Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat,SILAHKAN ISI BUKU TAMU DAHULU YA,,, Blog Ini Untuk Menambah Wawasan Bimbingan Dan Konseling Lalu Motivasi Diri, Serta Mohon Komentar Agar Selalu Baik Dalam Menampilkanya. Email jatirinkriatmaja04@gmail.com atau 085220363757

Wednesday 4 January 2017

Perkembangan Bimbingan dan Konseling Di Amerika

    
Perkembangan bimbingan dan konseling di Amerika Serikat sangat pesat pada awal tahun 1950. Hal ini ditandai dengan berdirinya APGA (American Personal and Guidance Association) pada tahun 1952. Selanjutnya, pada bulan Juli 1983 APGA mengubah namnya menjadi AACD (American Association for Counseling and Development). Kemudian, satu organisasi lainnya bergabung pula dengan AACD, yaitu Militery Education (MECA). Dengan demikian, pada saat ini AACD merupakan organisasi profesional bagi para konselor di Amerika Serikat, dengan 14 divisi (organisasi khusus) yang tergabung di dalmnya. Di samping itu, pada setiap negara bagian atau wilayah tertentu terdapat semacam cabang dari masing-masing organisasi tersebut. 
     Sebagai suatu organisasi profesi, AACD ataupun organisasi-organisasi divisinya mengeluarkan jurnal-jurnal secara berkala. Jurnal-jurnal tersebut di antarnya (1) Journal of Counseling and Development; (2) Journal of College Student Personnel; (3) Counselor Education and Supervision; dan (4) The Career Development Quarterly
  1. Era Perintisan 1908 – 1913
Frank Parsons mengorganisasikan lembaga kecil dan independen Boston Vocational Bureau, untuk :
a.       Memenuhi kebutuhan informasi dan pelatihan bagi anak-anak muda yang ingin mencari kerja dibidang tertentu
b.       Melatih para guru di sekolah-sekolah untuk bisa berfungsi sebagai konselor pekerjaan bagi siswa-siswanya yang akan lulus atau meraih kerja di bidang tertentu
c.        Guru dilatih menyeleksi siswa-siswanya bagi sekolah kejuruan yang cocok dengan pilihan kerja siswa, membantu memilihkan bidang pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan belajar siswa atau memberikan nasihat serta membantu pemindahan siswa ke sekolah yang lebih tepat untuk karirnya nanti.
Frank Parsons menerbitkan buku “Chosing a Vocation” peran konselor dan teknik yang digunakan dalam pekerjaan. Tiga wilayah utama :
a.       Investigasi Pribadi
b.       Investigasi Industri
c.        Investigasi Organisasi dan Bidang Pekerjaan
Fledgling guidance movement “Gerakan bimbingan anak-anak muda yang belum berpengalaman bekerja” tumbuh pesat diwadahi National Vocational Guidance Association à terbit jurnal “Vocational Guidance” Istilah Guidance – bimbingan menjadi label popular gerakan konseling di sekolah-sekolah hamper 50 tahun. 60 tahun berikutnya “ Career education and guidance movement “ (Gerakan Pendidikan dan Bimbingan Karir) à Vocational Guidance (Bimbingan Kerja). 
Eli W. Weaver Berhasil membangun komite bimbingan guru di setiap SMA di New York City. Komite ini bekerja aktif membantu anak-anak muda menemukan kemampuan dan belajar cara menggunakan talenta mereka untuk memastikan pekerjaan paling tepat di masa depan.

No comments:

Post a Comment