Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat,SILAHKAN ISI BUKU TAMU DAHULU YA,,, Blog Ini Untuk Menambah Wawasan Bimbingan Dan Konseling Lalu Motivasi Diri, Serta Mohon Komentar Agar Selalu Baik Dalam Menampilkanya. Email jatirinkriatmaja04@gmail.com atau 085220363757

Monday 20 October 2014

Pendekatan Psikoanalisis Dan Psikologi Individual Dalam Konseling Kelompok

A.    TUJUAN DARI KELOMPOK ANALITIS
Tujuan dari proses analitik adalah restrukturisasi karakter dan system kepribadian klien. Tujuan ini dicapai dengan membuat pertentangan bawah sadar dan memeriksa mereka. Secara khusus, kelompok psikoanalitik menghidupkan kembali asal keluarga secara simbolis melalui kelompok sehingga masa lalu sejarah setiap anggota kelompok diulang di hadapan kelompok. Wolf (1963,1975) mengembangkan kelompok aplikasi teknik psikoanalitik dasar seperti bekerja dengan transferensi, asosiasi bebas, analisis mimpi, dan penentu sejarah perilaku saat ini. Ia menekankan penciptaan kembali dari keluarga asli, yang memungkinkan anggota untuk bekerja melalui masalah yang belum terselesaikan di kelompok mereka. Reaksi mereka terhadap sesama anggota dan pemimpin diasumsikan mengungkapkan petunjuk simbolis dengan dinamika hubungan mereka melalui nilai yang berpengaruh dari keluarga asal mereka. Meskipun reaksi ini diambil dari di sini-dan-sekarang, ada fokus yang konstan untuk melacak mereka kembali ke awal sejarah anggota (Tuttman, 1986).

Beberapa kelompok psikoanalitik berusaha untuk menduplikasi keluarga asli dalam banyak hal. Pemimpin kelompok berperan dalam pemahaman kepada keluarga-seperti koneksi yang timbul antara anggota dan antara anggota dan terapis. Peserta dalam kelompok sering mengalami kembali pertentangan yang berasal dari konteks keluarga. Karena suasana keluarga seperti lapisan pelindung, kelompok menyediakan kesempatan untuk membangkitkan asosiasi untuk pengalaman hidup keluarga dari asal dan sekarang (Rutan, Stone, & Shay, 2007).




