LAPORAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU
(PPL-T)
DI MTs NEGERI METRO BATANGHARI
OLEH:
JATI
RINAKRI ATMAJA
Npm.
11130009 P
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
LAMPUNG
2012
HALAMAN
PENGESAHAN
PROGRAM
PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU (PPLT)
MTs
NEGERI METRO BATANGHARI
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Telah diterima dan disetujui laporan
hasil Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) kepada:
Nama :
Jati Rinakri Atmaja
NPM :
11130009 P
Fakultas :
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program
studi : Bimbingna Konseling
Yang
telah dilaksanakan dari tanggal 10 Juli 2012 sampai dengan 19 September 2012 di
MTs Negeri Metro Batanghari.
Demikian surat
pengesahan ini kami buat dengan sebenarnya untuk digunakan sebagaimana
mestinya.
Mengetahui,
Batanghari, September 2012
Kepala MTs Negeri Metro
Batanghari Guru pamong
M.Nurdin,
S.Ag Bara Sabarati
NIP. 19550101
198303 1 008 NIP. 197112122005012004
Dosen Pembimbing
Lapangan 1 Dosen Pembimbing Lapangan II
Dra. Hj Nurul Atieka Dedi Turmudi, M.Tesol
NBM.
494627 NBM. 111769
|
KATA
PENGANTAR
Asalamualaikum.wr.wb.
Puji dan syukur penulis ucapkan
kehadirat Allah SWT, ynag telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga
pebulis dapat menyelesaikan laporan observasi Program Pengalaman Lapangan
Terpadu (PPLT).
Selama menyelesaikan Program
Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT), penulis tidak terlepas dari bimbingan dan
bantuan serta sumbangan pemikiran dari semua pihak. Oleh karena itu, pada
kesempatan ini sudah selayaknya penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan
penghargaan yang tulus kepada:
1. Bapak Dr. Handoko Santoso, M.Pd selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Metro.
2. Bapak Drs. Purwiro Harjati, M.Pd. Selaku Dekan Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro.
3. Bapak Dr.
Nyoto Suseno, M.Si. selaku ketua
pelaksana Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT).
4. Bapak Dra. Hj. Nurul Atieka dan Dedi Turmudi, M.Tesol.
selaku dosen pembimbing lapangan di MTs N Metro.
5. Bapak Muhammad Nurdin S.Ag selaku kepala sekolah MTs
Negeri Metro
6. Bapak Yuli Setyono, S.Pd selaku Wakil kepala sekolah
bidang Kurikulum yang telah banyak membantu praktikan dalam mendapatkan
informasi tentang MTs N Metro.
7. Bapak Drs. Wawan setianto dan Dra.chandrawati selaku guru
pamong sekaligus guru mata pelajaran matematika di MTs N Metro.
8. Ibu Hj. Nasiatun Budiarti, S.Ag dan ibu Laili
Mashaitoh,S.Pd.i selaku guru pamong bahasa inggris di MTs N Metro.
9. Bapak Muhammad Nurdin,S.Pd dan Dra Marliza selaku guru
pamong IPS Terpadu di MTs N Metro.
10. Bapak Drs.Abdul Sukur selaku guru pamong IPA Terpadu di
MTs N Metro.
11. Ibu Bara Sabarati S.Psi, Dra Rulia, Hartati S.Pd Selaku
Guru Pamong sekaligus Guru BK di MTs N Metro.
12. Seluruh Bapak dan Ibu Guru dan Staf Tata Usaha MTs N
Metro.
13. Bapak Parman selaku bapak kos tempat mahasiswa PPLT
tinggal sekaligus ketua Rukun Tetangga di kelurahan menur.
14. Bapak Drs. Sumarlie selaku ketua pengurus masjid Sabilil
Muttaqin.
15. Teman-teman ku yang tergabung dalam PPLT MTs Negri Metro
terimakasih atas kerjasamanya dan motivasinya selama ini.
