi.
-          Meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang tidak disangka-sangka.
-          Peningkatan dalam berbagai bidang
-          Mengoptimalkan berbagai potensi yang ada


Pengaruh manajemen pada Keluarga

-          Dapat berpikir lebih baik dan bekerja lebih cepat untuk menghadapi berbagai kondisi darurat
-          Ketenangan dan keserasian
-          Menjadikan keluarga saling bekerjasama dan saling memahami serta merasakan kepamana  materi dan mental
-          Memenuhi berbagai komitmen kluarga dengan orang lain
-          Mendayagunkan potensi yang ada agar tidak tersia-siakan
-          Membimbing anak-anak untuk menentukan tujuan hidup dan studi mereka, menghargai waktu, dan memanaj urusan-urusan studi mereka
-          Meminimalisir masalah dalam keluarga

Pengaruh manajemen pada Kerja-kerja rutin
-          Menempatkan sesuatu pada tempat yang tepat
-          Keteraturan dapat meningkatkan semangat kerja
-          Efisiensi waktu

Apa itu Manajemen?
Pengertian manajemn secara bahasa adalah
  • Menyusun berbagai hal dan mengggabungkan sebagiannya pada sebagian yang lainnya.
  • Manajemen adalah melaksanakan urusan dan merapikannya.
  • Sesuatu yang tertata dengan rapi

Menurut istilah manajemen adalah penataan, pengorganisasian, dan pemikiran manusia, sehingga ia mampu menata dan merapikan segala hal yang ada di sekitarnya, mengetahui skala prioritasnya, dan menjadikan seluruh hidupnya serasi dengan orang lain.

Mengelola kehidupan pribadi
Sebab–sebab ketidak teraturan dan ketiadaan manajemen diri dalam hidup disebabkan karena
1.      Tidak adanya  tujuan  dan target  yang spesifik.
2.      Tidak sungguh–sungguh dalam menggunakan waktu dan terjebak  pada urusan–urusan sepele
3.      Tidak mampu membedakan antara sesuatu yang penting dengan sesuatu yang kurang penting
4.      Buruknya scheduling aktifitas dengan mendahulukan dari waktunya yang sesuai atau menundanya
5.      Tidak menyampurnakan pekerjaan (aktifitas)
6.      Pengulangan satu aktifitas lebih dari sekali
7.      Tidak mengatur aktifitas pada saat merealisirnya dengan pengaturan yang logis dan rapi
8.      Mengerjakan pekerjaaan tanpa persiapan dan planning sebelum merealisirnya dengan waktu yang memadai.
9.      Tidak mampu mengambil pelajaran dari kejadian sebelumnya.
10.  Tidak memperbaiki prosedur   secara reguler  terhadap pekerjaan rutinnya. Umumnya mereka  terjebak monoton.

Karakter Manusia yang termanaj


Untuk mendapatkan  kemampuan  mengelola  hidup dengan baik, maka milikilah sifat berikut:
  1. Memperbaiki  kinerjanya (performennya)
  2. Tidak menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga yang menentang Islam atau tidak produktif  pada kebaikan, buang waktu saja.
  3. Sholat menjadi barometer manajemen waktunya
  4. Teratur di dalam rumah dan di dalam kerjanya
  5. Menertibkan ide-ide dan pikiran-pikirannya. Merenung yang kontinyu dan menuliskan ide dengan rapi.
  6. Bersemangat memenuhi janji-janji kerja
  7. Memberitahukan  problematika-problematika yang muncul kepada ahlinya
  8. Merapikan kertas-kertasnya. Simpan dengan rapi sesuai  tema (klasifikasi)
  9. Merapikan Aulawiyatnya
  10. Memprogram semua urusannya, miliki agenda  harian yang rapi dan disiplin.
  11. Berfikir secara ilmiyyah untuk memecahkan problematikanya.
  12. Membiasakan diri untuk merencanakan segala urusannya.
  13. Bersegera melaksanakan apa yang disandarkan kepadanya
  14. Berjanji kepada Allah untuk Tsabat
  15. Mendorong dirinya untuk Hilm
  16. Berusaha untuk bersabar
  17. Bersabar atas sikap tidak baik orang lain
  18. Mengontrol emosi dan temperamennya
  19. Menyebar luaskan Fikrah Islamiyyah, Melakukan Amar Ma'ruf Nahi Munkar sesuai kemampuannya
  20. Memenuhi janji tanpa ragu-ragu
  21. Mendorong dirinya untuk Berinfaq fi sabilillah

