Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat,SILAHKAN ISI BUKU TAMU DAHULU YA,,, Blog Ini Untuk Menambah Wawasan Bimbingan Dan Konseling Lalu Motivasi Diri, Serta Mohon Komentar Agar Selalu Baik Dalam Menampilkanya. Email jatirinkriatmaja04@gmail.com atau 085220363757

Thursday 16 June 2016

Emosi Agresi Anak



Rachel dan Tammy, mereka adalah anak- anak yang berumur 2 tahun dan empat tahun. mereka sering bermain bersama- sama, namun akhir- akhir ini tingkah rachel berubah menjadi anak yang suka menyuruh layaknya seperti seorang ketua kelompok. Rachel mengajak tammy untuk bermain boneka bersama, namun tammy menolak. Rachel berkata “jika kamu tidak mau bermain boneka denganku dan tidak menjadi seorang bayi berarti aku bukan temanmu. Tammy masih tidak menghiraukan apa yang diinginkan Rachel. Rachel berkata “ kalau kamu masih tidak mau untuk bermain denganku juga maka aku tidak akan mengundangmu ke pesta ulang tahunku”. Rachel menjadi sangat kesal karena tammy masih tidak mau juga untuk mengikuti keinginannya bermain bersama Rachel mulai memikirkan cara bagaimana cara untuk melukai tammy. Kemudian rachel menghampiri teman- teman yang lainnya yang sedang bermain boneka dan berkata bahwa tammy itu menyebalkan karena tidak mau ikut bermain bersama.

Tammy sekarang merasa sangat kalah, guru berkata untuk tidak meninggalkannya bermain boneka. Tetapi tidak tahu kenapa, sampai salah satunya memukul. Dia melaporkan rachel dan teman- temannya bahwa mereka telah berbuat jahat ( memukul ).
Guru menginginkan untuk mencegah perilaku tidak baik terhadap anak lainnya seperti ini. Ibu rachel memberitahu kepada gurunya bahwa rachel belum pernah melakukan tindakan seperti ini sebelumnya, tanpa sepengetahuannya. Ketika ibunya bertanya mengapa ia melakukan itu, kata Rahel menjawab bahwa dia juga tidak tahu. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepadanya. Rachel pada kenyataannya juga tidak menyadari mengapa dia ingin sekali berbuat untuk menyakiti temannya. Ibunya menjelaskan perilakunya yang tidak baik juga akan membuat teman berpikir seperti itu, tapi Rachel tampaknya tidak peduli. Sekarang, Ibu rachel mulai memikirkan bagaimana memecahkan masalah tersebut dengan berbicara kepada anaknya. Ibunya mengajukan beberapa pertanyaan yang sangat spesifik dia sangat spesifik. pertanyaan yang diajukan adalah untuk membantu dia berpikir lebih tentang apa yang dia lakukan akan berpengaruh selain pada temannya namun dirinya sendiri.
Ibu: Rachel, apa yang Tammy lakukan di sekolah hari ini
yang membuat kamu merasa marah?
Rachel: Aku mengatakan padanya untuk bermain boneka “dia menjadi bayi dan aku menjadi ibu. Namun tammy menolaknya dan ia tidak ingin bermain denganku.
Ibu: bagaimana kamu bisa berpikir seperti itu?
Rachel: Marah
Ibu: Apa lagi yang dia lakukan?
Rachel: Aku bukan seorang bayi
Ibu: Apakah kamu berpikir dia tidak ingin bermain denganmu, atau dia tidak ingin menjadi bayi?
Rachel: aku tidak tahu.
Ibu: Kamu sangat marah, kamu benar-benar ingin menyakiti dirinya. Apa yang kamu lakukan selanjutnya?
Rachel: aku tidak tahu.
Ibu : (membantu dia mengingat dengan nada suara)
Apa yang kamu katakan pada teman- teman lainnya ketika sedang bermain boneka?
Rachel: aku menyuruh mereka untuk tidak membiarkan tammy.
Ibu: Bagaimana kamu berpikir Tammy merasa demikian?
Rachel: Marah.
Ibu: Apakah kamu benar-benar ingin menyakiti dia begitu banyak?
Rachel: Ya!
Ibu (mengakui kemarahan ) : apa yang mungkin terjadi jika kamu melukai teman-teman kamu seperti itu?
Rachel: Mereka tidak bermain denganku.
Ibu: Apakah kamu benar-benar ingin itu terjadi?
Rachel: tidak
Ibu: Jika Tammy tidak ingin menjadi seorang bayi, bagaimana mungkin  kamu tahu apa yang ingin tammy lakukan?
Rachel: Aku bisa bertanya padanya.
Ibu: jawaban yang bagus. Kamu pemecah masalah yang baik.
Rachel mungkin tidak dapat menghentikan tingkah laku menyuruh suatu hari, tetapi dengan mengajukan pertanyaan seperti itu merupakan awal tindakan yang penting. Pertama, ibu Rachel membantunya mengidentifikasi masalah yang sebenarnya, mungkin tammy tidak ingin menjadi bayi bukan berarti tammy tidak mau bermain dengannya.Tapi yang paling penting, ibu Rachel tahu bahwa jika ia terus berbicara dengan putrinya bagaiamana cara mengatasi masalah, bahwa perilaku yang tidak baik akan mendapatkan penolakan dari temannya di kemudian hari.