16. Keluargaku (Ibu, dan Adikku) yang telah banyak memberi
motivasi serta dukungannya selama ini.
17. Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan
ini yang toidak dapat praktikan sebutkan satu persatu.
Akhir kata,
semoga Laporan hasil PPLT ini dapat berguna bagi praktikan umumnya dan pembaca
khususnya.
Wassalammualakum wr.wb
Metro,15 September 2012
Penulis
Jati Rinakri Atmaja
NPM
11130009 P
DAFTAR ISI
COVER ..................................................................................................................... i
HALAMAN JUDUL
................................................................................................ ii
HALAMAN
PENGESAHAN ................................................................................. iii
KATA PENGANTAR
............................................................................................. iv
DAFTAR ISI
............................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Sejarah
Singkat MTs N Metro di Batang Hari ......................................... 1
B.
Profil
Sekolah
...........................................................................................
1
C.
Kondisi
Sekolah
.......................................................................................
1
1.
Keadaan
Sarana Dan Prasarana .................................................... 3
2.
Keadaan
Guru dan Karyawan MTs N Metro ................................ 7
3.
Struktur
Organisasi Sekolah ........................................................ 12
4.
Prestasi
Sekolah ........................................................................... 15
5.
Kondisi
Masyarakat
..................................................................... 16
BAB II
PELAKSANAAN PPL TERPADU
A.
Pelaksanan
Kegiatan Disekolah
............................................................... 18
1.
Persiapan
...................................................................................... 18
2.
Pelaksanan
Kegiatan PPLT BK ................................................... 21
3.
Kegiatan
PadaPengelolaan Sarana dan Prasarana ....................... 23
B.
Pelaksanan
Kegiatan Masyarakat
............................................................ 26
1.
Silahturahmi
................................................................................ 26
2.
Pelaksanan
Kegiatan Di Masyarakat ........................................... 27
3.
Hambatan
Pelaksanan PPLT ....................................................... 29
4.
Usaha
Penyelesain Masalah ........................................................ 29
.
BAB III
KESIMPULAN DAN PENUTUP
A.
Kesimpulan
..............................................................................................
31
B.
Saran-Saran
............................................................................................. 31
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DOKUMENTASI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Sejarah Singkat MTsN Metro di Batanghari
MTs
N Metro di Batanghari beralamatkan jalan Lembayung 38 B Banjarejo Kecamatan
Batanghari Kabupaten Lampung Timur. MTs N Metro di Batanghari terletak didekat
MAN 1 Metro adalah merupakan transformasi atau pindahan dari sekolah keguruan
yaitu Pendidikan Guru Agama 4 tahun (PGA 4 tahun). Dimana PGA 4 tahun adalah
merupakan sekolah menengah tingkt pertama. Kemudian PGA 4 tahun mengalami
integrasi pada tahun 1970 menjadi Madrasah Tsanawiyah. Tanggal 19 April 1983,
menjadi madrasah Tsanawiyah Negeri
Filial Metro. Dengan surat keputusan No.Kep/E/PP/105/1983. Adapun tenaga
pengajar tata usaha sewaktu berdirinya tahun 1983/1984 yaitu tenaga pengajar
berjumlah 49 orang, Bendahara 1 orang, staf tata usaha 1 orang dan 4 orang guru
tidak tetap. Kegiatan belajar mengajar di MTs N Metro di Btanghari berlangsung
pada jam 07.15 s.d 13.30.
B.
Profil Sekolah
MTsN Metro di batanghari letak gedungnya berada dilokasi
desa Banjarrejo 38 B Kecamatan Batanghari. Secara geografis Desa Banjarejo 38 B
Kecamatan Batanghari terletak pada 5◦ lintang selatan dan 105◦
bujur timur.
C.
Profil Sekolah
Kecamatan : Batanghari
Kabupaten/ Kota :
Lampung Timur
Identitas
Sekolah
a)
Nama
Sekolah : MTs.