B.     KONSEP KUNCI
1.      Pengaruh masa lalu
Pekerjaan psikoanalitik berfokus pada yang mempengaruhi masa lalu pada kepribadian saat ini. Pengalaman selama terlebih dulu 6 tahun hidup dipandang sebagai akar pertentangan seseorang di masa sekarang. Khas masalah yang membawa banyak klien untuk kelompok terapi meliputi: ketidakmampuan untuk bebas memberi dan menerima cinta; Kesulitan mengenali dan berurusan dengan perasaan seperti marah, dendam,
dan agresi; ketidakmampuan untuk mengarahkan kehidupan sendiri dan mengatasi ketergantungan dan kemandiria. Kesulitan dalam memisahkan dari orang tua seseorang
dan menjadi pribadi yang unik; pendekatan dan menghindari keintiman; Kesulitan dalam menerima identitas seksual seseorang, dan rasa bersalah atas perasaan seksual. Menurut pandangan psikoanalitik, masalah-masalah hidup mereka dewasa memiliki
asal dalam pengembangan awal.
Pembelajaran awal tidak dapat diubah, tetapi untuk mengubah seseorang harus menyadari bagaimana pengalaman awal tertentu telah memberi kontribusi pada struktur kepribadian seseorang hadir.
Meskipun praktisi dengan fokus orientasi psikoanalitik pada sejarah anteseden dari perilaku saat ini, adalah suatu kesalahan untuk mengasumsikan bahwa mereka tinggal memikirkan masa lalu dengan mengesampingkan kekhawatiran ini. Praktisi analitis berorientasi kontemporer tertarik di masa lalu klien mereka, tetapi mereka terjalin bahwa pemahaman dengan masa kini dan dengan masa depan. Sebuah umum kesalahpahaman tentang pekerjaan psikoanalitik adalah bahwa ia menyerupai seorang arkeolog menggali peninggalan dari masa lalu.  Masa lalu adalah relevan hanya karena mempengaruhi sekarang dan masa depan, dan dalam pengertian ini ketiga memiliki tempat penting dalam kelompok terapi (Rutan et al., 2007). Locke (1961) menunjukkan bahwa psikoanalitik kerja kelompok terdiri dari "tenun bolak-balik antara dulu dan sekarang, antara sekarang dan masa lalu.
Adalah penting bahwa terapis bergerak kembali dan sebagainya dalam waktu, selalu mencoba untuk menangkap kembali masa lalu atau untuk melihat pengulangan dalam hadir dan menjadi sadar akan peristiwa traumatis awal yang dibuat untuk neurotik pola saat ini individu "(hal. 30-31). Kernberg (1997) menunjukkan bahwa ada peningkatan minat dalam terapi psikoanalitik kontemporer untuk fokus pada makna sadar di sini-dan-sekarang sebelum mencoba untuk merekonstruksi masa lalu.
Adalah penting bahwa peserta memahami dan menggunakan data historis dalam kelompok kerja  mereka, tetapi mereka juga perlu menyadari perangkap tersesat dalam mereka masa lalu dengan menceritakan rincian yang tak ada habisnya dan tidak relevan dari pengalaman awal mereka. Dalam pandangan Wolf dan Kutash (1986), pembacaan peristiwa kemarin bisa sia-sia waktu dan dapat menghambat kemajuan. Mereka melihat ini penggunaan sejarah pada dasarnya suatu bentuk perlawanan, dan mereka menyarankan bahwa berbicara tentang peristiwa masa kecil di salah satu adalah tidak berguna seperti berurusan dengan masa lalu dalam kaitannya dengan-sini dan sekarang interaksi dalam kelompok.
2.      Alam bawah sadar
Konsep bawah sadar adalah salah satu kontribusi Freud yang paling signifikan dan merupakan kunci untuk memahami pandangannya tentang perilaku dan masalah-masalah kepribadian. Alam bawah sadar terdiri dari pikiran-pikiran, perasaan, motif, impuls, dan peristiwa yang terus keluar dari kesadaran kita sebagai perlindungan terhadap kecemasan. Freud percaya bahwa sebagian besar perilaku manusia didorong oleh kekuatan luar pengalaman sadar. Apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari sering ditentukan oleh motifasi kebutuhan tak sadar. Pengalaman menyakitkan pada anak usia dini dan perasaan yang terkait dengan mereka yang terkubur di bawah sadar. Ini trauma dini sehingga kesadaran akan menyebabkan kecemasan tidak dapat ditoleransi oleh anak. Represi anak dari mereka tidak secara otomatis mengangkat dengan waktu, dan klien bereaksi terhadap ancaman terhadap represi seakan kecemasan yang berhubungan dengan peristiwa awal akan tetap ditolerir jika telah ditarik. Dengan demikian, "bayang-bayang masa lalu" menghantui saat ini. Dengan membawa bahan tak sadar untuk kesadaran dalam kelompok, anggota menyadari bahwa kecemasan yang tidak tertahankan. Trauma tidak bisa ditolerir lagi hanya untuk anak; dengan perspektif orang dewasa di dunia, klien dapat menangani memori dengan relatif mudah. Pengalaman bawah sadar memiliki dampak yang kuat pada fungsi sehari-hari. Memang, teori Freud menyatakan bahwa sebagian besar dari kami "pilihan" tidak dibuat secara bebas; lebih tepatnya, kekuatan dalam diri kita adalah panduan yang tidak kita sadari di dalam memilih. Jadi, kita memilih pasangan untuk memenuhi kebutuhan tertentu yang tidak pernah mungkin puas, kami memilih pekerjaan karena beberapa motif bawah sadar, dan kami terus mengalami konflik pribadi yang akarnya terletak pada pengalaman yang belum selesai yang berada di luar alam kesadaran kita.
Menurut teori psikoanalitik, kesadaran adalah hanya sebagian kecil dari pengalaman manusia. Seperti sebagian besar gunung es yang terletak di bawah permukaan air, bagian yang lebih besar dari pengalaman manusia ada di permukaan bawah kesadaran. Tujuan psikoanalisis adalah membuat  tidak sadar-sadar, karena hanya ketika kita menjadi sadar akan motivasi yang mendasari perilaku kita yang bisa kita pilih dan menjadi otonom.  Alam bawah sadar dapat dibuat lebih mudah diakses oleh kesadaran dengan bekerja dengan mimpi, dengan menggunakan metode asosiasi bebas, dengan belajar tentang transferensi, dengan memahami arti resistensi, dan dengan menggunakan proses teknik interpretasi yang akan dibahas kemudian dalam bab ini.
Konsep bawah sadar memiliki makna mendalam untuk terapi kelompok analitik. Meskipun benar bahwa pekerjaan lengkap dengan penentu sadar perilaku dan rekonstruksi kepribadian adalah di luar lingkup konseling kelompok seperti yang umumnya dipraktikkan, konselor kelompok harus memiliki pemahaman tentang bagaimana proses bawah sadar beroperasi. Pemahaman ini memberikan praktisi kelompok dengan kerangka konseptual yang membantu mereka memahami interaksi dalam kelompok, bahkan jika anggota tidak berhubungan dengan alam bawah sadar secara langsung.
3.      Kecemasan
Untuk menghargai model psikoanalitik, seseorang harus memahami dinamika kecemasan.  Kecemasan adalah suatu perasaan ketakutan dan malapetaka yang akan datang yang dihasilkan dari perasaan tertekan, kenangan, keinginan, dan pengalaman menggelegak ke permukaan kesadaran. Hal ini dipicu oleh sesuatu di lingkungan atau dalam
individu. Kecemasan berasal dari ancaman bahan sadar menembus tembok represi. Kita mengalami kecemasan ketika kita merasa bahwa kita berhadapan dengan perasaan yang mengancam untuk keluar dari kendali kita. Kecemasan seringkali "bebas-fl oating"; yaitu, tidak jelas dan umum, belum memiliki mengkristal ke dalam bentuk c spesifik. Transaksi bagian berikutnya dengan fungsi ego-mekanisme pertahanan, yang merupakan bagian integral dari upaya individu untuk mengatasi kecemasan.
4.      Mekanisme pertahanan- ego
Ego-mekanisme pertahanan pertama kali dirumuskan oleh ahli teori psikoanalitik sebagai cara untuk menjelaskan perilaku. Mekanisme pertahanan melindungi ego dari mengancam pikiran dan perasaan. Secara konseptual, ego adalah bagian dari kepribadian yang melakukan fungsi pengorganisasian berbagai, termasuk dalam menjaga kontak dengan realitas. Ego tidak boleh disamakan dengan kesadaran. Aspek ego tidak sadar, termasuk banyak dari fungsi pertahanan. Ego mengatur dan menjadi penengah antara dorongan dari id, tuntutan realitas, dan tuntutan yang dibayangkan sosok orang tua dan lainnya. Ketika ada ancaman bagi ego, kecemasan yang dialami. Meskipun kita mungkin tertarik dalam pertumbuhan yang berasal dari menghadapi realitas secara langsung, kita mencoba untuk melindungi diri kita dari mengalami kecemasan. Pertahanan ego memungkinkan kita untuk melunakkan pukulan yang datang dengan luka emosional, dan mereka adalah salah satu cara mempertahankan rasa kecukupan pribadi. Meskipun pertahanan ego memang melibatkan penipuan diri sendiri dan distorsi realitas, mereka tidak dianggap pada dasarnya patologis. Hanya bila pertahanan ini digunakan secara kaku atau ketika mereka mengganggu kemampuan seseorang untuk secara efektif menangani tugas-tugas kehidupan yang penggunaannya menjadi bermasalah. Meskipun mekanisme ini dipelajari dan menjadi modus kebiasaan pertahanan terhadap kecemasan, mereka biasanya beroperasi di luar kesadaran seseorang.
Ada banyak kesempatan untuk mengamati berbagai perilaku defensif dalam kelompok. Pertahanan yang kita gunakan di masa kecil, saat kita terancam, sering terus menjadi dewasa dan diaktifkan ketika kita merasa terancam dalam kelompok. Melalui umpan balik dari terapis kelompok dan anggota lain, individu dapat menjadi semakin sadar gaya pertahanan mereka dari interaksi. Dengan kesadaran, anggota kelompok dapat lebih fleksibel dalam penggunaan pertahanan, dan mereka akhirnya dapat memilih bentuk langsung berhadapan dengan kecemasan yang memproduksi situasi saat mereka muncul dalam kelompok.
Beberapa pertahanan ego umum biasanya diwujudkan dalam pola interaksi dalam kelompok terapeutik:
ü  Represi melibatkan tidak termasuk dari pikiran kesadaran mengancam atau menyakitkan dan keinginan. Dengan mendorong pengalaman menyedihkan atau perasaan ke dalam alam bawah sadar, orang mengelola kecemasan yang tumbuh dari situasi yang melibatkan rasa bersalah dan konflik. Represi mendasari sebagian besar pertahanan ego lainnya. Jika orang dewasa secara fisik atau emosional disalahgunakan di masa kecil, mereka mungkin telah menghalangi rasa sakit dan kecemasan terkait dengan peristiwa traumatis dengan menekan ingatan ke bawah sadar. Misalnya, orang dewasa mungkin tidak ingat rincian peristiwa sumbang yang terjadi pada anak usia dini. Namun, seperti anggota lain mengalami katarsis dan bekerja melalui rasa sakit yang terkait dengan sumbang  ditarik kembali, seorang anggota yang telah ditekan pengalaman sumbang dapat dipicu secara emosional, dan bahan tak sadar bisa muncul dalam kesadaran.
ü  Penolakan memainkan peran defensif mirip dengan represi, namun umumnya beroperasi di tingkat prasadar atau sadar. Dalam penolakan ada upaya untuk menekan realitas yang tidak menyenangkan. Ini terdiri dari mengatasi kecemasan dengan "menutup mata kita" adanya kecemasan yang memproduksi realitas. Dalam terapi anggota kelompok kadang-kadang menolak untuk menerima bahwa mereka memiliki masalah. Mereka mungkin mencoba untuk menipu baik diri mereka sendiri dan orang lain dengan mengatakan bahwa mereka telah "bekerja pada" masalah-masalah tertentu dan bahwa karena itu mereka tidak lagi memiliki masalah untuk menangani dalam kelompok.
ü  Regresi melibatkan kembali ke tingkat perkembangan kurang matang. Dalam menghadapi stres berat atau krisis, kita kadang-kadang kembali ke pola lama yang bekerja untuk kami sebelumnya. Misalnya, seorang pria dalam kelompok terapi mungkin mundur ke perilaku kekanak-kanakan dan menjadi sangat ketakutan dan tergantung saat ia menghadapi krisis dipicu oleh keputusan orang yang dicintai untuk memisahkan diri dari dia.
ü  Proyeksi melibatkan menghubungkan pikiran kita sendiri tidak dapat diterima, perasaan, perilaku, dan motif orang lain. Dalam pengaturan kelompok, anggota mungkin sangat dapat melihat kesalahan orang lain. Mereka mungkin juga atribut untuk anggota lain perasaan tertentu dan motif yang akan memimpin mereka untuk merasa bersalah jika mereka memiliki perasaan dan motif sendiri. Tentu saja, kelompok menawarkan banyak kesempatan untuk melihat proyeksi dalam tindakan. Anggota yang sulit menerima perasaan mereka agresif atau seksual dapat melihat anggota kelompok lainnya bersikap memusuhi atau menggoda. Pemimpin kelompok harus menyadari, bagaimanapun, bahwa anggota yang membuat komentar bermusuhan atau menggoda tepat sering membela diri dengan label sebagai "proyeksi" umpan balik negative mereka terima dalam kelompok.
ü  Displacement memerlukan pengalihan dari beberapa emosi (seperti marah) dari sumber yang nyata untuk seorang pengganti atau objek. Anggota grup yang frustasi akan merasa marah Jika pemimpin menghadapkan anggota untuk cemberut atau mempekerjakan beberapa perhatian-seeking perilaku lain, misalnya, mereka dapat menyerang dengan cara memusuhi beberapa anggota yang relatif tidak mengancam. Meskipun kemarahan mereka mungkin akibat konfrontasi pemimpin kelompok itu, mereka memilih sasaran yang lebih aman pada siapa untuk melampiaskan kebencian mereka.
ü  Reaksi pembentukan melibatkan berperilaku dengan cara yang berlawanan dengan perasaan nyata seseorang. Ini berfungsi sebagai pertahanan terhadap kecemasan yang akan dihasilkan dari perasaan menerima bahwa seseorang berusaha untuk dimungkiri. Pertahanan ini dipamerkan dalam kelompok oleh wanita yang "manis manis" belum benar-benar bermusuhan banyak pelabuhan perasaan bahwa dia berani tidak mengekspresikan. Hal ini juga ditampilkan oleh orang yang mencoba untuk meyakinkan dirinya dan orang lain bahwa dia tidak peduli jika orang lain menolaknya, baik dalam kelompok ini atau di rumah, namun yang di bawah sangat ingin penerimaan orang lain. Perilaku ini menutupi perasaan yang sebenarnya seseorang, untuk menangani dengan permusuhan atau penolakan akan menyakitkan. Dalam kasus ini ada berlebihan menjadi manis atau menjadi emosional acuh tak acuh terhadap penolakan. Kualitas berlebihan perilaku ini adalah apa yang membuat mereka dikenali sebagai bentuk pertahanan.
ü  Rasionalisasi adalah mekanisme pertahanan dimana kita mencoba untuk membenarkan perilaku kita dengan menetapkan motif logis dan mengagumkan untuk itu. Beberapa orang memproduksi "baik" alasan untuk menjelaskan ego yang terluka. Pertahanan ini melibatkan upaya untuk meminimalkan keparahan kecewa atas kerugian atau kegagalan. Dalam kelompok ada banyak kesempatan untuk mengamati pola perilaku dalam tindakan. Anggota dapat mencurahkan banyak energi untuk fokus pada "Lain di luar sana" sebagai sumber masalah mereka.
Semua orang menggunakan mekanisme pertahanan ego, dan mereka memiliki beberapa nilai adaptif, namun, terlalu sering menggunakan mereka bisa menjadi bermasalah. Memang benar bahwa selfdeception dapat melembutkan kenyataan pahit, tetapi kenyataannya adalah kenyataan yang tidak berubah melalui proses mendistorsi aspek-aspek itu yang menghasilkan kecemasan. Dalam jangka panjang, saat ini strategi defensif tidak bekerja, hasilnya adalah kecemasan yang lebih besar. Situasi kelompok sangat ideal untuk memungkinkan individu untuk belajar mengenali metode tidak langsung yang mereka menempuh jalan ketika mereka merasa terancam secara emosional. Untuk menghindari menilai perilaku tersebut, adalah mungkin untuk bekerja dengan anggota dengan cara terapi sehingga mereka dapat meningkatkan toleransi mereka untuk mengatasi rasa cemas dan dapat belajar cara langsung menghadapi situasi interpersonal yang sulit.
5.      Resistensi
Dalam terapi psikoanalitik, resistensi didefinisikan sebagai keengganan seseorang untuk membawa ke kesadaran mengancam materi tak sadar yang sebelumnya telah ditekan atau ditolak. Hal ini juga dapat dilihat sebagai sesuatu yang mencegah anggota dari berurusan dengan bahan tak sadar dan dengan demikian membuat kelompok dari membuat kemajuan. Perlawanan adalah upaya sadar untuk membela diri terhadap tingkat kecemasan tinggi bahwa ketakutan klien akan timbul jika materi dalam alam bawah sadar terungkap. Rutan, Stone, dan Shay (2007) mengingatkan kita bahwa "perlawanan bukanlah proses yang dirancang untuk melawan pengobatan, yang merupakan proses defensif yang dirancang untuk menahan rasa sakit emosional "(hal. 206). Locke (1961) mengatakan, anggota kelompok perlu untuk melindungi diri terhadap "luapan  kesadaran oleh perasaan dilarang, fantasi, atau memori" (hal. 72). Perlawanan adalah "perjuangan untuk mempertahankan pertahanan", dengan demikian, itu adalah " pertahanan pertahanan. "Durkin (1964) menekankan bahwa perlawanan adalah bagian dasar dari kelompok analitis, dan dia memperingatkan para pemimpin kelompok untuk tidak terkejut dengan atau tidak sabar dengan itu. Dia merekomendasikan bahwa para pemimpin tidak melihat resistensi sebagai tanda dari kecanggungan mereka sendiri.
Ada banyak jenis resistensi, beberapa yang berkaitan dengan kekhawatiran tentang bergabung kelompok, beberapa untuk partisipasi dalam proses kelompok, dan beberapa keinginan untuk meninggalkan kelompok (Locke, 1961). Serigala (1963) mencantumkan berbagai sumber resistensi anggota kelompok dalam: takut bahwa privasi seseorang akan diserbu, perlu "Memiliki" terapis secara eksklusif; takut "pertemuan" lagi keluarga asli seseorang pada kelompok-yaitu, mengakui orang tua atau saudara kandung dalam beberapa peserta-dan harus berurusan dengan kecemasan yang dihasilkan oleh pertemuan ini; ketakutan bawah sadar menyerah tren neurotik, dan kecemasan tentang kebebasan yang menawarkan kelompok, termasuk kebebasan untuk membahas kecemasan.
Wolf juga mengidentifikasi bentuk-bentuk perlawanan yang permukaan pada tahap lanjutan dari analisis kelompok. Beberapa anggota bersembunyi di balik analisis anggota lain, dan beberapa terlibat dalam bacaan panjang sejarah kehidupan mereka, sehingga menghindari tantangan yang dihadapi saat ini. Tambahan manifestasi resistensi meliputi perilaku:
ü  Biasanya datang terlambat atau tidak muncul sama sekali
ü  Mempertahankan sikap puas diri atau ketidakpedulian
ü  Menunjukkan dirinya intelek
ü  Menunjukkan kebutuhan berlebihan untuk membantu orang lain dalam kelompok
ü  Menampilkan ketidakpercayaan
ü  Berperilaku tidak kooperatif
ü  Perilaku tidak Pantas atau impulsif, termasuk komentar atau gerakan ofensif (serangan) untuk setiap anggota kelompok.
ü  Menggunakan kelompok untuk bersosialisasi belaka.
Ini bukan berarti hanya manifestasi dari perilaku resistif; apa yang mereka semua memiliki kesamaan adalah takut mengakui dan berurusan dengan bagian diri sendiri yang terkunci di bawah sadar. Bagaimana terapis kelompok menghadapi perlawanan? Durkin (1964) menyatakan bahwa untuk menembus dan bekerja melalui resistensi terapis perlu meminta kerja sama dari anggota. Oleh karena itu, dia harus mulai dengan masalah langsung klien seperti yang dimanifestasikan melalui perilaku resistif, yang tidak harus dilihat sebagai sesuatu yang harus diatasi. Karena resistensi adalah indikasi berharga pertahanan klien terhadap kecemasan, mereka harus diakui dan bekerja melalui oleh terapis dan klien bersama-sama, dengan pemahaman yang jelas bahwa mereka berdua bekerja menuju tujuan yang sama. Terapis kelompok harus berhati-hati untuk tidak anggota kelompok label atau celaan; kritik tidak bisa diterima hanya akan meningkatkan perilaku resistif. Hal ini juga dapat berguna untuk membawa anggota kelompok lainnya ke dalam analisis resistensi anggota individu.
6.      Transferensi
Transferensi, sebuah konsep dasar dari pendekatan kelompok psikoanalitik, melibatkan pengulangan sadar masa lalu di masa sekarang. Transferensi mengacu pada anggota secara tidak sadar pergeseran perasaan, sikap, dan fantasi (baik positif maupun negatif) yang berasal dari reaksi orang-orang yang signifikan dari masa lalu ke terapis (atau anggota kelompok lainnya). Transferensi mencerminkan pola dari pengalaman lama dan sebelumnya diperoleh distorsi saat mereka muncul dalam hubungan ini (Luborsky, O'Reilly-Landry, & Arlow, 2011). Grup menawarkan banyak kesempatan untuk eksplorasi reaksi transferensi yang memiliki akar dalam hubungan sebelumnya (Rutan et al., 2007). Dalam pengaturan analitik, tidak seperti situasi awal, orang tersebut bisa mengalami dan mengekspresikan perasaan tanpa hukuman. Sebuah kelompok psikoanalitik menyediakan lingkungan yang aman dan netral di mana anggota dapat mengekspresikan spontan pikiran dan perasaan. Hal ini memungkinkan proses transferensi muncul dalam kelompok, yang dengan jelas memberikan kontribusi bagi keberhasilan kelompok terapi (Kauff, 2009). Jika seorang anggota kelompok merasakan terapis sebagai ayah keras dan menolak, dia tidak menerima dari terapis tanggapan negatif yang diharapkan. Sebaliknya, terapis menerima perasaan anggota dan membantu orang memahami mereka. Secara analitis terapis kelompok berorientasi mempertimbangkan proses eksplorasi dan menafsirkan perasaan transferensi sebagai inti dari proses terapeutik karena pekerjaan ini membantu anggota kelompok mencapai peningkatan kesadaran dan perubahan kepribadian.
Peserta kelompok cenderung bersaing untuk perhatian mengingatkan pemimpin-situasi jaman dulu ketika mereka harus bersaing untuk perhatian orang tua mereka dengan saudara-saudara mereka. Upaya ini bisa dieksplorasi untuk mengetahui apakah mereka mencerminkan kebutuhan anggota untuk persetujuan universal dan bagaimana kebutuhan tersebut mengatur kehidupan seseorang. Anggota dapat memperoleh peningkatan kesadaran tentang bagaimana mereka berurusan dengan kompetisi sebagai anak-anak dan bagaimana keberhasilan masa lalu mereka atau kurangnya itu mempengaruhi interaksi mereka saat ini dengan orang lain.
Terapi kelompok juga menawarkan kemungkinan pemindahan ganda. Dalam terapi individu, proyeksi klien diarahkan menuju terapis sendiri, dalam terapi kelompok, mereka juga diarahkan anggota lain. Dengan menggabungkan psikoterapi individual dan kelompok, proses transferensi dapat diterangi dan dieksplorasi; manfaat dari format kelompok termasuk menyediakan fasilitas pemisahan / individuasi, menyediakan objek transferensi melalui anggota lain selain dengan terapis, dan berurusan dengan resistensi (Kauff, 2009).
Konstelasi kelompok cocok untuk transferences beberapa yang menyediakan untuk menghidupkan kembali peristiwa masa lalu yang belum selesai, terutama ketika anggota lain merangsang perasaan yang kuat seperti dalam individu bahwa ia "melihat" di dalamnya beberapa tokoh yang memberikan pengaruh seperti, ibu ayah, hidup saudara, mitra, pasangan, exlover, atau bos. Kelompok ini adalah lingkungan yang kondusif di mana untuk menghidupkan kembali peristiwa yang mempengauruhi di masa lalu karena "kelompok hari ini menjadi keluarga kemarin," kata Locke (1961, hal 102.). Wolf (1963) dan Wolf dan Schwartz (1962) mengamati bahwa anggota kelompok berfungsi sebagai tokoh pemindahan untuk anggota lain dan bahwa pekerjaan utama dari kelompok analitik terdiri dari mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan proyeksi ini ke pengganti keluarga dalam kelompok. Pemimpin mempunyai tugas membantu anggota menemukan sejauh mana mereka menanggapi orang lain dalam kelompok seolah-olah mereka orang tua atau saudara kandung.
Kelompok dapat memberikan pemahaman yang dinamis tentang bagaimana orang berfungsi dalam out-of-kelompok situasi. Dengan mengenang masa lalu melalui proses pemindahan, anggota mendapatkan kesadaran yang meningkat cara-cara masa lalu yang mengganggu fungsi ini. Dengan menafsirkan dan bekerja melalui pemindahan mereka, peserta menjadi semakin sadar fiksasi dan kekurangan dan cara di mana peristiwa masa lalu mengganggu kemampuan mereka untuk menilai dan menangani kenyataan dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Kontratransferensi
Perasaan terapis dapat menjadi dilibatkan dalam hubungan terapeutik, menghambat atau bahkan menghancurkan objektivitas. Menurut teori psikoanalitik, kontratransferensi terdiri dari respon bawah sadar seorang terapis emosional untuk klien, menghasilkan persepsi yang menyimpang dari perilaku klien. Rutan, Stone, dan Shay (2007) menggambarkan kontratransferensi sebagai "terapis mengalami perasaan dari masa lalu yang diaktifkan kembali oleh pasien di hadir "(hal. 249). Dalam arti yang lebih luas, kontratransferensi melibatkan respon emosional jumlah terapis untuk klien. Hayes (2004) mengacu pada kontratransferensi sebagai reaksi terapis kepada klien yang didasarkan pada nya atau konflik sendiri belum terselesaikan. Tidak ada pemimpin analitik benar-benar gratis dari keterlibatan dalam transferensi atau kontratransferensi (Wolf, 1983).
Comas-Diaz (2011) menunjukkan bahwa terapis dan klien mereka merespon dimensi sadar dan bawah sadar budaya mereka. Dia mengingatkan kita bahwa terapis dari budaya yang dominan mungkin tidak menyadari aspek budaya, etnis, dan ras transferensi dan kontratransferensi: "Mengidentifikasi parameter budaya transferensi dan kontratransferensi merupakan pusat psikoterapis multikultural. Mereka mengakui bahwa faktor etnis, budaya, jenis kelamin, dan ras sering menyebabkan lebih cepat terungkapnya masalah inti dalam psikoterapi "(hal. 553). Hubungan antara anggota dan pemimpin dan antara anggota menyediakan lahan subur untuk menjelajahi berbagai proyeksi, dan praktisi kelompok budaya yang kompeten dapat mengundang percakapan pada perbedaan budaya dan kesamaan dalam kelompok. Dengan mengidentifikasi dan mengatasi berbagai aspek keragaman dalam kelompok, anggota dapat menggali bagaimana pengalaman mereka berkaitan dengan perbedaan mereka telah mempengaruhi mereka dan mungkin memainkan peran dalam partisipasi mereka dalam kelompok.
Pada tingkatan bahwa kontratransferensi hadir, terapis kelompok bereaksi terhadap anggota seolah-olah mereka angka penting dari keluarga asli mereka sendiri. Pemimpin kelompok harus waspada untuk tanda-tanda konflik yang tidak terselesaikan dalam diri mereka yang dapat mengganggu fungsi efektif sebuah kelompok dan menciptakan situasi di mana anggota digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri terpenuhi. Jika, misalnya, pemimpin kelompok memiliki kebutuhan ekstrim untuk dihormati, dihargai, dan dikonfirmasi, pemimpin dapat menjadi terlalu tergantung pada persetujuan anggota dan penguatan. Hasilnya adalah bahwa banyak dari apa yang pemimpin tidak dirancang untuk menyenangkan para anggota kelompok dan memastikan dukungan mereka. Penting untuk membedakan antara reaksi emosional yang sesuai dan kontratransferensi.
Berikut adalah beberapa manifestasi kontratransferensi yang dapat muncul dalam kelompok terapeutik:
ü  Melihat diri pada anggota tertentu dan overidentifying dengan mereka ke titik menjadi kurang mampu untuk bekerja secara efektif dengan mereka.
ü  Memproyeksikan ke anggota beberapa sifat yang satu membenci dalam diri sendiri dan tentang klien seperti tidak bisa menerima pengobatan atau tidak mungkin untuk bekerja dengan kelompok.
ü  Terlibat dalam perilaku menggoda dan mengambil keuntungan dari peran pemimpin untuk memenangkan kasih sayang khusus dari anggota kelompok tertentu.
Konflik yang belum diselesaikan kelompok terapis dan kebutuhan ditekan serius dapat mengganggu proses kelompok dan dapat memimpin mereka untuk menyalahgunakan posisi mereka dari kepemimpinan. Kesulitan dalam mengenali kontratransferensi sendiri dan keharusan bahwa reaksi tersebut diakui dan ditangani dengan terapi memberikan dasar pemikiran bagi para pemimpin kelompok untuk mengalami terapi mereka sendiri. Pendekatan analitik mengharuskan terapis menjalani psikoterapi analitik untuk menjadi sadar akan dinamika mereka sendiri dan dari cara di mana dinamika ini dapat menghambat tugas terapeutik.
Brabender (1987) menyatakan kontratransferensi yang bisa menjadi jalan untuk memahami dinamika kelompok, tapi dia mengingatkan kita bahwa ahli terapi kelompok tidak kebal terhadap perasaan kebencian, iri hati, rasa bersalah, kekaguman, dan cinta. Dia posisi adalah bahwa "pengalaman penuh dan toleransi dari semua perasaan terapis dalam kelompok rawat inap memungkinkan anggota kelompok untuk mewujudkan kekayaan kemanusiaan mereka dalam hubungannya dengan satu sama lain" (hal. 566).
Sangat penting bahwa perasaan terapis sadar diri dan diakui. Bemak dan Epp (2001) mengidentifikasi lima pola kontratransferensi khas bahwa kelompok konselor dapat mengalami: (1) menjadi emosional ditarik dan yang tersisa tidak tersedia untuk kelompok, (2) pasif, (3) yang terlalu mengendalikan; (4) regresi untuk perilaku maladaptive didasarkan pada isu-isu sendiri pribadi yang belum terselesaikan, dan (5) menjadi paternalistik dan mengadopsi peran sebagai penyelamat. Resolusi kontratransferensi merupakan keterampilan penting yang membutuhkan refleksi sistematis dan eksplorasi: "kontratransferensi Konselor kelompok memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai kekuatan terapeutik yang kuat untuk kelompok dan pemimpinnya, pengawasan yang baik diberikan dan pelatihan" (Bemak & Epp, 2001 , hal 310). Kontratransferensi menyediakan terapis kelompok dengan informasi yang berguna tentang anggota kelompok serta tentang dirinya sendiri.
Kontratransferensi pemahaman adalah suatu bentuk terapi diri yang sangat penting untuk pengembangan pribadi dan profesional konselor kelompok. Berdasarkan hasil penelaahan terhadap sastra di kontratransferensi dalam kerja kelompok dan konselor pengalaman pelatihan kelompok mereka, Bemak dan Epp mengidentifikasi beberapa penting aspek masalah ini untuk kedua pemimpin kelompok dan siswa:
ü  kontratransferensi adalah fenomena yang umum mengalami konselor kelompok.
ü  Mengingat jumlah peserta dalam kelompok, ada peluang meningkat dan kemungkinan bahwa para pemimpin kelompok akan menghadapi kontratransferensi.
ü  Jika pemimpin kelompok tidak menyadari masalah yang belum terselesaikan pribadi dan tanggapan emosional mereka, akan sulit bagi mereka untuk secara efektif memfasilitasi kelompok.
ü  Memahami seseorang mendapatkan kontratransferensi sendiri yang menyebabkan efektivitas meningkat dalam memfasilitasi kelompok dan menambah kekayaan potensi dari pengalaman kelompok.
ü  Kontratransferensi sering dikaitkan dengan berbagai tanggapan emosional seperti penarikan, marah, cinta, kebencian, kejengkelan, ketidakberdayaan, menghindari, kolusi, overidentification, kontrol, dan kesedihan.
ü  Adalah penting bahwa program pascasarjana menciptakan konteks yang memfasilitasi kritis analisis diri dari kontratransferensi oleh peserta pelatihan siswa.
Sangat penting bahwa kontratransferensi dikelola dan digunakan untuk kepentingan bekerja dengan klien. Ahli terapi mempelajari reaksi internal mereka sendiri dan menggunakan mereka untuk memahami klien mereka, kontratransferensi sangat bisa mendapatkan keuntungan pekerjaan terapeutik. Hayes (2004) melaporkan bahwa sebagian besar penelitian tentang kontratransferensi telah menangani efek merusak dan bagaimana untuk mengelola reaksi dan menunjukkan bahwa itu akan berguna untuk melakukan studi sistematis dari ts benefi potensi terapi kontratransferensi juga. Gelso dan Hayes (2002) berpendapat bahwa penting untuk mempelajari dan memahami semua reaksi emosional terapis kepada klien yang pas di bawah payung luas dari kontratransferensi. Teori saja tidak cukup; menurut Gelso dan Hayes, "menunjukkan bukti bahwa teori dalam hubungannya dengan kesadaran pribadi adalah kunci untuk penggunaan terapi kontratransferensi" (hal. 280).