“Peter  mengejekku!”
Membantu anak ketika teman lainnya mengolok- olok

Terry berusia 10 tahun heran karena Peter, teman sekelasnya yang terus memanggil namanya,ayah terry menyuruhnya untuk mengabaikan Peter. Lupakan saja atau memberitahu guru. Dengan mendengarkan saran ayahnya, terry mengabaikan peter yang mengejek dan berjalan pergi, tapi kemudian mengeluh bahwa dia masih merasa sedih, frustrasi, dan marah. Ia juga khawatir  jika guru, anak-anak lain akan mengetahui dan mencoba untuk membalas dendam, yang akan menyakiti bahkan lebih.
Ayah terry tidak tahu apa yang harus dilakukan sekarang namun percaya bahwa dia ( terry ) telah datang dengan solusi. Akan lebih berguna jika ia bisa membantu Terry belajar untuk berpikir untuk mencari solusinya sendiri dan mendorong nya untuk memiliki keterampilan memecahkan masalah, ayahnya mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut :
“Mengapa kamu pikir Peter perlu mengejekmu?”
“Apakah ada alasan lain?”
“Bagaimana kamu berpikir tentang perasaannya?”
“Bagaimana yang kamu rasakan ketikan orang mengejekmu?
“apa yang dapat kamu lakukan atau katakan ketika seseorang melakukan itu?”
            Pertanyaan seperti ini memusatkan perhatian anak-anak pada apa yang dia rasakan dan orang lain rasakan. Ini membantu mereka untuk menyadari bahwa      terdapat hubungan timbal balik, dan bahwa mereka harus memperlakukan orang lain jika kita ingin diperlakukan sama dengan orang lain. Mereka juga datang untuk menyadari bahwa orang bertindak seperti yang mereka lakukan karena berbagai alasan.
Marc sepuluh tahun, misalnya, ia terlihat sangat marah kepada jon yang selalu mengejeknya karena marc memakai kawat gigi. Setelah melakukan diskusi memecahkan masalah  dengan ayahnya, Marc mulai bertanya-tanya mengapa Jon bertindak seperti yang ia lakukan. Suatu hari ia melihat bahwa Jon tidak pernah tampak bahagia.Waktu berikutnya mereka menemukan diri mereka bersama-sama di tempat bermain, Marc bertanya kamu kenapa jon?. “Aku tidak percaya orang tuaku bercerai,”kata Jon tenang. Aku terbiasa berada diantara mereka. Sekarang ibu dengan orang lain dan aku tidak suka. “masalah ini membantu Marc merasa berbeda menilai tentang Jon. Saat berikutnya Jon memanggilnya nama, Marc berkata, “ayo kita menjadi teman. Aku akan mengajarkan kamu bagaimana untuk memasukkan bola.” Sekarang mereka berteman baik.
Ada solusi lain untuk masalah seperti ini, dan anak-anak dapat datang dengan diri mereka sendiri ketika mereka telah belajar keterampilan menyelesaikan masalah. Lisa sepuluh tahun, misalnya, terus-menerus disebut “jangkung” karena dia begitu tinggi dan kurus. Setelah ibunya bertanya kepadanya, “Apa yang dapat kamu lakukan sehingga anak perempuan yang lain tidak akan mengejekmu?” Lisa berpikir keras tentang hal itu. Merasa terlalu takut untuk menghadapi anak-ana ksecara langsung, maka ia memutuskan untuk menulis surat kepada pemimpin anak-anak yang telah mengejeknya. Dalam Surat ini, dia menjelaskan apa yang dia rasakan. “Mereka yang begitu terkejut berhenti mengejekku,” dia merasa sangat senang.