Negeri Metro Batanghari
b)
Status : Negeri
c)
Alamat :
Jl. Lembayung 38 B. Banjarrejo
d)
Kecamatan :
Batanghari
e)
Kabupaten :
Lampung Timur
f)
Kode
Pos :
34181
g)
Telp. :
h)
Rekening
Sekolah :
Nama Bank : BRI Cabang Metro
No. Rekening :
0103.01.00008630.0
i)
Nama
Kepala Madrasah : M.
Nurdin, S.Ag
j)
Nama
Ketua Komite : Drs. Tugi Hartanto
Data Sekolah
a) Tahun
Pendirian :
1979
b) Tahun
Operasional :
1979
c) SK
Definitif :
d) Status
Tanah :
Wakaf
e)
Luas
Tanah Milik :
8514 M2
f)
Luas
Tanah Bukan Milik :
---------
g)
Luas
Bangunan Seluruhnya : 2170
M2
Visi dan Misi
Sekolah
Visi Sekolah :
Menjadikan Madrasah yang berkualitas, islami dan populis.
Misi
Sekolah :
1. Meningkatkan mutu pendidikan dengan lingkungan yang
edukatif sehingga menjadi madrasah yang favorit.
2. Membentuk siswa yang taqwa, berakhlakul karimah dan
mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang agama.
3. Menciptakan lingkungan yang kondusif, nyaman dan
kekeluargaan.
1.
Keadaan sarana
dan prasarana
Ruang Kantor
Terdiri dari:
a)
Ruang
Kepala Sekolah
Sarana yang ada di
Ruang Kepala Sekolah adalah sebagai berikut :
1.
Meja
2.
Kursi
3.
TV
4.
Almari
5.
Lemari
Besi
6.
Sofa
7.
Kipas
Angin
8.
DVD
Player
b)
Ruang
Guru dan TU
Sarana yang ada di
Ruang Guru dan TU adalah sebagai berikut:
1.
Meja
dan Kursi
2.
Kipas
Angin
3.
Almari
4.
Dispenser
5.
TV
6.
Kumputer
7.
Printer
8.
Mesin
Tik
9.
Buku
dan Arsip
10. Lemari Kaca
c)
Ruang
Perpustakaan
Sarana yang ada di
Ruang Perpustakan adalah sebagai berikut :
1.
Lemari
2.
Meja
dan Kursi
3.
Kipas
Angin
4.
Buku
d)
Ruang
Lab Komputer
Sarana yang ada di
Ruang Lab Komputer adalah sebagai berikut :
1.
Komputer
40 Unit
2.
Meja
dan Kursi
3.
Papan
Tulis
4.
Kipas
Angin
5.
Rak
Sepatu
e)
Ruang
Lab IPA
Sarana yang ada di
Ruang Lab IPA adalah sebagai berikut :
1.
Meja
dan Kursi
2.
Mikroskop
3.
Kaca
Pembesar
4.
Tabung
5.
Lemari
Kaca
6.
Air
Raksa
f)
Ruang
Aula
Sarana yang ada di
Ruang Aula adalah sebagai berikut :
1.
Podium
2.
Speaker
dan Salon Aktif
3.
Kipas
Angin
g)
Mushola
Sarana yang ada di
Mushola adalah sebagai berikut :
1.
Seperangkat
Alat Sholat
2.
TV
dan DVD Player untuk Pembelajaran
3.
Al-Qur’an
4.
Karpet
h)
Halaman
Sekolah
Sarana yang ada di
Halaman Sekolah adalah sebagai berikut :
1.
Lapangan
Bola Basket
2.
Lapangan
Bola Voli
3.
Taman
Bunga
4.