C.     PERAN DAN FUNGSI PEMIMPIN GRUP
Gaya kepemimpinan bervariasi antara ahli terapi kelompok psychoanalytically berorientasi, mulai dari pemimpin ditandai dengan objektivitas, detasemen hangat, dan anonimitas relatif terhadap mereka yang mendukung peran yang mungkin mengakibatkan hubungan kolaboratif dengan anggota kelompok. Jika mereka tetap lebih anonim, beberapa pemimpin psychoanalytically berorientasi percaya anggota akan memproyeksikan ke mereka lebih dari gambar mereka sendiri apa yang mereka harapkan untuk menjadi pemimpin, gambar yang terlihat sebagai ungkapan kebutuhan bawah sadar anggota.
Strupp (1992) berpendapat bahwa transferensi dan kontratransferensi tetap menjadi pilar terapi psikodinamik. Analis kelompok menyambut manifestasi transferensi dalam kelompok sebagai kesempatan untuk bekerja berbuah (Wolf, 1963). Reaksi transferensi Menjelajahi harus dilakukan dengan hati-hati agar bukan untuk menciptakan resistensi dalam peserta kelompok. Kernberg (1997) mengeluarkan peringatan ini: "Transferensi yang harus ditangani seperti bahan radioaktif, sangat bertanggung jawab, dan dengan kesadaran akan betapa mudah dapat disalahgunakan" (hal. 22).
Meskipun analisis seperti transferensi masih dipandang sebagai ciri dari terapi psikodinamik, dalam benak praktisi saat ini banyak, model terapis impersonal jauh dari ideal dan "merupakan keguguran yang serius dan sering berbahaya dari peran terapi" (Strupp, 1992, hal 23). Aviv (2010) berpendapat bahwa sikap, netral nonparticipatory tidak bisa dicapai dan berusaha ke arah itu dapat membawa terapis kelompok untuk tempat yang kosong dan tidak relevan.
Rutan dan rekan (2007) percaya bahwa "peran terapis dasarnya untuk bereaksi dan bukan untuk memulai. Terapis dinamis menunggu proses kelompok terjadi dan kemudian komentar tentang itu "(hal. 170). Peran terapis dapat dikonseptualisasikan pada kontinum dari aktif untuk nonaktif, transparan menjadi buram, dan menyenangkan untuk frustasi. ahli terapi kelompok harus tetap fleksibel dalam pendekatan mereka. Seiring dengan peningkatan interaksi kelompok, pemimpin mengejar motivasi bawah sadar peserta dan menyelidiki akar sejarah motivasi ini melalui analisis dan interpretasi.
Menurut Strupp (1992), salah satu perkembangan yang paling signifi cant terapi psychoanalytically berorientasi semakin dikenalnya sangat pentingnya hubungan terapeutik. Berbeda dengan model klasik dari analis impersonal dan terpisah, perumusan penekanan tempat kontemporer tentang aliansi terapeutik, hubungan kerja di mana terapis "mengkomunikasikan komitmen, perhatian, minat, rasa hormat, dan kepedulian manusia bagi pasien" (hal. 23). Selain itu, terapis juga melakukan kelompok fungsi-fungsi ini:
ü  Memberikan dukungan ketika dukungan terapi dan kelompok tidak memberikan itu.
ü  Membantu wajah anggota dan menghadapi resistensi dalam diri mereka sendiri dan dalam kelompok secara keseluruhan.
ü  Anggota Assist untuk memperoleh kesadaran akan halus aspek perilaku melalui pertanyaan dan interpretasi.
Untuk melaksanakan banyak fungsi secara efektif, pemimpin kelompok memiliki kewajiban penting untuk memahami dinamika mereka sendiri dan kontratransferensi selama proses terapi. Untuk melakukannya, mereka mungkin perlu konsultasi dan pengawasan. Terapi pribadi adalah berharga dalam membantu para pemimpin untuk mengenali tanda-tanda kontratransferensi dan dalam menemukan bagaimana kebutuhan mereka sendiri dan motivasi mempengaruhi kerja kelompok mereka.