Joey, yang adalah juga 10 tahun, merasa kesal setiap salah satu teman sekelas memanggilnya "gembul" karena berat badannya. Joey tahu bagaimana berpikir cara memecahkan masalah, dan mencoba untuk datang dengan solusinya sendiri. Dia sangat Cerdik, dia adalah orang yang lucu dan memiliki humor tinggi. Ketika sore hari anak-anak mulai memanggilnya “gembul,” Dia berhenti, melihat langsung ke mata mereka, dan dengan sedikit senyum berkata, “Ya, dan aku mendesis. Saya mendesis. “Anak-anak tertawa dan tidak pernah memanggilnya gembul. Hari ini, empat tahun kemudian, Joey sangat populer dan melakukan yang terbaik di sekolah.
Ketika ayah Terry membantu dia berpikir tentang apa yang bisa ia lakuka natau katakan ketika Peter mengejeknya, Terry juga menemukan pikiran yang unik untuk mengahadapi peter. pada kemudia hari Peter memanggil namanya ketika pulang sekolah, Terry mengambil sepotong permen karet dan mulai mengunyah. Ketika Peter meminta permen karetnya, Terry berkata, “tidak, karena kamu sering mengejekku.“Terry tidak lagi muncul lemah, dan itu adalah saat terakhir Peter mengejek Terry.
Leonard, anak kelas lima, menemukan cara yang baik untuk menghadapi masalah tanpa muncul lemah. Setelah terus-menerus diejek “si culun pakai kacamata”, ia memenangkan lomba penulisan esai, dia mendapatkan respon baik dari teman sekelasnya. “Kalian tahu,” katanya kepada mereka, dengan suara yang ramah, “Aku tidak bisa melihat apa yang saya tulis tanpa kacamata ini.”
Jika anak Anda yang diejek, cobalah untuk membantu dia fokus pada potensi yang dimilikinya. mungkin dia unggul di olahraga, atau catur, atau memiliki bakat untuk bermain drama. Dengan berpikir buruk, ia akan datang untuk merasa baik tentang dirinya. Dan perasaan ini sering berpengarauh setelah anak Anda merasa lebih baik tentang kemampuannya sendiri, teman-temannya mungkin melihat dia yang baru dan datang untuk melihatnya dalam hal yang baru.
Dengan bantuan Anda, anak-anak dapat belajar untuk mengubah perilaku mereka seperti saling berbagi. Mereka juga dapat belajar untuk mengubah bagaimana mereka menanggapi orang lain yang mengejek mereka tentang hal-hal yang tidak baik, seperti penampilan mereka. Untuk memberi mereka kemampuan mencapai hal ini, ubah  pikir anak Anda. datang dengan baik- baik, Anda dapat menggunakan waktu berikutnya ketika mereka mengejek. Beberapa anak-anak mengambil pendekatan lucu: “Aku mungkin orang yang gemuk di muka bumi ini, tetap iorang-orang di planet lain menemukan saya sangat tampan.” Anak-anak lain mungkin akan menjawab lebih serius: “kamu berpikir aku terlalu kurus, tapi itu hanya cara untuk membangun pola pikir kita.setiap orang mampu”
Dalam hal ini, anak-anak yang memiliki pengalaman tidak baik akan mulai mengubah menjadi hal yang positif. Hal-hal yang sangat berbeda bagi mereka jika mereka mengikuti nasihat dan mengabaikan orang yang mengejeknya, meninggalkannya pergi atau melaporkan pada guru.
Mengapa hal itu sangat penting bagi anak-anak untuk memiliki keterampilan teang ketika di ejek? Jika dibiarkan tanpa pengawasan, luka emosinya dapat berlangsung seumur hidup. Ben, sekarang usia dua puluh tahun, adalah seorang remaja kurus kecil dengan kaki panjang dan lengan pendek. Ia selalu disebut “konyol” dan “aneh” di sekolah. Meskipun demikian ia tumbuh menjadi seorang pria muda yang sangat tampan dan populer, Dia masih berkata dirinya sebagai "orang jelek" dan memiliki kesulitan membentuk persahabatan dan mempertahankan hubungan romantis. Namun Ben telah dapat mengakhiri hal demikian ketika ia masih muda, ia mungkin telah tumbuh tidak hanya untuk menjadi populer tetapi merasa populer.