Kursi
(SKEMA GEDUNG)
Kantor Guru
|
GUDANG
|
Ruang Waka dan BK
|
R. Kelas
|
R. Kelas
|
R. Kelas
|
||||||||||
R. Kelas
|
R. Kelas
|
R. Kelas
|
|||||||||||||
|
|||||||||||||||
R. Kelas
|
|||||||||||||||
Lab. Komputer
|
Aula
|
||||||||||||||
R. Kelas
|
|||||||||||||||
R. Kelas
|
|||||||||||||||
R. Kelas
|
Perpustakaan
|
||||||||||||||
R. Kelas
|
|||||||||||||||
WC
|
|||||||||||||||
Kantor TU
|
|||||||||||||||
R. Kelas
|
R. Kelas
|
R. Kelas
|
R. Kelas
|
R. Kelas
|
R. Kelas
|
R. Kelas
|
Lab. IPA
|
||||||||
Kantor KepSek
|
|||||||||||||||
2. Keadaan guru dan karyawan MTsN Metro
a.
Keadaan guru MTsN Metro
Madrasah Tsanawiyah Negeri Metro saat ini
dipimpin oleh Muhammad Nurdin S.Ag selaku Kepala Sekolah MTs Negeri Metro. 4
orang wakil kepala sekolah yang membantu,
yaitu:
1. Yuli Setyono, SP.d selaku Wakil Kepala Sekolah
Bidang Kurikulum.
2. Abdul Rahman PS, SA.g selaku Wakil Kepala
Sekolah Bidang Kesiswaan.
3. Drs.Abdul Sukur selaku Wakil Kepala Sekolah
Bidang Sarana Prasarana.
4. Ma’sum, S.Ag.M.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah
Bidang HUMAS.
Tabel
1. Keadaan Guru
NO
|
NAMA GURU / NIP
|
PENDIDIKAN TERAKHIR
|
JURUSAN
|
MENGAJAR
|
|
1
|
M.
NURDIN, S.Ag
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Kepala
Madrasah
|
|
NIP.
19550101 198303 1 008
|
Fiqih
|
||||
2
|
M
ALI S, A.MD
|
D
3
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Bahasa
Lampung
|
|
NIP.
19550522 198003 1 007
|
|||||
3
|
DRA.
SRI BUDI UTAMI
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
S
K I
|
|
NIP.
19610203 198503 2 004
|
Baca
Tulis Al-Qur'an
|
||||
4
|
DRS.
WAWAN SETIANTO
|
S
1
|
P.
MIPA/Pend. Matematika
|
Matematika
|
|
NIP.
19650702 199403 1 002
|
|||||
5
|
ABDURROHIM,
BA
|
D
3
|
Tarbiyah
/ PAI
|
PPKn
|
|
NIP.
19560901 198003 1 006
|
|||||
6
|
LAILI
MASITHOH, S.PD.I
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Bahasa
Inggris
|
|
NIP.
19600120 198103 2 003
|
|||||
7
|
DRA.
CHANDRAWATI
|
S
1
|
Matematika
|
Matematika
|
|
NIP.
19670309 199403 2 003
|
|||||
8
|
DRA.
RULIA
|
S
1
|
Bimbingan
Konseling
|
Bimbingan
Konseling
|
|
NIP.
19630508 1994 2 002
|
|||||
9
|
SEJO
WINARNO, BA
|
D
3
|
Tarbiyah
/ PAI
|
I
P S
|
|
NIP.
19590306 198203 1 004
|
|||||
10
|
ABDUL
RAHMAN PS, S.AG
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Waka
Kesiswaan
|
|
NIP.
19650705 198903 1 006
|
PPKn
|
||||
11
|
DRS. AKHMAD ZAZULI
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Aqidah
Akhlak
|
|
NIP.
19651010 199403 1 006
|
BPI
|
||||
12
|
DRA.
WIWIK DARWATI
|
S
1
|
Bahasa
Indonesia
|
Bahasa
Indonesia
|
|
NIP.