D.    APLIKASI : TEKNIK TERAPI DAN PROSEDUR
1.      Proses terapeutik
Proses terapi berfokus pada menciptakan kembali, menganalisis, mendiskusikan, dan menafsirkan pengalaman masa lalu dan bekerja melalui pertahanan dan resistensi yang beroperasi di tingkat bawah sadar. Proses pekerja melalui mewakili tahap akhir dari kelompok analitik dan menghasilkan kesadaran meningkat dan integrasi diri. Wawasan dan pemahaman kognitif yang penting, seperti juga perasaan dan kenangan yang berhubungan dengan pemahaman diri. Karena klien perlu menghidupkan kembali dan merekonstruksi masa lalu mereka dan bekerja melalui konflik ditekan untuk memahami bagaimana alam bawah sadar mempengaruhi mereka dalam, sekarang psikoanalitik kelompok terapi cenderung menjadi proses jangka panjang dan intensif.
Keterbukaan diri dan transparansi telah menjadi lebih dapat diterima oleh kelompok praktisi kontemporer psikodinamik (Aviv, 2010;. Rutan et al, 2007). Praktisi analitik modern meninggalkan model "terpisah-pengamat" psikoanalisis klasik untuk gaya yang lebih intersubjektif disebut analisis relasional (DeAngelis, 1996). Analisis relasional tempat penekanan pada kedua terapis dan reaksi klien dan pengalaman dalam situasi kelompok.
Sebuah format kelompok yang menggunakan konsep dan teknik psikoanalitik memiliki keunggulan tertentu atas analisis individu:
ü  Anggota dapat membangun hubungan serupa dengan yang ada dalam keluarga mereka sendiri; saat ini, Namun, hubungan terjadi dalam kelompok pengaturan yang aman dan kondusif untuk hasil yang menguntungkan.
ü  Kelompok peserta memiliki banyak kesempatan untuk mengalami perasaan transferensi terhadap anggota lain dan pemimpin, mereka dapat mengidentifikasi dan menghadapi perasaan-perasaan mereka untuk meningkatkan pemahaman diri.
ü  Peserta dapat memperoleh rasa yang jelas tentang bagaimana pertahanan mereka dan resistensi diwujudkan.
ü  Ketergantungan pada otoritas terapis tidak sebesar seperti dalam terapi individu karena anggota kelompok juga mendapatkan umpan balik dari anggota lainnya.
ü  Dari mengamati pekerjaan orang lain dalam kelompok, anggota belajar bahwa hal itu dapat diterima untuk memiliki dan mengekspresikan perasaan yang kuat bahwa mereka mungkin dijauhkan dari kesadaran.
ü  Anggota memiliki banyak kesempatan untuk belajar tentang diri sendiri dan orang lain, menurut fakta dan fantasi, melalui interaksi dengan teman sebaya serta dengan pemimpin. Bahan untuk analisis tersedia tidak hanya dalam hal ingatan sejarah tetapi juga atas dasar interaksi dengan sesama anggota.
ü  Pengaturan kelompok mendorong para anggota untuk memeriksa pertahanan ego mereka. Perlawanan mencair dalam suasana saling wahyu dan eksplorasi dalam kelompok untuk tingkat yang lebih besar dari biasanya benar satu-ke-satu terapi.
ü  Analisis dalam kelompok terapi menantang harapan idealis seorang anggota memiliki hubungan eksklusif dengan terapis. Pengalaman mendukung orang lain dan penemuan perjuangan universal yang mendorong berbagai respon lebih lengkap daripada terapi individu.
ü  Terapi kelompok analitis menyediakan konteks untuk menangani isu-isu sosial kontemporer, termasuk kelas, ras, dan perbedaan budaya.
2.      Eksplorasi kecemasan dalam situasi group
Bagaimana pemimpin kelompok mengakui dan berhubungan dengan kecemasan, baik di dalam individu dan dalam kelompok secara keseluruhan, adalah teknik kunci dalam kelompok psikoanalitik. Kecemasan bukanlah sesuatu untuk mengatasi; adalah penting untuk mengenali, memahami, dan menjelajahi fungsi yang pertahanan terhadap itu melayani. Kegelisahan adalah perlu oleh-produk dari mengambil risiko dalam kelompok, sebuah proses yang pada akhirnya menyebabkan perubahan konstruktif.
3.      Asosiasi bebas
Alat dasar untuk mengungkap materi ditekan atau tidak sadar adalah asosiasi bebas-communicating apa pun yang datang ke pikiran terlepas dari bagaimana menyakitkan, tidak logis, atau tidak relevan mungkin tampak. Anggota kelompok diharapkan untuk melaporkan perasaan segera, tanpa mencoba untuk melakukan penyensoran, dan diskusi kelompok dibiarkan terbuka untuk apa pun para peserta dapat membawa bukan berputar di sekitar tema yang ditetapkan. Foulkes (1965) mengacu pada proses ini sebagai "bebas-fl oating diskusi" atau "asosiasi kelompok bebas."
Salah satu adaptasi dari asosiasi bebas untuk kelompok ini adalah "go-around teknik," yang menggunakan asosiasi bebas untuk merangsang interaksi anggota (Wolf, 1963). Setelah hubungan yang baik telah dikembangkan dalam suasana yang kondusif dipupuk dengan berbagi mimpi dan fantasi, anggota didorong untuk bebas associateabout setiap orang dalam kelompok. Setiap peserta berkeliling ke masing-masing anggota dan mengatakan hal yang terlebih dulu yang terlintas dalam pikiran tentang orang itu. Menurut Wolf, lampu sekitar metode membuat semua ahli terapi anggota tambahan, yaitu, bukan yang tersisa penerima pasif dari wawasan pemimpin, para peserta secara aktif memberikan kontribusi pada interpretasi makna kunci.  Wolf (1963) berpendapat bahwa jika anggota kelompok mengatakan apa pun yang datang ke dalam kepala mereka tentang yang lain "mereka secara intuitif akan menembus fasad resistif dan mengidentifikasi sikap yang mendasarinya" (hal. 289). Akibatnya, para peserta mengungkapkan perasaan batin, menjadi kurang dijaga, dan sering mengembangkan kemampuan untuk melihat yang mendasari konflik psikis. Juga, semua anggota kelompok memiliki kesempatan untuk tahu bagaimana peserta lain melihatnya.
Wolf dan Kutash (1986) menunjukkan bahwa hal ini berguna ketika klien melaporkan mimpi untuk meminta anggota lain untuk bebas bergaul dengan itu. Dengan cara ini anggota sedang aktif dan tidak merasa tersisihkan karena mereka mendengarkan rincian mimpi anggota lain. Kelompok itu dapat mengeksplorasi si pemimpi dan asosiasi anggota lain.
Singkatnya, asosiasi bebas mendorong anggotanya untuk menjadi lebih spontan dan untuk mengungkap proses tak sadar, yang mengarah ke penemuan lebih tajam wawasan psikodinamika mereka. Prosedur ini juga mempromosikan kesatuan dan partisipasi aktif dalam proses kelompok.
4.      Interpretasi
Interpretasi adalah suatu teknik terapi yang digunakan dalam analisis asosiasi bebas, mimpi, resistensi, dan perasaan transferensi. "Sebuah interpretasi adalah dirancang untuk membuat fenomena bawah sadar sadar, untuk melampirkan makna peristiwa, perilaku, dan perasaan "(Rutan et al., 2007, hal. 94). ahli terapi kelompok telah bergeser ke sikap yang lebih kolaboratif dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan interpretasi sebagai hipotesis tentatif untuk anggota kelompok untuk pertimbangan mereka. "Praktek klinis Intoday itu, interpretasi merupakan proposal makna. Ini bukan kebenaran tetapi upaya untuk saling memperoleh pemahaman tentang perilaku individu atau mempengaruhi negara "(Rutan et al., 2007, hal 93.). Scheidlinger (1987) mempertahankan bahwa interpretasi hanyalah sebuah hipotesis dan bahwa, tidak peduli seberapa elegan dikandung, masih tunduk pada kerahasiaan rmation atau sanggahan. Ketika anggota kelompok menolak penafsiran seorang terapis, mungkin berarti penafsiran tidak akurat, tidak bahwa anggota sedang resisten.
Interpretasi membutuhkan keterampilan yang cukup besar. Nah tepat waktu dan interpretasi akurat membantu klien mengintegrasikan data baru yang dapat mengarah pada wawasan baru. Benar perlu memahami dan menerima kesiapan anggota untuk mendengar interpretasi. Prematur interpretasi cenderung mempromosikan kecemasan yang tidak semestinya dan menyebabkan cukup perlawanan. Jika klien disajikan dengan interpretasi yang akurat pada waktu yang tepat, mereka mungkin fi GHT proses terapi dan menolak intervensi lain. Menurut Scheidlinger (1987), interpretasi cara yang diutarakan dan cara mereka presentasi tentu akan mempengaruhi sejauh mana anggota menganggap mereka. Jika ahli terapi memaksa interpretasi mereka pada klien dengan cara dogmatis, klien cenderung untuk menutup dan menjadi semakin defensif.
Interpretasi dilemparkan dalam bentuk pertanyaan dan disajikan sebagai hipotesis dan bukan sebagai fakta lebih mungkin untuk dipertimbangkan oleh anggota kelompok. Misalnya, Sam terus membuat intervensi tidak tepat ketika anggota lain mengungkapkan perasaan intens dan dengan demikian menyebabkan orang lain kehilangan kontak dengan perasaan mereka. Pemimpin akhirnya campur tangan dan berkata, "Sam, Anda sepertinya ingin meyakinkan Julie bahwa segala sesuatu akan berhasil baginya. Apakah mungkin bahwa Anda menjadi tidak nyaman ketika Anda melihat seseorang sakit, maka Anda terburu-buru dalam, mencoba mengambil rasa sakit orang itu pergi? Mungkinkah Anda mencoba untuk menghindari pengalaman menyakitkan diri sendiri? "Alert Komentar ini Sam untuk sebuah alasan yang mungkin untuk perilaku dalam kelompok. Jika ia berpikir tentang interpretasi pemimpin, ia mungkin menemukan lain makna yang ia tidak sekarang sadar. Apakah dia akan merespon nondefensively memiliki banyak hubungannya dengan cara di mana penafsiran tersebut dibuat. Dalam hal ini, pendekatan tentatif pemimpin tidak menimbulkan ancaman dan tidak mendorong Sam untuk menerima sesuatu yang ia mungkin tidak siap untuk menerima. Dalam membuat interpretasi, beberapa peraturan umum lainnya yang berguna:
ü  Interpretasi harus berurusan dengan materi yang dekat dengan kesadaran anggota sehingga anggota akan siap dan mampu untuk memasukkan.
ü  Interpretasi harus dimulai dari permukaan dan pergi sedalam anggota emosional dapat mentolerir.
ü  Cara terbaik adalah untuk menunjukkan bentuk pertahanan atau perlawanan sebelum menafsirkan perasaan atau confl ict yang terletak di bawahnya.
Beberapa interpretasi langsung terapis untuk kelompok secara keseluruhan serta untuk peserta individu. Sebagai contoh, anggota kelompok mungkin beroperasi berdasarkan perjanjian tak tertulis bahwa mereka akan bersikap sopan dan mendukung dan bahwa mereka tidak akan menantang satu sama lain. Dengan mengamati proses kelompok dan berbagi pengamatan dengan kelompok, terapis dapat menjadi instrumen dalam membantu anggota melihat motif tersembunyi mereka dan mencapai tingkat yang lebih dalam interaksi. Di sini juga, bagaimana pemimpin menyajikan pengamatan sangat penting.
Salah satu keuntungan dari metode psikoanalitik dalam kelompok adalah bahwa anggota didorong untuk berbagi wawasan mereka tentang peserta lainnya. Proses ini bisa sangat mendukung dan dapat mempercepat kemajuan. Meskipun anggota tidak boleh membuat penafsiran sistematis, meninggalkan fungsi yang dengan terapis, mereka dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap anggota lain dengan menjadi langsung dan tanpa latihan.  Kelemahan dari interpretasi rekan adalah bahwa mereka kadang-kadang kurang baik waktunya, terlalu superfi finansial atau terlalu dalam, atau tidak akurat (Rutan et al., 2007). Karena anggota kelompok mungkin kurang defensif untuk mendengar umpan balik dari rekan-rekan dari dari terapis kelompok, reaksi sesama anggota 'mungkin mendapatkan pertimbangan lebih dan berpikir daripada mereka yang datang dari terapis kelompok. Rutan dan rekan berpendapat bahwa interpretasi dari rekan-rekan bisa memiliki kekuatan yang unik dalam kelompok. Sebagai anggota menjadi lebih akrab satu sama lain, mereka akan semakin dapat mengenali strategi defensif dan menawarkan pengamatan perseptif.
5.      Analisis mimpi
Freud (1955) melihat mimpi sebagai Mimpi mengekspresikan kebutuhan tak sadar, konflik, pengalaman keinginan, ketakutan, dan ditekan "jalan raya menuju alam bawah sadar.". Ketika mimpi dibagi dalam kelompok dan bekerja melalui, peserta memperoleh wawasan baru tentang motivasi dan masalah yang belum terselesaikan di belakangnya. Beberapa motivasi sangat tidak dapat diterima kepada orang tersebut bahwa mereka dapat dinyatakan hanya dalam bentuk terselubung atau simbolis. Sebuah keuntungan dari bekerja dengan mimpi dalam kelompok adalah bahwa hal itu memungkinkan anggota untuk menangani dengan cara beton dengan perasaan dan motivasi bahwa mereka dinyatakan tidak akan menghadapi. Setelah menjelajahi berbagai sisi dan kemungkinan arti dari mimpi dalam suatu kelompok yang mendukung, anggota mungkin lebih bersedia untuk menerima diri mereka sendiri dan mengeksplorasi masalah yang belum terselesaikan lain yang menimbulkan perasaan bersalah dan malu.
Perlu dicatat bahwa mimpi memiliki baik nyata (atau sadar) isi na laten (atau tersembunyi) konten. Isi nyata adalah mimpi seperti yang muncul untuk pemimpi; isi laten terdiri dari, motif terselubung yang tidak disadari bahwa mewakili makna tersembunyi dari mimpi. Sebuah kelompok psikoanalitik bekerja di kedua tingkat. Karena mimpi dipandang sebagai kunci yang membukaapa yang terkubur di bawah sadar, tujuannya adalah untuk mencari laten di bawah nyata dan untuk secara bertahap mengungkap direpresi.
Dalam sesi terlebih dulu, anggota kelompok diberitahu bahwa berbagi mimpi, fantasi, dan asosiasi bebas adalah penting untuk analisis dan pemahaman tentang dinamika pemikiran di balik bingung, perasaan, dan berperilaku. Meskipun ahli terapi mungkin memiliki wawasan tentang mimpi klien, mereka umumnya memberikan analisis sedikit selama tahap awal dari sebuah kelompok. Sebaliknya, anggota didorong untuk menawarkan interpretasi mereka sendiri (Mullan & Rosenbaum, 1978). Mimpi itu mengalami sendiri, sering tanpa interpretasi, keran aktivitas mental tak sadar dalam cara yang tiada bandingnya oleh sebagian pengalaman klinis lainnya (Kolb, 1983).
Menurut Wolf (1963), penafsiran mimpi merupakan aspek penting dari proses analitik dan harus terus berlanjut selama berbagai tahap grup. Ini adalah teknik penting karena bahan tidak sadar bahwa mimpi mengungkapkan memiliki efek pembebasan pada para peserta. Anggota didorong untuk menafsirkan dan bebas bergaul dengan impian satu sama lain untuk mencapai tingkatan yang paling dalam interaksi. Serigala melaporkan bahwa seluruh kelompok menjadi "Asyik analisis mimpi dengan asosiasi yang menyertainya, katarsis, rasa pembebasan dan kebersamaan, yang semuanya berkontribusi terhadap kesatuan kelompok yang sangat penting dalam tahap terlebih dulu pengobatan" (hal. 287). Dia menekankan pentingnya sikap tidak menghakimi pada bagian dari pemimpin terhadap muncul materi sadar. Pendekatan toleran pemimpin mendorong sikap yang sama dalam anggota, dan kelompok segera menjadi keluarga penuh kasih dan mendukung.
Selain nilai mereka untuk bahan sadar blokir dari masa lalu anggota kelompok, mimpi juga mengandung banyak bahan bermakna tentang apa yang terjadi dalam kelompok. Mimpi Anggota 'sering mengungkapkan reaksi mereka untuk terapis dan anggota kelompok lain (Locke, 1961). Pemimpi melaporkan mimpi dan mengatakan kelompok apa makna dan asosiasi memiliki baginya. Kemudian kelompok secara keseluruhan merespon; anggota kelompok lainnya memberikan reaksi mereka untuk bermimpi dan menyarankan lintas asosiasi. Hasilnya adalah rangsangan dalam kelompok.
Menjelajahi mimpi dalam kelompok memiliki aspek lain yang berharga. Sebagai anggota menganalisis mimpi orang lain dan menawarkan asosiasi mereka sendiri, mereka juga memproyeksikan dimensi yang signifikan dari diri mereka sendiri. Dengan kata lain, anggota kelompok sama-sama menafsirkan dan memproyeksikan, sebuah proses yang sering menyebabkan wawasan yang sangat berharga. Keinginan, ketakutan, dan sikap yang terungkap sebagai anggota mengasosiasikan dengan impian satu sama lain. Mimpi satu orang menjadi impian seluruh kelompok, sebuah proses yang adalah "esensi sebenarnya dari pekerjaan mimpi dalam psikoanalisis kelompok" (Locke, 1961, hal 133.).
6.      Melalui insight dan pekerjaan
Insight berarti kesadaran penyebab hadirnya kesulitan seseorang. Dalam model psikoanalitik, wawasan adalah kesadaran kognitif dan emosional sambungan dari pengalaman masa lalu untuk menimbulkan masalah. Sebagai anggota kelompok mengembangkan lebih tajam wawasan, mereka menjadi semakin mampu mengenali banyak cara yang konflik inti diwujudkan, baik dalam kelompok dan dalam kehidupan sehari-hari. Koneksi baru dibentuk, dan tema dominan mulai muncul. Misalnya, jika dalam kelompok bekerja beberapa anggota menemukan bahwa mereka harus menyenangkan semua orang di semua biaya, mereka datang untuk melihat efek dari kebutuhan mereka untuk disetujui pada kehidupan mereka.
Proses analisis tidak berakhir di tingkat wawasan, namun. Kelompok psikodinamik "adalah arena di mana pasien menunjukkan patologi mereka pada kekayaan besar dan kehalusan" (Rutan et al, 2007., Hal. 106), dan bekerja melalui masalah inti dan konflik merupakan aspek penting dari analitis berorientasi kelompok dan terapi individual. Bekerja melalui interpretasi melibatkan mengulangi dan ketahanan mengatasi, sehingga memungkinkan anggota kelompok untuk menyelesaikan pola disfungsional yang berasal dari masa kecil dan untuk membuat pilihan berdasarkan wawasan baru. Jika anggota kelompok berharap untuk mengubah beberapa aspek dari kepribadian mereka, mereka ditantang untuk bekerja melalui resistensi dan tua pola-biasanya proses yang panjang dan sulit. Bekerja melalui merupakan salah satu aspek yang paling kompleks analisis, dan memerlukan komitmen yang mendalam. Proses pekerja melalui melibatkan reexperiencing bisnis nished unfi dalam konteks transferensi (transferensi beberapa, dalam analisis kelompok). Kelompok peserta belajar untuk menerima pertahanan mereka, memahami bagaimana mereka melayani fungsi yang valid di masa lalu, dan menyadari bahwa mereka telah menjadi terlalu memberatkan di masa sekarang. Konflik berasal dari pengalaman awal anggota yang hidup adalah jarang benar-benar bekerja melalui. Kebanyakan individu akan harus berurusan lagi dengan masalah ini berakar dari waktu ke waktu. Jadi adalah suatu kesalahan untuk berpikir dari bekerja melalui sebagai teknik yang benar-benar membebaskan individu dari setiap sisa-sisa pola lama.

E.     TAHAPAN PEMBANGUNAN dan IMPLIKASI MEREKA UNTUK KERJA KELOMPOK
Bagian ini menjelaskan model pembangunan yang memiliki implikasi signifikan untuk kerja kelompok. Model ini didasarkan pada delapan Erikson tahap-tahap perkembangan manusia dan pada tahap-tahap perkembangan psikoseksual Freud. Kombinasi tersebut memberikan pemimpin kelompok dengan kerangka konseptual yang diperlukan untuk tren pemahaman dalam pembangunan, tugas perkembangan utama pada setiap tahap kehidupan, kebutuhan kritis dan kepuasan mereka atau frustrasi, potensi untuk pilihan pada setiap tahap kehidupan, titik balik kritis atau krisis, dan asal-usul pengembangan kepribadian yang rusak yang dapat menyebabkan konflik kepribadian kemudian.
Erikson (1963, 1982) dibangun di atas dan diperpanjang ide-ide Freud dengan menekankan aspek psikososial pembangunan. Meskipun ia berhutang budi intelektual Freud, ia tidak menerima semua pandangan Freud. Teori Erikson pembangunan menyatakan bahwa pertumbuhan psikoseksual dan psikososial terjadi bersama-sama dan bahwa pada setiap tahap kehidupan kita menghadapi tugas membangun kesetimbangan antara diri kita dan dunia sosial kita. Teori psikososial menekankan integrasi dari aspek biologis, psikologis, dan sosial dari pembangunan. Erikson menggambarkan perkembangan dalam hal rentang seluruh hidup, yang terbagi menjadi delapan tahap, masing-masing ditandai dengan krisis yang spesifik untuk diselesaikan. Menurut Erikson, setiap krisis merupakan titik balik dalam hidup. Pada titik-titik balik, kita baik mencapai resolusi sukses conflictsand kami bergerak maju atau gagal untuk menyelesaikan konflik dan kemunduran. Untuk sebagian besar, hidup kita adalah hasil dari pilihan yang kita buat pada setiap tahap.
Kerangka konseptual ini berguna untuk semua pemimpin kelompok, tanpa memandang orientasi teoretis mereka. Terlepas dari praktek kelompok satu model yang mendasari itu, pertanyaan-pertanyaan berikut harus dibesarkan sebagai hasil kerja kelompok:
ü  Apakah beberapa dari tema-tema yang memberikan kelangsungan hidup seseorang?
ü  Apa kekhawatiran yang sedang berlangsung klien dan konflik belum terselesaikan?
ü  Apa hubungan antara masalah-masalah saat ini individu dan peristiwa penting di tahun-tahun sebelumnya?
ü  Faktor-faktor apa uential infl telah membentuk karakter seseorang?
ü  Apakah titik balik utama dan krisis dalam kehidupan klien?
ü  Apa itu pilihan individu membuat di periode-periode kritis, dan bagaimana ia menangani krisis ini berbagai?
ü  Dalam arah ini orang tampaknya akan bergerak sekarang?

TAHAP 1
 Bayi- “kepercayaan versus ketidakpercayaan” (lahir pada 12 bulan)
Menurut Freud mengisap payudara ibu memenuhi kebutuhan bayi untuk makanan dan kesenangan. Menurut pandangan psikoanalitik, peristiwa periode ini sangat penting bagi perkembangan selanjutnya. Kemudian masalah kepribadian yang berasal dari tahap lisan termasuk pandangan curiga dunia, kecenderungan untuk menolak cinta, rasa takut mencintai dan mempercayai, dan ketidakmampuan untuk membangun hubungan intim.
Menurut Erikson (1963), tugas dasar seorang bayi adalah untuk mengembangkan rasa percaya diri, orang lain, dan dunia. Bayi perlu mengandalkan orang lain dan merasa diinginkan dan aman. Namun, jika orang tua tidak responsif terhadap kebutuhan bayi, mereka mengembangkan sikap ketidakpercayaan terhadap dunia, terutama pada hubungan interpersonal.
Implikasi bagi Kelompok Kerja. Hubungan antara ide-ide dan praktek psikoterapi kelompok tampaknya cukup jelas. Sebuah tema umum dieksplorasi dalam kelompok ini adalah perasaan tidak dicintai dan tidak dipedulikan dan kebutuhan akut bersamaan untuk seseorang yang sangat peduli dan cinta. Waktu demi waktu, anggota kelompok mengingat perasaan awal ditinggalkan, ketakutan, dan penolakan, dan banyak dari mereka telah menjadi terpaku pada tujuan menemukan "orang tua" simbolis yang akan menerima mereka. Dengan demikian, sebagian besar energi mereka diarahkan untuk mencari persetujuan dan penerimaan. Persoalan ini dipersulit oleh kenyataan bahwa, karena tidak mampu mempercayai diri mereka sendiri dan orang lain, mereka takut mencintai dan membentuk hubungan dekat.
Pemimpin kelompok dapat membantu klien-klien untuk mengekspresikan rasa sakit yang mereka rasakan dan bekerja melalui beberapa hambatan yang mencegah mereka dari mempercayai orang lain dan sepenuhnya menerima diri mereka sendiri. Erikson (1968) mengamati bahwa klien-klien cenderung mengekspresikan ketidakpercayaan dasar mereka dengan menarik diri ke dalam diri mereka setiap kali mereka bertentangan dengan diri mereka sendiri, orang lain, atau dunia. Perlu dicatat bahwa setiap tahap dibangun di atas hasil psikologis dari tahap sebelumnya (s). Dalam hal ini, membangun rasa percaya dasar merupakan dasar untuk pengembangan kepribadian kemudian.
Masalah yang terkait dengan masing-masing tahap perkembangan dapat menjadi nyata dalam grup analitik dimana keluarga asal yang direkapitulasi. Beberapa regresi untuk perilaku yang terkait dengan tahap-tahap awal perkembangan adalah umum dalam jenis kelompok. Misalnya, dalam tahap ini anggota terlebih dulu mungkin memproyeksikan perasaan bermusuhan ke pemimpin atau anggota lain Individu-individu mungkin merasa membenarkan menyembunyikan ketakutan realistis dan mungkin tidak memiliki cukup percaya untuk memeriksa proyeksi tersebut untuk akurasi. Sangat penting bahwa para pemimpin melakukan apa yang diperlukan untuk membangun suasana kelompok yang memungkinkan anggota untuk merasa aman sehingga mereka dapat mengeksplorasi proyeksi mungkin. Jika anggota tidak berkembang kepercayaan ini, dia bisa dengan mudah menjadi terisolasi dalam kelompok.
Ahli terapi kelompok analitik menggunakan pengetahuan mereka tentang tahap perkembangan untuk memahami pola di mana para anggota dapat komentar Pemimpin kelompok itu, pertanyaan, dan interpretasi kemudian dapat dibingkai "macet." Untuk membantu peserta mengatasi fiksasi dan krisis terkait dengan tahap perkembangan tertentu.