Ide-ide dalam Manajemen Diri
Untuk dapat mengelola  diri, maka syarat yang penting adalah membangun rasa percaya diri  yang tinggi. Cara-cara untuk memperolehnya Rasa Percaya Diri
1.      Buatlah daftar keberhasilan; Tuliskan dalam bidang apa saja anda memiliki kemampuan istimewa.  Ini membuat kita makin PD.
2.      Bersikaplah optimis; Ingatlah orang-orang yang sukses menghitung keberhasilan bukan kegagalan.
3.      Ubah sikap kita terhadap kegagalan; Kegagalan hanyalah sebuah harga yang harus dibayar dan batu loncatan untuk mendapatkan keberhasilan yang lebih besar.
4.      Tidak lagi melihat kegagalan dimanapun; Buat komitmen untuk senantisa menghargai diri sendiri dan merayakan keberadaan diri kita.

Cara-cara membuat Program Pribadi
1.      Tetapkan standar kehidupan yang lebih tinggi
2.      Mengubah keyakinan akan banyak hal
3.      Mengubah kebiasaan dan pola hidup untuk memenuhi standar kehidupan yang telah ditetapkan. Lebih bersedia  kerja  keras
4.      Menetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai
5.      Menyususn program pribadi. Milikilah agenda harian yang mengatur kegiatan anda  sesuaidengan misi dan peran yang telah anda tetapkan.
6.      Miliki disiplin yang kuat (konsisten dan gigih)

Kuatkan kekuatan spirit anda, bahwa  kita  harus mengatakan kebenaran dan  melakukan  sesuatu  walaupun itu kita tidak menyukai dan  menyakitkan badan. Miliki  emosi jiwa  yang  positif, pandanglah diri anda  dengan penuh bergairah, optimis, buatlah perencanaan  dan anda  akan mendapatkan  hasilnya   yang   lebih baik.

Pemanfaatan waktu ideal
Allah banyak bersumpah dengan waktu. Waktu adalah pedang,  maka gunakan waktu dengan baik.
1.      Usahakan membeli kebutuhan - kebutuhan disatu tempat
2.      Bagilah pekerjaan kedalam beberapa bagian
3.      Lakukan pertemuan dengan perjanjian terlebih dahulu
4.      Lakukan perjalanan dengan menghemat waktu, uang dan tenaga
5.      Jika anda harus menunggu, gunakan waktu sebaik mungkin misalnya dengan membaca
6.      Tentukan waktu untuk rekreasi secara tepat
7.      Tentukan waktu untuk mengembangkan diri anda
8.      Katakan “tidak” ketika ada orang yang mengganggu waktu termahal anda.
9.      Waspadalah terhadap  sifat menyia – nyiakan waktu di tempat hiburan kurang bermakna.
10.  Atur dan letakkan barang – barang anda ditempat tertentu agar tidak menghabiskan waktu untuk mencarinya.

Strategi  Harian untuk Manajemen Diri
Agar hidup kita  lebih dapat bermanfaat, maka  kita harus mampu mengelola  kehidupan dan waktu pribadi kita dengan optimal, yaitu melalui:
1.      Siapkan daftar seluruh aktifitas sehari–hari
2.      Daftar aktifitas dibuat seringkas mungkin agar mudah diingat
3.      Tentukan waktu yang memadai bagi setiap aktifitas dan pastikan permulaan dan akhirnya
4.      Bagilah seluruh aktifitas menurut pembagian geografisnya (bagi aktifitas menurut tempat pelaksanaannya) kemudian kerjakan secara berurutan untuk efisiensi waktu
5.      Jadikan daftar aktifitas anda itu fleksible; yaitu dapat  dihapus atau ditambah jika diperlukan
6.      Sediakan waktu untuk kejadian tak terduga di agenda harian
7.      Bersegeralah memanfaatkan sebagian aktifitas panjang untuk merealisir aktifitas pendek
8.      Buat aktifitas secara bervariasi, agar  tidak monoton dan jenuh.
9.      Jadikan salah satu bagian dari program harian untuk proyek besar
10.  Buat format yang baik untuk program harian anda



No comments:

Post a Comment