150277490
|
|||||
13
|
DRA. SITI TSANIYAH
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Bahasa
Arab
|
|
NIP.
19681012 199603 2 001
|
Aqidah
Akhlak
|
||||
14
|
FATMAH,
S.AG
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Qur'an
Hadits
|
|
NIP. 19690106 199503 1 001
|
Baca
Tulis Al-Qur'an
|
||||
15
|
DRA.
SRI HERMAWATI
|
S
1
|
P.
MIPA/Pend. Biologi
|
I
P A
|
|
NIP.
150282761
|
|||||
16
|
DESI
HANDAYANI, S.PD
|
S
1
|
Pend.
Bahasa Inggris
|
Bahasa
Inggris
|
|
NIP.
19691219 199703 2 001
|
|||||
17
|
ENI
YUNANTI UTAMI, S.PD
|
S
1
|
P.
MIPA/Pend. Biologi
|
I
P A
|
|
NIP.
19710501 199703 2 004
|
|||||
18
|
MARDLIYATI,
S.PD.I
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Qur'an
Hadits
|
|
NIP.
19610610 199203 2 001
|
Baca
Tulis Al-Qur'an
|
||||
19
|
SAMSIAH,
S.PD.I
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Bahasa
Indonesia
|
|
NIP.
19620906 198903 2 004
|
|||||
20
|
ROSITA,
S.AG
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Fiqih
|
|
NIP.
19670517 199903 2 002
|
B
P I
|
||||
21
|
DRA.
MARLIZA
|
S
1
|
Pend.
IPS/Pend. Sejarah
|
I
P S
|
|
NIP.
19650318 200501 2 002
|
|||||
22
|
Dra.
EKA MARLITA
|
S
1
|
P.
MIPA/Pend. Biologi
|
I
P A
|
|
NIP. 19690319 199703 2 001
|
|||||
23
|
MA'SUM,
S.AG
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Bahasa
Arab
|
|
NIP.
19630708 199203 1 001
|
Waka
Humas
|
||||
24
|
ASIH
SUBAGYO, BA
|
D
3
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Penjaskes
|
|
NIP.
19651113 199101 1 001
|
|||||
25
|
SUKESIH,
S.PD.I
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Bahasa
Indonesia
|
|
NIP.
19661023 199203 2 002
|
|||||
26
|
NASYIATUN
BUDIARTI, S.AG
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Bahasa Inggris
|
|
NIP.
19770104 200003 2 001
|
Aqidah Akhlak
|
||||
27
|
TAUFIK
HIDAYAT, S.PD
|
S
1
|
FIK
/ Kepelatihan
|
Penjaskes
|
|
NIP.
19741116 200312 1 002
|
|||||
28
|
YULI
SETYONO, S.PD
|
S
1
|
P.
MIPA/Pend. Matematika
|
Waka
Kurikulum
|
|
NIP.
19770721 200312 1 001
|
Matematika
|
||||
29
|
EKO
SUSILOHADI, S.PD
|
S
1
|
P.
MIPA/Pend. Biologi
|
I
P A
|
|
NIP.
19741116 200312 1 002
|
|||||
30
|
MASRIYAH,
S.AG
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Fiqih
|
|
NIP.
19710606 200312 2 003
|
|||||
31
|
ABDUL
SUKUR, S.PD
|
S
1
|
P.
MIPA/Pend. Biologi
|
Waka
Sarana
|
|
NIP.
19660218 199703 1 001
|
I
P A
|
||||
32
|
MUHAMMAD
NURDIN, S.PD
|
S
1
|
P.
IPS/Pend. Sejarah
|
I
P S
|
|
NIP.
19670519 200501 1 004
|
|||||
33
|
MAGHDALENA,
S.Pd
|
S
1
|
Pend.
Bhs dan Sastra/
|
Bahasa
Indonesia
|
|
NIP.
19720321 200312 2 001
|
Pend.