TAHAP 2
Awal masa anak-anak otonomi versus rasa malu dan keraguan” (12 bulan- 3 tahun)
Freud menyebut dua tahun hidup tahap anal. Tugas utama bahwa anak-anak harus menguasai selama tahap ini meliputi kemandirian belajar, kekuatan pribadi menerima, dan belajar bagaimana mengungkapkan perasaan negatif seperti kecemburuan, kemarahan, agresi, dan pengrusakan. Hal ini pada tahap ini bahwa anak-anak memulai perjalanan mereka ke arah otonomi. Mereka memainkan peran yang semakin aktif dalam mengurus kebutuhan mereka sendiri dan mulai berkomunikasi apa yang mereka inginkan dari orang lain. ini adalah juga waktu ketika mereka terus-menerus menghadapi tuntutan orang tua: mereka dilarang sepenuhnya mengeksplorasi lingkungan mereka, dan toilet training sedang dikenakan pada mereka. Pandangan Freud adalah bahwa perasaan dan sikap orangtua selama tahap ini memiliki konsekuensi signifi cant untuk pengembangan kepribadian kemudian.
Dari sudut pandang Erikson tahun antara usia 1 dan 3 adalah waktu untuk mengembangkan rasa otonomi. Anak-anak yang tidak menguasai tugas mendapatkan beberapa ukuran kontrol diri dan kemampuan untuk mengatasi dunia mengembangkan rasa malu dan keraguan tentang diri mereka sendiri dan kecukupan mereka. Pada usia ini anak perlu untuk menjelajahi dunia, bereksperimen dan menguji batas mereka, dan diperbolehkan untuk belajar dari kesalahan mereka. Jika orang tua melakukan terlalu banyak untuk anak-anak mereka, dapat membuat mereka tergantung, dan mereka cenderung menghambat otonomi anak-anak dan menghambat kemampuan mereka untuk merasa kompeten di dunia.
Implikasi bagi Kelompok Kerja. Dengan memahami dinamika tahap kehidupan, pemimpin kelompok dapat memperoleh akses ke banyak bahan yang bermanfaat. Banyak dari mereka yang mencari bantuan dalam kelompok tidak belajar untuk menerima kemarahan dan kebencian terhadap orang yang mereka cintai. Mereka perlu untuk berhubungan dengan bagian-bagian disowned dari diri mereka sendiri yang berada di bawah perasaan yang saling bertentangan. Untuk melakukan ini, mereka mungkin perlu untuk menghidupkan kembali mengalami kembali dan situasi di masa lalu mereka ketika mereka mulai menekan perasaan intens. Dalam lingkungan yang aman dari kelompok, mereka bisa secara bertahap mempelajari cara-cara untuk mengekspresikan terpendam mereka perasaan, dan bekerja melalui rasa bersalah terkait dengan beberapa emosi. Grup menawarkan banyak kesempatan untuk katarsis (mengekspresikan terpendam perasaan) dan untuk belajar kembali.


TAHAP 3
Usia prasekolahinisiatif versus bersalah” (3 - 6 tahun)
Dalam kegiatan tahap phallic seksual Freud menjadi lebih intens. Fokus perhatian adalah pada alat kelamin, dan identitas seksual mengambil bentuk. Mengelola anak-anak menjadi ingin tahu tentang tubuh mereka. Mereka menjelajahi mereka dan mengalami kesenangan dari stimulasi genital. Dan mereka menunjukkan meningkatnya minat dalam perbedaan antara jenis kelamin dan mengajukan pertanyaan tentang reproduksi. Cara di mana orangtua merespon, secara verbal dan nonverbal, dengan seksualitas anak-anak mereka muncul dan minat seksual sangat penting dalam mempengaruhi jenis sikap, seksual dan sebaliknya, anak-anak mereka berkembang.
Menurut pandangan Freudian, yang confl dasar ict satu pusat tahap phallic pada keinginan incest tidak sadar bahwa anak-anak mengembangkan untuk orang tua dari lawan jenis. Perasaan ini sangat mengancam, sehingga mereka ditekan, namun mereka tetap sebagai penentu kuat dari pengembangan kepribadian kemudian Seiring dengan keinginan untuk memiliki orang tua lawan jenis muncul keinginan tak sadar untuk menggantikan orang tua jenis kelamin yang sama, sebuah keinginan dicontohkan oleh pembunuhan ayah dalam mitos Oedipus.
Erikson, sebaliknya, menekankan bahwa tugas dasar dari tahun-tahun prasekolah adalah untuk membangun rasa kompetensi dan inisiatif. Ini adalah waktu untuk menjadi psikologis siap untuk melanjutkan kegiatan yang dipilihnya sendiri. Jika anak-anak diperbolehkan kebebasan untuk memilih kegiatan yang berarti, mereka cenderung untuk mengembangkan pandangan positif ditandai dengan kemampuan untuk memulai dan tindak lanjut. Tetapi jika mereka tidak diijinkan untuk membuat setidaknya beberapa keputusan sendiri atau jika pilihan mereka dikritik, mereka cenderung mengembangkan rasa bersalah karena mengambil inisiatif. Biasanya, mereka akan menahan diri dari mengambil sikap aktif dan akan semakin membiarkan orang lain membuat keputusan untuk mereka.
Implikasi bagi Kelompok Kerja. Dalam terapi dan kelompok konseling, peserta berjuang dengan masalah yang berkaitan dengan gender peran identitas. Banyak orang telah memasukkan gagasan-gagasan stereotip tentang apa artinya menjadi seorang wanita atau seorang pria, dan mereka telah ditekan akibatnya banyak dari perasaan mereka yang tidak sesuai stereotip ini. Kelompok A dapat menjadi tempat dimana individu menantang pandangan seperti membatasi dan menjadi lebih utuh.
Karena kekhawatiran tentang perasaan seksual, sikap, nilai, dan perilaku sering dirahasiakan, orang merasa sangat sendirian dengan masalah seksual mereka. Grup menawarkan kesempatan untuk mengekspresikan keprihatinan ini secara terbuka, untuk memperbaiki pembelajaran yang rusak, untuk bekerja melalui perasaan tertekan dan acara, dan untuk mulai merumuskan pandangan yang berbeda dari diri sendiri sebagai makhluk seksual perempuan atau laki-laki. Mungkin fungsi yang paling penting dari sebuah kelompok adalah memberikan klien izin untuk memiliki perasaan dan berbicara jujur tentang mereka.

TAHAP 4
USIA SEKOLAH Industri Vs Rendah diri (6-12 TAHUN)
Freudian menamainya masa kecil menengah tahap laten. Setelah aliran deras impuls seksual dari tahun-tahun sebelumnya, periode ini relatif diam. Ada penurunan minat seksual, yang digantikan oleh kepentingan di sekolah, teman bermain, olahraga, dan berbagai macam kegiatan baru. Sekitar usia 6, anak-anak mulai untuk menggapai hubungan baru.
Erikson menekankan aktif, bukan laten, aspek tahap ini dan tugas-tugas psikososial unik yang harus dipenuhi saat ini jika perkembangan yang sehat itu harus terjadi. Anak-anak perlu memperluas pemahaman mereka tentang dunia fisik dan sosial dan terus mengembangkan sesuai gender peran identitas. Mereka juga harus membentuk nilai-nilai pribadi, terlibat dalam tugas-tugas sosial, belajar untuk menerima orang yang berbeda dari mereka, dan memperoleh keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk sekolah. Menurut Erikson, tugas utama anak tengah adalah tercapainya rasa industri, dan kegagalan untuk melakukan hasil sehingga dalam arti tidak mampu dan rendah diri. Industri mengacu pada menetapkan dan mencapai tujuan yang berarti secara personal. Jika anak-anak gagal dalam tugas ini, mereka tidak mungkin merasa cukup sebagai orang dewasa, dan tahap-tahap perkembangan berikutnya akan dipengaruhi secara negatif.
Implikasi bagi Kelompok Kerja. Beberapa masalah yang berasal pada tahap ini bahwa para pemimpin kelompok mungkin berharap menemukan menyertakan negatif konsep diri, perasaan tidak mampu yang berkaitan dengan belajar, perasaan rendah diri dalam membangun hubungan sosial, konflik nilai-nilai, identitas gender peran bingung, keengganan untuk menghadapi tantangan baru, ketergantungan, dan kurangnya inisiatif. hal ini penting bahwa anggota belajar mengenali pola-pola yang berasal selama masa kanak-kanak karena pola-pola pasti akan terungkap dalam kelompok.
Untuk melihat bagaimana pengetahuan pemimpin dari masalah dan janji-janjinya dapat membantu proses terapi, mari kita lihat peserta yang menderita perasaan rendah diri. Rachel takut gagal sehingga dia shies jauh dari perguruan tinggi karena dia yakin dia tidak pernah bisa datang. Dalam kelompok, dia dapat dibantu untuk melihat kemungkinan hubungan antara perasaan tidak mampu dan beberapa peristiwa yang terjadi ketika ia masih di sekolah dasar. Mungkin dia memiliki serangkaian pengalaman belajar yang negatif, seperti diberitahu, secara terbuka atau tidak, oleh guru bahwa ia bodoh dan tidak bisa belajar. Sebelum Rachel dapat mengatasi perasaannya bahwa dia tidak bisa memenuhi tuntutan kuliah, dia mungkin harus kembali ke peristiwa traumatis masa kecilnya, menghidupkan kembali mereka, dan mengekspresikan rasa sakit ia rasakan. Melalui dukungan kelompok ia bisa mengalami banyak dari perasaan tertekan dan mulai menempatkan peristiwa masa lalunya dalam perspektif yang berbeda. Akhirnya, ia juga dapat dating menyadari bahwa dia tidak harus meninggalkan karir akademik sekarang karena sesuatu yang terjadi di sekolah dasar.

TAHAP 5
Remajaidentitas versus identitas kebingungan” (12- 20 tahun)
Masa remaja adalah tahap transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa. Ini adalah waktu untuk terus menguji batas, menolak hubungan ketergantungan, dan membangun identitas baru. Hal ini sebagian besar dari semua waktu konflik, khususnya antara keinginan untuk melepaskan diri dari kontrol orangtua dan takut membuat independen keputusan dan hidup dengan konsekuensinya. Masa remaja ditandai dengan kebangkitan perasaan Oedipus. Dari perspektif Freudian, kompleks Oedipus adalah keinginan bawah sadar dari anak untuk ibunya, bersama dengan perasaan permusuhan dan rasa takut terhadap ayahnya.
Pada masa remaja teori Freud memulai tahap akhir perkembangan psikoseksual, tahap genital, yang merupakan tahap terpanjang dan meluas jauh melampaui masa remaja. Ini dimulai pada saat pubertas dan berlangsung sampai kepikunan merasuk, pada saat individu cenderung mundur ke tahap sebelumnya. Erikson tidak percaya bahwa perkembangan kepribadian berakhir dengan pubertas, lalu dipisahkan-tahap genital Freud menjadi empat tahap perkembangan, dimulai dengan masa remaja. Dia melihat krisis yang mencirikan remaja-identitas krisis sebagai yang paling penting dari kehidupan.
Apa yang dimaksud Erikson dengan krisis identitas? Ia berarti bahwa kebanyakan konflik dari tahun-tahun remaja terkait dengan pengembangan identitas pribadi. Remaja berjuang untuk menentukan siapa mereka, di mana mereka akan pergi, dan bagaimana mereka akan sampai di sana. Karena semua jenis perubahan-fisik maupun sosial- sedang berlangsung dan karena masyarakat berlaku tekanan yang beragam, banyak remaja mengalami kesulitan untuk menemukan identitas stabil. Mereka sering mengalami tekanan dan tuntutan yang saling bertentangan. Di tengah kekacauan ini, remaja memiliki tugas akhirnya memutuskan di mana ia berdiri dalam menghadapi harapan-harapan yang bervariasi. Jika remaja gagal, hasil identitas kebingungan, dan orang tersebut akan kekurangan tujuan dan arah dalam beberapa tahun kemudian.
Implikasi bagi Kelompok Kerja. Dalam kelompok banyak banyak waktu dikhususkan untuk eksplorasi dan resolusi ketergantungan / kemandirian konflik yang biasa terjadi pada masa remaja. Sebuah perjuangan pusat melibatkan proses pemisahan dari orang tua seseorang dan bergerak ke arah individualitas atau otonomi.
Pada saat satu atau beberapa anggota mungkin memanifestasikan sikap memberontak terhadap pemimpin. Meskipun menantang pemimpin sering sinyal bergerak ke arah kemerdekaan, menyerang seorang pemimpin mungkin merupakan gejala dari pemberontakan terhadap orang tua atau otoritas lainnya. Sangat penting bahwa para pemimpin menyadari sendiri dinamika dan countertransferences potensial, terutama ketika dihadapkan dengan cara ini oleh anggota. Pemimpin akan cenderung untuk bereaksi defensif jika mereka memahami sifat transferensi dari perilaku ini.
Masalah yang belum terselesaikan dari masa remaja adalah terwujud dalam banyak masalah bahwa orang dewasa membawa ke grup. Sampai dewasa mengenali masalah yang belum selesai dari tahun sebelumnya, mereka tidak dapat secara efektif memenuhi tantangan yang disajikan oleh tahap lain kehidupan.

TAHAP 6
Awal dewasaKeintiman versus isolasi” (20 -35 tahun)
Dalam pandangan Erikson kita memasuki masa dewasa setelah kita telah menguasai konflik remaja dan membentuk identitas pribadi fi rm. Selama masa dewasa, tahap keenam dini, pengertian kita tentang identitas diuji lagi dengan tantangan keintiman dibandingkan isolasi.
Karakteristik penting dari orang dewasa secara psikologis adalah kemampuan untuk membentuk hubungan intim. Untuk mencapai keintiman sejati dengan orang lain, kita perlu memiliki keyakinan dalam identitas kita sendiri. Keintiman melibatkan komitmen dan kemampuan untuk berbagi dan memberi dengan keterpusatan kita sendiri; kegagalan untuk mencapai keintiman menyebabkan alienasi dan isolasi. Awal masa dewasa juga merupakan waktu untuk berfokus pada kepentingan seseorang, untuk menjadi didirikan pada pekerjaan, dan untuk mengukir gaya hidup yang memuaskan. Ini adalah waktu untuk impian dan rencana hidup tetapi juga waktu untuk produktivitas.
Implikasi bagi Kelompok Kerja. Dalam kelompok dewasa banyak waktu yang cukup dikhususkan untuk mengeksplorasi prioritas anggota. Peserta perjuangan dengan masalah keintiman interpersonal, berbicara tentang mimpi mereka yang tidak terpenuhi, mempertanyakan kebermaknaan pekerjaan mereka, bertanya-tanya tentang masa depan, dan mengevaluasi kembali pola hidup mereka untuk menentukan perubahan apa yang mereka butuhkan. Mungkin nilai terbesar dari kelompok orang yang terlibat dalam perjuangan ini adalah kesempatan untuk melihat lagi mimpi mereka dan rencana hidup dan menentukan sejauh mana kehidupan mereka dari aspirasi ini. Jika kesenjangan yang besar, para peserta didorong untuk menggunakan kebiasaan merubah situasi.
Biasanya, orang dewasa muda membawa ke grup masalah yang terkait dengan hidup dengan orang lain dan membangun sebuah keluarga. Perjuangan utama periode ini adalah krisis keintiman, konflik antara kebutuhan untuk mempertahankan rasa keterpisahan sendiri dan kebutuhan untuk membangun hubungan dekat. Keberhasilan resolusi krisis keintiman melibatkan mencapai keseimbangan antara mengurus diri sendiri dan secara aktif merawat orang lain. Mereka yang gagal untuk menyerang keseimbangan ini baik secara eksklusif memfokuskan pada kebutuhan orang lain, sehingga mengabaikan kebutuhan mereka sendiri, atau egois dan memiliki sedikit ruang untuk kekhawatiran tentang orang lain. Kualitas kemampuan dewasa muda untuk membentuk hubungan interpersonal adalah sangat dipengaruhi oleh apa yang terjadi selama perkembangan awal.
Bagaimana anggota berurusan dengan keintiman dalam kelompok mengungkapkan pola yang mereka pelajari tentang mendapatkan dekat atau jauh menjaga selama masa dewasa muda mereka. Bagi banyak orang dalam kelompok, membentuk ikatan yang erat dengan orang lain adalah sangat sulit. Pola yang tidak nyaman dan ketakutan dari kedua menerima dan memberikan cinta dan kasih sayang mungkin akan terungkap di sesi kelompok. Itu kelompok merupakan tempat yang ideal bagi anggota yang berjuang dengan masalah keintiman untuk mengenali dan menantang ketakutan mereka.