Ketika Teman Mengkhianati Rahasia
Pernahkah anak Anda pulang ke rumah dengan perasaan marah karena salah satu teman-temannya mengkhianati kepercayaannya?
Cara berusia 10 tahun merasa sakit hati karena sahabatnya, Suzanne mengatakan kepada teman perempuan yang lain bahwa Cara menyukai seorang pria yang lebih tua di sekolah. Hal seperti ini tidak biasa dalam kehidupan praremaja. Dan kepercayaan yang rusak bisa menjadi lebih menyakitkan dan lebih sakit dari pukulan di hidung. Cara tidak hanya berpikir dia kehilangan sahabatnya, ia juga merasa dikhianati bahwa seseorang yang perhatian terhadapnya ternyata dia tidak benar-benar peduli tentang dirinya.
Anda bisa mencoba untuk menghibur anak-anak dalam keadaan seperti ini dengan mengatakan, ”Katakan padanya kamu sakit hati jika dia melanggar kepercayaanmu.” Atau kamu bisa berkata, “jika kamu takut untuk memberitahu apa yang kamu rasakan, beritahu seorang teman untuk mengatakannya.” Kamu mungkin menemukan diri kamu sendiri untuk mengatakan, “jika kamu tidak memberitahu apa yang kamu rasakan, dia akan terus melakukan hal-hal seperti itu.”
Sementara semua ini adalah nasihat yang baik, anda masih memikirkan cara untuk anak Anda. Anda mencoba berbicara dengan praremaja tentang hal ini di lain cara-cara memecahkan masalah. Berikut adalah bagaimana Ibu Cara membantu Putrinya untuk berpikir lebih tentang apa yang dia rasakan dan mengapa temannya telah mengkhianati kepercayaannya?
Ibu: Bagaimana perasaanmu ketika Suzanne menceritakan kepadamu rahasia orang lain?
Cara: Gila dan sangat kecewa.
Ibu: Dapatkah kamu berpikir mengapa dia melakukan itu?
Cara: aku tidak tahu.
Ibu: mungkin kamu dapat memikirkan tiga alasan mengapa Suzanne  membuatmu merasa marah dan sangat kecewa.
Cara: Mungkin dia marah padaku tentang suatu hal. Mungkin dia tidak sepertiku lagi. Mungkin dia mendapat masalah dan melepaskan kekecewaannya padaku.
Ibu: pikiran yang baik. Dapatkah kamu memikirkan apa yang harus dilakukan atau berkata kepada suzanne apa yang kamu rasakan?
Meminta Cara untuk berpikir tentang mengapa Suzanne akan memberitahu rahasianya kepada orang lain adalah cara yang berguna untuk Cara. Hari berikutnya, Cara meminta Suzanne mengatakan mengapa dia telah bertindak seperti itu. Suzanne merasa kesal ketika guru mengatakan dia lupa mengerjakan PR dan ia sangat marah dengan ini. Cara kemudian mengerti bahwa Suzanne sedang merasa sedang ada masalah dan benar-benar tidak bermaksud menyakiti dia secara pribadi.
Cara mengatakan Suzanne dia merasa sangat sakit hati meskipun demikian dia tidak bisa menjadi temannya jika dia tidak bisa menjaga kepercayaannya. Suzanne merasa sangat bersalah bahwa ia telah mengkhianati kepercayaan temannya dan berjanji tidak akan melakukannya lagi.
Kadang-kadang akibat patah kepercayaan dapat melukai perasaan orang lain. Mereka dapat menjadi orang yang suka mengejek, dua kali lipat dampak dari pengkhianatan.

No comments:

Post a Comment