TAHAP 7
Usia dewasa pertengahangenerativitas VS Stagnasi (35- 65 tahun)
Tahap ketujuh ditandai oleh kebutuhan untuk melampaui diri kita dan keluarga kita dan untuk terlibat secara aktif dengan membantu dan membimbing generasi berikutnya. Ini adalah saat ketika kita cenderung untuk terlibat dalam pemeriksaan ulang filosofis tentang bagaimana kita hidup, yang sering mengarah ke penciptaan kembali cara kita menjadi. Tahun-tahun dewasa dapat menjadi salah satu periode paling produktif dari kehidupan kita, tetapi mereka juga dapat memerlukan pengalaman menyakitkan menghadapi perbedaan tersebut antara apa yang kita berangkat untuk menyelesaikan pada masa dewasa awal dan apa yang kita telah benar-benar tercapai.
Erikson melihat stimulus bagi pertumbuhan yang berkelanjutan selama tahap ini dalam konflik antara pembangkitan dan stagnasi. Pembangkitan adalah konsep yang luas yang diwujudkan dalam kemampuan untuk mencintai dengan baik, bekerja dengan baik, dan bermain dengan baik. Jika orang gagal untuk mencapai rasa kompetensi pribadi, mereka mulai stagnan dan mati secara psikologis. Ketika mencapai usia pertengahan, kita menjadi lebih tajam menyadari kematian tidak dapat ditolak sendiri akhirnya kami. Kesadaran kematian adalah salah satu fitur utama dari krisis paruh baya dan warna evaluasi kita tentang apa yang kita lakukan dengan hidup kita.
Implikasi bagi Kelompok Kerja. Perubahan yang terjadi selama tahap kehidupan dan krisis dan konflik yang menemani mereka merupakan peluang berharga untuk kerja kelompok. Peserta sering ditantang untuk membuat penilaian baru, penyesuaian, dan pilihan untuk membuka kemungkinan baru dan mencapai tingkat baru makna. Pengetahuan pembangunan dewasa memungkinkan pemimpin kelompok untuk melihat keputusasaan yang beberapa pengalaman orang selama usia pertengahan dan untuk membantu mereka melampaui pandangan destruktif yang Dibutuhkan kepemimpinan peduli dan terampil untuk menginspirasi orang untuk melihat "itu saja yang ada untuk hidup." untuk makna baru dan untuk "menemukan diri" dengan cara baru.

TAHAP 8
Lanjut usia-Integritas VS putus asa (di atas 65 tahun)
Tahap kedelapan, dan terakhir, hidup menghadapkan individu dengan tugas perkembangan penting, seperti menyesuaikan dengan kematian pasangan atau teman, menjaga kepentingan luar, menyesuaikan dengan pensiun, dan menerima kerugian dalam kapasitas fisik dan sensorik. Tapi tugas utama tahap akhir sedang mengkaji masa lalu dan menarik kesimpulan.
Menurut Erikson, resolusi sukses dari krisis inti dari tahap-konflik antara integritas dan keputusasaan-tergantung pada bagaimana orang melihat ke belakang pada masa lalu. Ego integritas dicapai oleh mereka yang merasa menyesal sedikit. Mereka melihat diri mereka sebagai menjalani kehidupan yang produktif dan bermanfaat, dan mereka merasa bahwa mereka telah berupaya dengan kegagalan mereka serta keberhasilan mereka. Mereka tidak terobsesi dengan apa yang mungkin telah dan dapat memperoleh kepuasan dari apa yang telah. Mereka melihat kematian sebagai bagian dari proses hidup dan masih dapat menemukan makna dan kepuasan dalam waktu yang tersisa. Kegagalan untuk mencapai integritas ego sering menyebabkan perasaan putus asa, putus asa, rasa bersalah, kemarahan, dan penolakan diri.
Implikasi untuk orang dewasa. Kelompok Kerja Lama semakin sadar bahwa mereka memiliki waktu yang terbatas lagi untuk hidup, dan banyak dari masalah mereka dapat produktif dibahas dalam kelompok. Mereka menyadari bahwa kegembiraan yang terkait dengan usia tua, seperti kebijaksanaan dan integritas, terbatas dengan cara yang tidak diakui dalam tahun sebelumnya (Henderson & Gladding, 2004).  Tema lazim dengan orang dewasa termasuk kehilangan dan kesedihan; kesepian dan isolasi sosial; kemiskinan; perasaan penolakan; perjuangan untuk mencari arti kehidupan, ketergantungan, perasaan tidak berguna, putus asa putus asa, dan; kematian tidak dapat ditolak; kesedihan atas kerusakan fisik dan mental, dan penyesalan atas peristiwa masa lalu. Meskipun tema-tema ini menyajikan kesulitan besar untuk orang tua banyak, mereka juga memiliki berbagai pengalaman hidup dan kekuatan pribadi yang sering diabaikan. Kerja kelompok dengan orang dewasa yang lebih tua adalah salah satu cara untuk mempromosikan aspek-aspek positif penuaan serta membantu peserta mengatasi tugas-tugas yang terkait dengan tahap kehidupan. Sifat interpersonal kelompok dapat menjadi terapi untuk orang tua, terutama mereka yang terisolasi dan kesepian (Henderson & Gladding, 2004).
Isu-isu penting dari tahap kehidupan memiliki implikasi tidak hanya bagi para pemimpin kelompok kerja dengan orang dewasa tetapi juga bagi mereka yang bekerja dengan orang dewasa muda atau setengah baya. Sebagai orang mulai melihat tahun-tahun lewat, mereka merasa tekanan untuk membuat sesuatu dari kehidupan mereka. Ketakutan sendirian ketika mereka sudah tua atau ketergantungan finansial atau fisik pada orang lain mulai permukaan. Pemimpin kelompok dapat membantu para anggota mempersiapkan sekarang untuk kehidupan yang memuaskan saat mereka tumbuh dewasa. Menanyakan "Apa yang akan Anda ingin dapat katakan tentang hidup Anda ketika Anda mencapai usia tua?" Adalah cara yang baik untuk memulai. Apa anggota mengatakan untuk menjawab pertanyaan ini (untuk diri mereka sendiri dan dalam kelompok) dapat infl uence keputusan mereka butuhkan untuk membuat sekarang dan spesifik c langkah yang harus mereka ambil untuk mencapai rasa integritas pada usia lanjut.

F.      Tren Kontemporer dalamTeori Grup Psychoanalitic
Teori psikoanalitik terus berkembang. Ide-ide Freud didasarkan pada psikologi id, ditandai dengan konflik atas kation gratifi kebutuhan dasar. Kemudian, penulis di sekolah psikologis sosial pindah dari posisi ortodoks Freud dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan perluasan gerakan psikoanalitik dengan memasukkan uences infl budaya dan sosial pada kepribadian. Lalu ego psikologi, stres pada pengembangan psikososial sepanjang rentang kehidupan, dikembangkan oleh Erikson, antara lain. Anna Freud, dengan identifikasi nya mekanisme pertahanan, adalah tokoh sentral dalam psikologi ego meskipun dia tidak terlalu terkait dengan rentang hidup kepentingan Erikson.
Pendekatan psikoanalitik sedang diterapkan untuk kedua terapi keluarga dan terapi kelompok sistem, dan beberapa psikoanalis kontemporer menekankan dimensi interpersonal yang lebih dari aspek wawasan terapi. Hal ini berlaku dari kedua teori hubungan objek dan teori lampiran. Menurut Strupp (1992), pengertian ict confl sadar masih mendasar bagi pemikiran psikodinamik. Namun, lebih banyak perhatian sekarang sedang diberikan kepada struktur internal dari kepribadian yang signifi kan dipengaruhi oleh pengalaman dengan signifikan tokoh pada masa bayi seseorang dan anak usia dini. Strupp mencatat bahwa kompleks Oedipus tidak lagi dianggap sebagai fenomena universal. Sebaliknya, ada peningkatan fokus gangguan dan penangkapan pada masa bayi dan anak usia dini yang berasal dari kekurangan dalam hubungan ibu-anak.
1.      Teori Relasi Objek
Teori psikoanalitik diperluas untuk mencakup teori relasi objek pada 1970-an dan 1980-an. Hubungan-hubungan objek adalah hubungan interpersonal seperti yang diwakili intrapsychically. Meskipun tidak ada sekolah, tunggal yang berlaku umum atau teori hubungan-hubungan objek, pendekatan ini mencakup psikologi diri dan psikoanalisis relasional. Banyak teori telah memberikan kontribusi ide-ide untuk sebuah badan yang berkembang dari konsep-konsep yang berhubungan dengan hubungan-hubungan objek (St Clair, 2004).
Obyek adalah istilah yang digunakan oleh Freud untuk menyebut bahwa yang memenuhi kebutuhan, atau kepada orang atau hal yang signifikan adalah objek atau target perasaan seseorang atau drive. Hal ini digunakan bergantian dengan istilah lain untuk menyebut orang penting kepada siapa anak dan, kemudian, orang dewasa menjadi terikat. Saat lahir, bayi tidak memiliki rasa keterpisahan; diri dan lainnya menyatu. Proses pemisahan / individuasi dimulai ketika bayi merasakan bahwa kesenangan dan ketidaknyamanan berhubungan dengan objek eksternal untuk diri sendiri.
Mahler (1968) berpendapat individu dimulai dalam keadaan fusi psikologis dengan ibu dan berkembang secara bertahap untuk pemisahan. Krisis belum selesai dan residu dari keadaan sebelum penggabungan, serta proses individuasi, memiliki pengaruh besar pada hubungan kemudian. Relasi objek kemudian membangun pencarian anak untuk berhubungan kembali dengan ibu (St Clair, 2004). Praktisi psikoanalitik percaya ada kontinuitas dalam pengembangan diri lainnya hubungan dari asal kanakan mereka untuk keterlibatan dewasa dengan orang lain. Dengan demikian, hubungan-hubungan objek adalah hubungan interpersonal yang membentuk interaksi saat individu dengan orang lain (St Clair, 2004).
Kecenderungan teoritis kontemporer di pusat-pusat pemikiran psikoanalisis pada urutan perkembangan diprediksi di mana pengalaman awal dari pergeseran diri dalam kaitannya dengan kesadaran memperluas orang lain. Setelah diri lain pola ditetapkan, diasumsikan, mereka kemudian mempengaruhi hubungan interpersonal. Pengaruh ini terjadi melalui proses mencari jenis pengalaman yang paling mendekati pola yang dibentuk oleh pengalaman awal. Teori-teori baru memberikan informasi tentang dunia batin individu dapat menyebabkan kesulitan dalam hidup di dunia nyata orang dan hubungan (St Clair, 2004). Perkembangan psikologis dapat dianggap sebagai evolusi dari cara di mana individu membedakan diri dari orang lain.
Terapi relasi objek didasarkan pada premis bahwa awal kehidupan individu memiliki drive yang dipenuhi melalui keterikatan pada orang-orang tertentu, terutama orang tua. Interaksi ini awal meletakkan dasar bagi pola hubungan di kemudian hari (Marshall & Fitch, 2009). Dalam kerja kelompok, peserta dapat mengalami bagaimana mereka membawa pola yang sangat awal ke interaksi mereka saat ini. Sebagai contoh, anggota kelompok yang muncul erat terlibat dengan orang lain pada satu pertemuan mungkin tampak jauh dan dihapus di depan, meninggalkan semua orang bertanya-tanya apa yang terjadi pada tingkat pekerjaan yang tampaknya telah dicapai. Pola ini mungkin mengulang apa yang Mahler (1968) menyebut "ambitendency" dari bayi yang pergi bolak-balik antara ingin dipegang oleh ibunya dan ingin dibiarkan bebas berkeliaran dan mengeksplorasi. Dalam kelompok terapi, peserta bekerja melalui diri sendiri pola interaksional. Tujuan utama dalam kelompok terapi adalah untuk menciptakan pengalaman emosional korektif dan mengubah diri sendiri pola hubungan (Marshall & Fitch, 2009).
2.      Teori pelengkap dan psikoterapi kelompok
John Bowlby (1988) mempelajari pentingnya pelengkapan, pemisahan, dan kerugian dalam pengembangan manusia dan mengembangkan teori pelengkap, salah satu ekstensi beberapa teori psikoanalitik. Lampiran melibatkan ikatan emosional dengan orang lain yang dianggap sebagai sumber keamanan (Pistole & Arricale, 2003). Menurut Bowlby, obligasi sayang bahwa bayi memiliki dengan orang lain, terutama ibu (atau "keterikatan tokoh"), sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Bayi hubungan lampiran dapat secara luas dianggap aman atau tidak aman. Kualitas perawatan bayi menerima berkaitan dengan kualitas hubungan yang individu di kemudian hari (Peluso, Peluso, White, & Kern, 2004).
Menurut Marshall dan Fitch (2009), pengalaman kelompok terapi membantu anggota memenuhi kebutuhan mereka untuk menjadi terlibat dengan orang lain, karena merasa terlampir, dan untuk merasa dihargai. Lampiran teori, yang dapat dianggap sebagai keturunan dari objek teori hubungan, adalah bagian dari model relasional lebih baru dalam pendekatan psikodinamik. Flores (2008) berpendapat bahwa teori ini mensintesis ide-ide terbaik dari psikoanalisis, kognitif ilmu, penelitian perkembangan anak, dan neurobiologi. Dia menyatakan: "Lampiran adalah motivasi utama kekuatan dengan dinamika sendiri, dan dinamika ini memiliki konsekuensi yang luas dan kompleks, tidak hanya untuk pembangunan tetapi juga untuk pentingnya hubungan dan aliansi dalam pengobatan "(hal. 128).
3.      Gangguan kepribadian narsis dan borderline
Mungkin perkembangan yang paling berpengaruh teori psikoanalitik terakhir melibatkan gangguan kepribadian borderline dan narsis. Fitur penting dari kepribadian borderline adalah pandangan yang tidak stabil dari diri sendiri dan ketidakstabilan dalam berhubungan dengan orang lain. Dengan individu borderline, hubungan didominasi oleh kebutuhan untuk bertahan melawan takut ditinggalkan atau penolakan. Fitur penting dari gangguan kepribadian narsistik adalah pola meresap kebesaran, hipersensitivitas terhadap evaluasi orang lain, dan kurangnya empati. Setiap hubungan dengan individu narsisistik membutuhkan sanjungan dan respon yang sempurna dari pasangan (Masterson, 1997). Kedua pola kepribadian mulai dengan awal masa dewasa. Di antara teori yang paling significant di daerah ini adalah Kernberg (1975, 1976) dan Kohut (1971, 1977, 1984). Kohut menyatakan bahwa orang sehat dan baik ketika mereka dapat merasa baik kemerdekaan dan lampiran, dengan sukacita dalam diri mereka dan juga mampu mengidealkan orang lain.
Teori relasi objek baru menyoroti pada pemahaman gangguan kepribadian. Menurut St Clair (2004), gangguan borderline dan narsis tampaknya hasil dari trauma dan gangguan perkembangan pada pemisahan / individuasi. Namun, manifestasi penuh dari gejala kepribadian dan perilaku cenderung berkembang pada masa remaja atau awal masa dewasa. Gejala narsis dan perbatasan, seperti kemahakuasaan, kebesaran, pemecahan (suatu proses defensif untuk menjaga perasaan tidak kompatibel terpisah), adalah manifestasi perilaku tugas perkembangan yang terganggu atau tidak selesai sebelumnya.
Kepribadian borderline. Sebuah gangguan kepribadian borderline dicirikan dengan mengalami mudah marah, merusak diri sendiri tindakan, impulsive kemarahan, dan perubahan suasana hati yang ekstrim. Orang dengan dinamika borderline biasanya mengalami waktu kekecewaan yang lama diselingi oleh acara-acara euforia. Hubungan interpersonal sering intens dan tidak stabil, ditandai dengan perubahan sikap dari waktu ke waktu. Memisahkan adalah istilah yang sering dikaitkan dengan kecenderungan orang dengan karakteristik perbatasan untuk berpikir dalam "baik-atau" kategori. Sebagai contoh, anggota kelompok yang sebelumnya dihargai (atau terapis) tiba-tiba dapat dilihat sebagai tidak berharga jika ia marah member yang menunjukkan fitur batas. impulsif dan perilaku tak terduga sering dapat menyebabkan kerusakan fisik. Gangguan identitas ditandai umumnya dimanifestasikan oleh ketidakpastian tentang masalah kehidupan yang berkaitan dengan citra diri, tujuan orientasi seksual, pilihan karir, dan jangka panjang. Kernberg (1975) menggambarkan sindrom sebagai termasuk kurangnya identitas yang jelas, kurangnya pemahaman yang mendalam tentang orang lain, kontrol impuls yang buruk, dan ketidakmampuan untuk mentolerir kecemasan. Dalam beberapa tahun terakhir lebih banyak kejelasan tentang individu dengan dinamika batas telah muncul, terutama karena karya Kernberg dan teoretikus lain. Mereka mungkin lebih teratur dari pasien neurosis tetapi lebih terintegrasi dibandingkan orang psikotik. Orang yang menampakkan dinamika batas belum sepenuhnya tercapai pemisahan / individuasi dan cenderung memiliki struktur, kepribadian kacau primitif.
William Blau (komunikasi pribadi, 1 Maret 2009) menunjukkan bahwa diagnosis kepribadian borderline sedang diterapkan lebih luas dalam pengaturan klinis. Beberapa penulis menggambarkan individu dengan gangguan kepribadian borderline sebagai yang terutama ditandai oleh ketidakmampuan untuk secara efektif mengelola intensitas emosional, yang merupakan pandangan yang kurang pathologizing. Blau percaya orang dengan karakteristik perbatasan yang amenable untuk pengobatan, meskipun masalah mereka mungkin lebih sulit untuk diselesaikan dari neurosis sederhana karena mereka tertanam dalam pola kepribadian yang relatif permanen. Dia juga lebih memilih untuk mengacu pada batas "dinamika" daripada batas pandangan Blau adalah konsisten dengan Yalom (2005), yang berpendapat bahwa gangguan kepribadian tidak mewakili kategori diagnostik homogen "kepribadian.". Yalom menyatakan bahwa mendiagnosa apakah seseorang memiliki gangguan kepribadian tergantung pada karakteristik individu yang diskrining bukan pada kategori diagnostik yang luas.
Implikasi bagi Kelompok Kerja. Menurut Yalom (2005), masalah inti dari individu dengan fitur batas terletak di daerah keintiman, dan kelompok pengaturan menawarkan faktor terapeutik kekompakan dan pengujian realitas. Dia berpendapat bahwa jika individu-individu dapat menerima umpan balik dan pengamatan disediakan oleh anggota lain, dan jika perilaku mereka tidak sangat mengganggu, kelompok dapat menawarkan mereka perlindungan mendukung dari stres sehari-hari. Meskipun individu dengan dinamika batas dapat mengekspresikan primitif, kebutuhan kacau dan ketakutan, mereka terus-menerus dihadapkan dengan realitas melalui proses kelompok, yang membantu menjaga perasaan ini agak terkendali. Yalom menulis bahwa orang dengan gangguan borderline disebut terapi kelompok bukan karena mereka bekerja dengan baik atau mudah dalam kelompok tetapi karena mereka begitu kesulitan untuk mengobati dalam terapi individu.
Klien dengan kepribadian borderline dapat diobati dengan format yang dikembangkan oleh kelompok Linehan (1993b), yang didasarkan pada terapi perilaku dialektis (DBT). DBT mencakup beberapa konsep psikodinamik dalam perilaku kognitif kerangka. Keterampilan DBT kelompok pelatihan harus digunakan dengan membatasi klien bersama dengan psikoterapi individu. Kelompok DBT memvalidasi perilaku klien "seperti di saat ini," menghadapi perlawanan, dan menekankan "hubungan terapeutik sebagai penting untuk pengobatan" saat mengajar klien keterampilan yang diperlukan untuk mengubah (Linehan, 1993b, hal 5-6). Topik ini diambil dalam lebih rinci dalam Bab 13 pada terapi perilaku kognitif.
Bagi mereka yang tertarik belajar lebih banyak tentang mengobati orang dengan gangguan kepribadian borderline dari perspektif hubungan objek, lihat Clarkin, Yeomans, dan Kernberg (2006). Ada diskusi yang sangat baik dari bekerja dengan Bagi mereka yang tertarik belajar lebih banyak tentang mengobati orang dengan gangguan kepribadian borderline dari perspektif hubungan objek, lihat Clarkin, Yeomans, dan Kernberg (2006). Ada diskusi yang sangat baik dari bekerja dengan orang dengan gangguan borderline dan narsis dalam kelompok terapi psikodinamik di Rutan, Batu, dan Shay (2007).
Anak-anak Kepribadian narsisistik yang tidak memiliki kesempatan baik untuk membedakan atau untuk mengidealkan orang lain sementara juga rasa bangga dalam diri mereka sendiri kemudian dapat menderita gangguan kepribadian narsistik. Sindrom ini ditandai dengan rasa berlebihan diri penting dan sikap eksploitatif terhadap orang lain, yang melayani fungsi masking yang lemah konsep diri. Individu tersebut cenderung menampilkan perilaku ekshibisionis. Mereka mencari perhatian dan kekaguman dari orang lain, dan mereka cenderung ke arah ekstrim diri penyerapan. Narsisme juga dapat menampilkan diri sebagai sangat rendah harga diri dan overreadiness untuk menjunjung tinggi.
Kernberg (1975) ciri orang dengan dinamika narsis sebagai berfokus pada diri mereka sendiri dalam interaksi mereka dengan orang lain, memiliki kebutuhan besar untuk dikagumi, memiliki dangkal mempengaruhi, dan menjadi eksploitatif dan pada waktu membangun hubungan parasit dengan orang lain. Dia menulis bahwa individu yang berorientasi narsistik memiliki kehidupan emosional yang dangkal, menikmati sedikit selain upeti yang diterima dari orang lain, dan cenderung terdepresiasi mereka dari siapa mereka mengharapkan kesenangan narsis sedikit.
Ada juga tren yang berkembang untuk melihat narsisisme sebagai kurangnya mencolok dari harga diri. Kohut (1971) ciri narsistik orang yang berorientasi sebagai sangat terancam dalam mempertahankan harga diri mereka dan memiliki perasaan kekosongan dan kematian. Individu ini biasanya mencari seseorang yang akan menjadi objek untuk memberi makan diri kelaparan. Kohut menggunakan selfobject istilah untuk menyebut seseorang yang digunakan untuk mendorong narsisis harga diri dan rasa kesejahteraan. Klien ini mencari orang yang mereka dapat mengagumi kekuasaan mereka karena mereka melihat diri mereka sebagai berharga hanya jika mereka berhubungan dengan selfobjects tersebut. Namun kekosongan batin mereka tidak dapat dipenuhi, sehingga pencarian mereka untuk rmation kerahasiaan oleh orang lain adalah yang tidak pernah berakhir. Karena mereka yang miskin rasa diri dan batas-batas tidak jelas mereka antara diri dan orang lain, mereka memiliki  kesulitan membedakan antara pikiran dan perasaannya sendiri dan orang lain.
Implikasi bagi Kelompok Kerja. Yalom (2005) membahas masalah yang muncul ketika individu dengan dinamika narsis masuk terapi kelompok. Mereka biasanya memiliki kesulitan berbagi waktu kelompok, memahami dan berempati dengan orang lain, dan membentuk hubungan dengan anggota lain. Klien-klien memiliki kebutuhan konstan untuk panggung. Mereka sering menilai kegunaan suatu kelompok kepada mereka dalam hal berapa banyak waktu yang dikhususkan untuk mereka dan berapa banyak perhatian yang mereka terima dari terapis. Mereka cenderung bosan dan tidak sabar sementara anggota lain bekerja, dan mereka juga cenderung untuk mengalihkan diskusi kembali ke diri mereka sendiri. Individu-individu memiliki harapan yang realistis dari anggota lain. Mereka merasa bahwa mereka istimewa dan pantas perhatian kelompok, namun mereka tidak bersedia untuk memberikan perhatian kepada orang lain. Menurut Yalom, tugas utama terapis adalah untuk mengelola anggota yang sangat rentan seperti dalam kelompok. Itu pemimpin harus fokus pada anggota cara yang menampilkan sifat narsis berhubungan dengan orang lain dalam kelompok
Dalam Terapi Kelompok Interaktif, Earley (2000) menyediakan diskusi informatif tentang tantangan menangani anggota yang menunjukkan kecenderungan batas dan narsis. Salah satu masalah utama bagi para pemimpin kelompok adalah potensi kontratransferensi reaksi yang membangkitkan di dalamnya. Kemarahan intens dan pertahanan membelah bahwa orang dengan gangguan borderline sering menampilkan dapat menghasilkan pemimpin menjadi terintimidasi oleh kemarahan klien atau dengan menjadi marah kembali. Para kebesaran, keegoisan, dan merendahkan komentar dari anggota menampilkan kecenderungan narsis juga dapat menimbulkan perasaan intens kemarahan pada kedua pemimpin dan anggota. Earley menyatakan bahwa anggota dengan gangguan borderline dan narsis cenderung memprovokasi reaksi intens dalam terapi kelompok. Hal ini membuatnya sangat penting bagi terapis untuk menyadari reaksi mereka terhadap anggota-anggota tertentu, untuk menghindari bertindak atas perasaan mereka sebanyak mungkin, dan untuk mencari pengawasan bila diperlukan.
Menurut J. Michael Russell (komunikasi pribadi, 16 Januari 2010), reaksi kontratransferensi dapat nilai dalam memahami anggota kelompok dengan karakteristik perbatasan dan narsistik. Sifat yang awalnya mungkin menimbulkan reaksi negatif dapat diperlakukan lebih terapi jika pemimpin kelompok perasaan dipahami sebagai akibat dari anggota mencoba untuk berkomunikasi sesuatu tentang lama gaya interaksi. Misalnya, kemurungan anggota yang bisa dipandang sebagai upaya untuk mengkomunikasikan sifat murung dari beberapa hubungan orangtua dini.
Semangat psikoanalisis membutuhkan waktu untuk membentuk hubungan yang mendalam dengan agenda minimum dalam bingkai terstruktur. Beberapa alat yang paling ampuh untuk memahami organisasi dan kepribadian narsistik muncul dalam tradisi ini. Cara kerja menarik dari model perkembangan Mahler dan visi bersaing transferensi dan kontratransferensi diajukan oleh Kernberg dan Kohut.
4.      Masa depan terapi yang berorientasi psikoanalisis
Pada tahun 1992 Strupp menulis bahwa berbagai modifikasi psikoanalisis "telah diresapi psikoterapi psikodinamik dengan vitalitas baru dan kekuatan" (hal. 25). Dalam prediksinya, ia menyarankan bahwa pendekatan ini akan mengalami revisi lebih lanjut dan akan mempertahankan keunggulan dalam individu, kelompok, perkawinan,
dan terapi keluarga. Meskipun bentuk psikodinamik kontemporer menyimpan

jauh dalam banyak hal dari penekanan Freud asli pada drive, konsep dasar motivasi tidak sadar, pengaruh pengembangan awal, transferensi, kontratransferensi, dan resistensi masih pusat untuk terapi psikodinamik yang lebih baru. Strupp juga mencatat penurunan praktik berdasarkan model analitik klasik, karena alasan seperti komitmen waktu, biaya, aplikasi terbatas pada populasi klien beragam, dan manfaat dipertanyakan.
Dia mengakui bahwa realitas yang berasal dari perawatan yang dikelola akan menempatkan meningkatnya penekanan pada jangka pendek perawatan untuk gangguan tertentu, tujuan terbatas, dan penahanan biaya. Strupp diidentifi kasi tren berikut dan meramalkan beberapa arah masa depan bahwa teori psikodinamik dan praktek akan mengambil:
ü  Penekanan pada pengobatan telah bergeser dari kepentingan "klasik" dalam menyembuhkan gangguan neurotik terhadap masalah-masalah yang berhubungan dengan terapi gangguan kepribadian kronis, kondisi batas, dan gangguan kepribadian narsistik.
ü  Ada peningkatan perhatian pada membangun aliansi terapi yang baik di awal perjalanan dari terapi kelompok psikodinamik. Sebuah kolaborasi hubungan sekarang dipandang sebagai faktor kunci yang berkaitan dengan hasil terapi yang positif.
ü  Terapi kelompok Psikodinamik menjadi lebih populer dan menerima penerimaan yang luas. Pendekatan ini menyediakan klien dengan kesempatan untuk belajar bagaimana mereka berfungsi dalam kelompok, dan menawarkan perspektif yang unik pada masalah pemahaman.
ü  Ada minat baru dalam pengembangan bentuk-bentuk singkat dari terapi kelompok psikodinamik, sebagian besar karena tekanan sosial untuk akuntabilitas dan efektivitas biaya. Indikasinya bahwa waktu terbatas terapi akan menerima perhatian meningkat di masa depan.
Penilaian Strupp dari adegan saat ini dan prediksi tentang apa yang akan terjadi cukup akurat.
Menuju Pendekatan Integratif. Beberapa upaya telah dilakukan untuk mengembangkan model integratif dalam terapi psikodinamik kontemporer. Sebagai contoh, adalah mungkin untuk menggabungkan teknik terapi perilaku kognitif dengan kerangka konseptual terapi psikoanalitik kontemporer. Morgan dan MacMillan (1999) mengembangkan model konseling terpadu berdasarkan konstruk teoritis dari hubungan-hubungan objek dan teori lampiran yang menggabungkan teknik perilaku. Morgan dan negara MacMillan bahwa ada peningkatan dukungan dalam literatur bahwa mengintegrasikan teori psikodinamik kontemporer dengan teknik perilaku kognitif dapat menyebabkan diamati, perubahan klien konstruktif. Jika tujuan pengobatan ditetapkan dengan baik, adalah mungkin untuk bekerja melalui berbagai tahapan terapi dalam jumlah waktu yang wajar. mengadaptasidasar konseptual pemikiran psikoanalisis terhadap terapi yang relatif singkat membuat pendekatan ini berguna dalam waktu terbatas terapi.
Singkat Terapi terapi psikodinamik. Ringkasnya adalah salah satu "perkembangan masa depan" Messer dan Warren (2001) diperkirakan untuk praktek psikoanalitik. Terapi psikodinamik singkat (BPT) menerapkan prinsip-prinsip teori psikoanalitik dan terapi untuk mengobati gangguan selektif dalam batas waktu preestablished dari umumnya 10 sampai 25 sesi. BPT menggunakan konsep psikoanalitik dan psikodinamik utama seperti dampak abadi tahap relasional psikoseksual, psikososial, dan objek pembangunan; adanya proses tak sadar; pemeragaan masalah masa lalu klien emosional dalam hubungan dengan terapis, aliansi terapeutik, dan perilaku repetitive.
Terapi dinamis singkat cenderung menekankan kekuatan klien dan sumber daya dalam menghadapi kehidupan nyata masalah. Levenson (2010) mencatat bahwa kation modifi utama dari teknik psikoanalitik adalah penekanan pada di sini-dan-sekarang hidup klien daripada menjelajahi masa kecil di sana-dan-kemudian dari. Juga, terapis dinamis singkat cenderung berpikir psychodynamically belum terbuka untuk menggunakan berbagai strategi intervensi. Terapi dinamis singkat "adalah pendekatan jangka pendek integratif yang merajut prinsip utama sensitif terhadap waktu kerja klinis" (hal. 13).
Untuk membatasi durasi terapi, terapis secara aktif mempertahankan fokus yang terbatas dengan tujuan terbatas (Levenson, 2010). Sebuah tema sentral, topik atau masalah diperlukan untuk memandu pekerjaan. Tujuan dari terapi psikodinamik singkat ini bukan untuk membawa obatnya, tetapi untuk mendorong perubahan perilaku, pemikiran, dan perasaan. Terapi singkat adalah kesempatan untuk memulai proses perubahan yang akan terus berlanjut lama setelah terapi dihentikan.
Rutan dan rekan-rekannya (2007) menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan penekanan pada lebih pendek, lebih efektif biaya perawatan kelompok. Mereka memprediksi bahwa akan melanjutkan tekanan untuk memberikan pengobatan kelompok secara efektif dan murah mungkin. BPT "memiliki peran penting dalam mempertahankan nilai pengobatan psikoanalitik, yaitu untuk memahami dan mengobati masalah masyarakat dalam konteks situasi mereka saat ini dan sebelumnya pengalaman hidup "(Messer & Warren, 2001, hal. 83). Levenson (2010) mengakui bahwa terapi dinamis singkat tidak cocok untuk semua klien dan semua terapis. Sebagai contoh, pendekatan ini umumnya tidak cocok untuk individu dengan gangguan characterological parah atau untuk mereka yang depresi parah. Beberapa terapis yang tidak cocok untuk direktif, interaktif, dan self-mengungkapkan strategi terapi dinamis singkat. Meskipun waktu terbatas kelompok bukan pilihan terbaik untuk semua orang, kelompok ini menawarkan alternatif pengobatan yang layak bagi mereka yang tidak ingin berkomitmen untuk kelompok terbuka, jangka panjang.
Untuk waktu terbatas kelompok, anggota harus merumuskan tujuan pengobatan jelas dan tepat yang secara langsung berhubungan dengan tema kelompok penyelenggara. Dalam kelompok ini, pemimpin mengasumsikan peran yang lebih aktif dan menawarkan intervensi lebih awal dari akan menjadi khas dalam kelompok jangka panjang psikodinamik. Di sini-dan-sekarang perilaku dan interaksi diberikan perhatian lebih, dan dalam beberapa sangat singkatkelompok terapis dapat fokus secara eksklusif pada di sini-dan-sekarang interaksi. Proses pekerja melalui konflik masa lalu akan tidak mungkin untuk dikejar dalam kelompok ini. Menurut Rutan dan rekan-rekannya (2007), salah satu keuntungan dari kelompok tersebut mengetahui bahwa batas waktu ada; ini terus anggota terfokus pada masalah spesifik  masalah pribadi. Salah satu kelemahan adalah bahwa lebih dalam konflik atau masalah yang mendasari tetap tak tersentuh.
Secara analitis terapis berorientasi cenderung skeptis terhadap "cepat beres" teknik dan solusi sederhana untuk masalah psikodinamik kompleks. Namun, banyak terapis kelompok psychoanalytically berorientasi mendukung langkah untuk penggunaan singkat terapi, terutama ketika hal ini ditunjukkan dengan kebutuhan klien bukan daripada sewenang-wenang yang ditetapkan oleh pihak ketiga wajib. Levenson (2010) percaya kelompok terapi singkat bisa sangat bermanfaat, karena "pekerjaan menggabungkan, pragmatis optimis, berorientasi hasil sikap dengan pengalaman dari komitmen emosional yang dalam "(hal. 114). Setelah dilakukan terapi dinamis singkat selama 30 tahun, Levenson mencatat: "Aku telah fenomenal diperkaya, diubah, dan pindah dengan cara yang kecil dan dramatis yang tak terhitung oleh kekuatan yang membiarkan ke dalam hidup seseorang, meskipun untuk kunjungan singkat" (hal. 114) . Telah ditemukan bahwa sebagian besar orang, terlepas dari mereka latar belakang budaya, lebih memilih pendekatan singkat untuk terapi (Levenson, 2010). Jika Anda tertarik untuk diskusi yang lebih komprehensif dari terapi dinamis singkat, saya sangat menyarankan Levenson (2010).

G.    Aplikasi  Pendekatan Psikoanalisis untuk Kelompok Kerja di  Sekolah
Perspektif perkembangan dibahas secara rinci yang cukup sebelumnya dalam bab ini berguna untuk konselor kelompok kerja di sekolah. Kerja kelompok dengan anak ditingkatkan oleh pemahaman konselor terhadap kebutuhan perkembangan dan tugas-tugas yang berhubungan dengan tema industri melawan rendah diri. Remaja kelompok berfungsi lebih baik jika konselor memahami perjuangan Inti identitas versus kebingungan identitas. Kelompok dapat disusun untuk membantu anggota dalam belajar sesuai usia keterampilan untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari. Pengembangan fungsi ego dapat difasilitasi oleh konseptualisasi dan penataan kelompok konseling perbaikan sebagai pengganti keluarga mendukung. Model analitik menyediakan kerangka kerja konseptual untuk memahami anak atau masalah saat ini seorang remaja itu. Meskipun penggunaan teknik psikoanalitik umumnya di luar lingkup konseling kelompok di lingkungan sekolah, kelompok konselor dapat memanfaatkan konsep psikoanalitik tertentu yang telah diuraikan dalam bab ini. Menjelajahi konteks historis masalah siswa sekolah dasar atau tinggi adalah di luar lingkup dan keterbatasan kelompok sekolah. Namun, pemahaman bagaimana masa lalu peristiwa dapat terus memiliki  hadir pada masalah dapat membingkai ulang pendekatan konselor kelompok. Seorang pemimpin kelompok dapat menyadari faktor-faktor seperti resistensi, transferensi, kecemasan, dan fungsi ego-mekanisme pertahanan. Kesadaran ini akan menambah kedalaman beberapa intervensi pemimpin kelompok membuat, meskipun ia tidak mendorong kunjungan ke trauma masa lalu atau konflik bawah sadar. Memahami konsep-konsep psikoanalisis affords konselor kelompok cara untuk mengembangkan empati dan untuk bekerja dengan penuh kasih di sini-dan-sekarang masalah  anak dan remaja, seperti yang ditunjukkan oleh (2009) kelompok percakapan Sheila Zaretsky itu.
Zaretsky adalah direktur dan staf pengajar di Akademi Psikoanalisis Klinis dan Terapan. Dia menarik dari teori psikoanalitik dan diterapkan teknik psikoanalitik dalam pekerjaannya dengan sekelompok siswa sekolah baru-baru ini berimigrasi Cina tinggi yang ingin meningkatkan bahasa Inggris yang diucapkan mereka. Para siswa dalam kelompok ini ditampilkan sejumlah resistensi menjadi emosional, yang Zaretsky bekerja melalui kelompok menggunakan teknik psikoanalitik. Pada akhir tahun ajaran, para siswa mampu mendiskusikan berbagai masalah yang berarti dalam bahasa Inggris. Zaretsky (2009) menyimpulkan: "Saya yakin, bahwa teori dan teknik psikoanalitik adalah sumber tak ternilai bagi para guru. Adalah harapan saya bahwa universitas dan lembaga pelatihan akan menciptakan peluang untuk menawarkan mereka dalam fi eld pendidikan harta kita. hal ini misi saya untuk terus melakukannya "(hal. 355).

H.    Penerapan Pendekatan Psikoanalisis dengan Populasi Multibudaya
Ketika mempertimbangkan apakah sebuah teori yang diberikan adalah sesuai untuk bekerja dengan populasi klien yang beragam dalam grup, salah satu kriteria utama adalah konsistensi antara konsep dan teknik teori dan nilai-nilai budaya dari anggota kelompok. Pertimbangkan seberapa baik asumsi-asumsi yang mendasari dan konsep kunci cocok dengan nilai-nilai budaya dari kelompok klien yang beragam. Meskipun konsep-konsep dasar teori psikoanalitik dapat diterapkan untuk memahami orang dari beragam budaya, terapis kelompok psychoanalytically berorientasi juga harus mempertimbangkan contoh-contoh ketika teknik psikoterapi khusus mungkin tidak sesuai dengan latar belakang budaya klien. Kelompok budaya Banyak menempatkan prioritas tinggi pada riwayat keluarga. Sebuah tinjauan masa lalu klien dan bagaimana masa lalu ini adalah memiliki pengaruh penting pada saat ini fungsi mungkin cocok sebagai kerangka kerja konseptual. Bekerja dengan cara simbolik juga dapat menjadi kuat, terutama dengan klien yang enggan membicarakan masalah pribadi mereka. Misalnya, ada nilai dalam menggunakan gambar keluarga pada periode yang berbeda dari masa kanak-kanak klien. Pemimpin mungkin mengatakan: "Pilih gambar yang memiliki makna tertentu bagi Anda. Katakan apa yang Anda ingat selama waktu tersebut. Ketika Anda melihat gambar tersebut, apa pikiran dan perasaan datang kepadamu "Setelah anggota kelompok mulai berbicara satu sama lain tentang kenangan mereka berdasarkan foto-foto ini, mereka cenderung lebih terbuka dalam menangani bahan emosional?
Sebagaimana telah kita lihat, ahli terapi kelompok perlu menyadari satu cara di mana mereka membuat interpretasi yang infl uenced oleh latar belakang budaya mereka dan asumsi teoretis mereka. Meskipun praktisi masih bisa konsep perjuangan klien mereka dari perspektif analitik, sangat penting bahwa mereka mengambil sikap fleksibilitas. Grup konselor perlu latihan kewaspadaan agar jangan mereka menyalahgunakan kekuasaan mereka dengan memutar kelompok menjadi forum untuk mendorong klien untuk menyesuaikan dengan sesuai dengan nilai-nilai budaya dominan dengan mengorbankan kehilangan pandangan dunia mereka sendiri dan identitas budaya. Praktisi Group juga perlu menyadari sumber mereka sendiri potensi bias. Konsep kontratransferensi dapat diperluas untuk termasuk bias tidak diakui dan prasangka yang mungkin tidak sengaja disampaikan melalui teknik yang digunakan oleh ahli terapi kelompok.

I.       Evaluasi Pendekatan psikoanalitik Pada Grup
1.      KONTRIBUSI DAN KEKUATAN PENDEKATAN
Ada banyak teori psikoanalitik yang saya anggap sangat berharga. Semua orientasi teoritis yang disajikan dalam teks ini memiliki beberapa hubungan dengan pendekatan psikoanalitik, meskipun dalam beberapa kasus teori adalah reaksi terhadap beberapa ide dasar dari teori dasar. Model analitik menyediakan kerangka kerja konseptual untuk memahami sejarah individu, dan dalam kelompok hal praktisi dapat belajar untuk berpikir psychoanalytically bahkan jika mereka tidak berlatih psychoanalytically. Meskipun beberapa teknik psikoanalitik mungkin memiliki manfaat yang terbatas untuk kelompok konselor di beberapa tempat, konsep analitik banyak membantu menjelaskan dinamika operasi kedua pada individu dan kelompok secara keseluruhan.
Saya yakin bahwa penting untuk mempertimbangkan masa lalu untuk memahami perilaku ini. Banyak konflik dibawa ke grup berakar pada pengalaman anak usia dini. Meskipun saya tidak menganjurkan keasyikan dengan masa lalu dengan berlebihan tinggal di atasnya, pendapat saya adalah bahwa mengabaikan mempengaruhi masa lalu dapat menyebabkan kerja kelompok dangkal. Memahami ini uence infl memberikan orang lebih banyak kontrol atas perilaku mereka saat ini.
Sebuah konsep psikoanalitik saya menemukan dari penting adalah perlawanan. Bahkan ketika anggota berada dalam kelompok karena pilihan mereka sendiri, saya amati resistensi, terutama pada awal perkembangan kelompok. Resistensi ini adalah manifestasi dari berbagai ketakutan; kecuali mereka ditangani, mereka akan mengganggu kemajuan kelompok. Bahkan, saya biasanya meminta anggota untuk berbagi dengan kelompok cara-cara yang mereka harapkan pola perilaku mereka mengganggu dengan kerja kelompok mereka. Meskipun resistensi biasanya tidak sadar, anggota kelompok akan sering mengejutkan mengungkapkan. Beberapa anggota tampaknya tahu persis bahwa mereka mungkin menyabotase upaya terbaik mereka dan menolak perubahan oleh intellectualizing, dengan menjadi terlalu pengasuhan atau terlalu kritis dengan sesama anggota, atau dengan meyakinkan diri bahwa masalah mereka yang tidak menekan sebagai masalah orang lain dalam kelompok . Jika anggota dapat mengenali perilaku menghindar mereka ketika mereka terjadi, mereka memiliki kesempatan untuk mengubahnya. Beberapa bentuk yang lebih halus pertahanan mungkin menjadi jelas dari waktu ke waktu, seperti menggusur perasaan dan memproyeksikan.
Konsep-konsep psikoanalisis kecemasan dan ego-mekanisme pertahanan yang muncul sebagai cara untuk mengatasi kecemasan ini adalah yang paling berguna bagi para praktisi kelompok. Meskipun dalam beberapa kelompok pemimpin tidak mungkin menafsirkan dan bekerja melalui struktur defensif, adalah penting untuk belajar pertahanan menghormati dan mengenali bagaimana mereka mengembangkan dan bagaimana mereka mewujudkan diri dalam interaksi kelompok. Berurusan dengan pertahanan terhadap kecemasan menyediakan kerangka kerja yang bermanfaat untuk kerja kelompok intens. Anggota memiliki kesempatan untuk menantang beberapa strategi pertahanan mereka, dan dalam proses belajar bagaimana untuk berkomunikasi dengan cara nondefensive, mereka juga dapat belajar cara-cara baru merespons.
Transferensi dan kontratransferensi signifikan memiliki implikasi untuk kerja kelompok. Meskipun tidak semua perasaan antara anggota dan pemimpin adalah hasil dari proses ini, seorang pemimpin harus mampu memahami nilai dan peran. Saya menemukan konsep analitik proyeksi cukup berguna dalam mengeksplorasi perasaan tertentu dalam kelompok. Proyeksi ke pemimpin dan ke anggota lain adalah petunjuk berharga untuk konflik yang belum diselesaikan dalam orang yang dapat bekerja secara produktif melalui dalam kelompok.
Kelompok ini juga dapat digunakan untuk menciptakan kembali situasi kehidupan awal yang terus berdampak pada klien. Sebuah prinsip dasar dari kelompok terapi psikodinamik adalah gagasan bahwa peserta kelompok, melalui interaksi mereka dalam kelompok, kembali membuat situasi sosial mereka, menyiratkan bahwa kelompok menjadi mikrokosmos dari kehidupan sehari-hari mereka (Rutan et al., 2007). Dalam kelompok individu yang paling menimbulkan perasaan daya tarik, kemarahan, persaingan, menghindari, agresi, dan sebagainya. Perasaan ini mungkin mirip dengan yang dialami anggota terhadap orang yang signifikan di masa lalu. Dengan demikian anggota kemungkinan besar akan menemukan ibu simbolis, ayah, saudara, dan pecinta dalam kelompok mereka.
2.      Modifikasi praktek analitis klasik
Sebuah pendekatan yang mengintegrasikan tahap psikoseksual Freud pengembangan dengan tahap psikososial Erikson adalah, dalam pandangan saya, yang paling berguna untuk memahami tema kunci dalam pengembangan kepribadian. Bekerja hanya pada tingkat wawasan tidak akan menghasilkan perubahan; adalah penting untuk mengeksplorasi faktor sosial budaya karena mereka berhubungan dengan perjuangan individu di berbagai tahapan perkembangan mereka. Kecuali praktisi kelompok memiliki pemahaman yang baik dari tugas utama dan krisis setiap tahap, mereka memiliki sedikit dasar untuk menentukan apakah pola perkembangan normal atau abnormal. Juga, sebuah sintesis dari teori-teori Freud dan Erikson yang menawarkan kerangka umum untuk mengenali konflik yang sering mengeksplorasi peserta dalam kelompok.
Yang lebih baru perkembangan hubungan-obyek teori, psikologi diri, dan relasional psikoanalisis-tawaran konsepsi berharga untuk terapis kelompok. Ada sejumlah terobosan dalam bekerja dengan dinamika batas dan narsis dalam terapi kelompok, dan kelompok menawarkan beberapa keunggulan yang unik atas hubungan satu-ke-satu dalam bekerja dengan orang mewujudkan karakteristik kepribadian borderline.
Banyak praktisi yang dilatih dalam psikoanalisis klasik telah memodifikasi konsep analitik dan teknik agar sesuai situasi kelompok. Saya telah menemukan beberapa terapis yang berpikir dalam psikoanalitik tetapi menggunakan teknik yang diambil dari model terapi lainnya. Banyak praktisi bekerja dengan konsep psikodinamik seperti tidak sadar, pertahanan, resistensi, transferensi, dan pentingnya masa lalu. Beberapa ahli terapi kelompok berorientasi analitik menunjukkan keterbukaan terhadap mengintegrasikan berbagai metode.
3.      Keterbatasan Pendekatan
Dari perspektif feminis, ada keterbatasan yang berbeda untuk sejumlah konsep Freudian, terutama pengertian tentang kompleks Oedipus dan Electra dan asumsi tentang inferioritas perempuan. Dalam review nya dari konseling dan terapi feminis, Enns (1993) mencatat bahwa hubungan-hubungan objek mendekati telah dikritik karena penekanannya pada peran hubungan ibu-anak sebagai penentu berfungsi kemudian interpersonal. Pendekatan ini memberikan tanggung jawab besar untuk ibu untuk ciencies defisit dan distorsi dalam pembangunan, sedangkan ayah secara mencolok absen dari hipotesis. Enns menulis bahwa beberapa terapis feminis telah membahas keterbatasan psychoanalysis menggabungkan sistem pekerjaan keluarga dalam model psikoanalitik mereka.
Selain kritik terhadap psikoanalisis dari penulis feminis, pendekatan ini telah dituduh gagal untuk merespon faktor-faktor sosial, budaya, dan politik yang mengakibatkan masalah individu. Psikoanalitik adalah terapi kurang peduli dengan jangka pendek pemecahan masalah daripada dengan jangka panjang kepribadian rekonstruksi. Dalam kritiknya jangka panjang terapi psikodinamik, Strupp (1992) mengakui bahwa pendekatan ini jelas akan tetap mewah bagi kebanyakan orang dalam masyarakat kita. Pelanggan berpenghasilan rendah umumnya tidak memiliki waktu, sumber daya, atau keinginan untuk memulai dan mempertahankan perjalanan panjang dan mahal dari psikoanalitik eksplorasi diri. Sebaliknya, mereka mungkin akan lebih termotivasi oleh kebutuhan untuk memiliki keamanan psikologis dan menyediakan untuk keluarga mereka. Ini tidak berarti bahwa semua pendekatan psikoterapi tidak sesuai untuk orang-orang dari daya yang terbatas. Smith (2005) berpendapat bahwa psikoterapis 'kemauan dan kemampuan untuk bekerja dengan orang miskin terganggu oleh sikap classist teruji dan bahwa sikap ini merupakan hambatan signifi cant untuk praktisi sukses dalam bekerja dengan orang miskin. Smith tampaknya membuat kasus untuk model terapi alternatif seperti psychoeducation, konseling, psikologi pencegahan, dan psikologi masyarakat daripada psikoterapi tradisional bagi masyarakat miskin.

No comments:

Post a Comment