Bhs Indonesia
|
||||
34
|
NOVI
DIANA MANDAWASA, S.Ag
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Bahasa
Inggris
|
|
NIP.
150385646
|
|||||
35
|
ZAKY
MUBAROK, S.Ag
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PBA
|
Bahasa
Arab
|
|
NIP.
19731202 200312 1 001
|
|||||
36
|
LATIFAH
YAN, S.Ag
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Aqidah
Akhlak
|
|
NIP.
150399410
|
B
P I
|
||||
37
|
ASWANDI,
S.Ag
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Qur'an
Hadits
|
|
150421349
|
|||||
38
|
MUSRI'AH,
S.Ag
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
S
K I
|
|
NIP. 150387070
|
|||||
39
|
BARA
SABARATI, S.Psi
|
S
1
|
Psikologi
Umum
|
Bimbingan
Konseling
|
|
NIP.19721209
200901 2 001
|
|||||
40
|
HARTATI,
S.Pd
|
S
1
|
Bimbingan
Konseling
|
Bimbingan
Konseling
|
|
NIP.19711212
200501 2 004
|
|||||
41
|
NURHAYATI,
S.AG
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PBA
|
S
K I
|
|
NIP.
|
B
P I
|
||||
42
|
Drs.
AHMAD FAUZI
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
I
P S
|
|
NIP.
|
Bahasa
Lampung
|
||||
43
|
BAKTIONO,
S.Sn
|
S
1
|
Seni
Rupa
|
Seni
Budaya
|
|
NIP.
|
|||||
44
|
ANDIANSYAH
|
D
1
|
Instruktur
Komputer
|
T
I K
|
|
NIP.
|
|||||
45
|
OCTI
HUMAIROH
|
D
1
|
Instruktur
Komputer
|
T
I K
|
|
NIP.
|
|||||
46
|
PRINI
MARDIYANTI, S.Pd
|
S
1
|
P.
MIPA/Pend. Matematika
|
Matematika
|
|
NIP.
|
|||||
47
|
ENDANG
PUJI LESTARI, S.Pd
|
S
1
|
P.
MIPA/Pend. Biologi
|
Seni
Budaya
|
|
NIP.
|
|||||
48
|
YUSTI
APRIANI
|
S
1
|
Pend.
Bahasa Inggris
|
Seni
Budaya
|
|
NIP.
|
Bahasa Inggris
|
||||
49
|
FARIDA,
S.Ag
|
S
1
|
Tarbiyah
/ PAI
|
Bahasa
Lampung
|
|
NIP.
|
b.
Keadaan Karyawan MTsN Metro
Keadaan pegawai tata usaha dan karyawan di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Metro tahun pelajaran 2012/2013 dapat dilihat dibawah ini:
DAFTAR KARYAWAN
MTs NEGERI METRO DI BATANGHARI KABUPATEN LAM-TIM
No.
|
Nama/NIP
|
Golongan
|
Masa kerja
|
Pendidikan terakhir
|
Jabatan
|
1.
|
Tayuddin. Ms. SE
NIP.150 203 906
|
III/C
|
22 tahun
|
S1
|
Ketua tata usaha
|
2.
|
Uzu zuhir
NIP 150 224 398
|
III/B
|
16 tahun
|
SLTA
|
STAF
|
3.
|
Ema Dewi Arif
NIP 150 220 950
|
III/A
|
16 tahun
|
SLTA
|
STAF
|
4.
|
Abdul Hanan
NIP 150 239 924
|
II/D
|
13 tahun
|
SLTA
|
STAF
|
5.
|
Ponidi
NIP
|
13 tahun
|
SMEA
|
STAF
|
3. Struktur Organisasi Sekolah
Struktur Organisasi MTsN Metro Batanghari:
Siswa
|
Siswa
|
Siswa
|
Wali
Kelas
|
BP
|
Kepala
Sekolah
M.
Nurdin, S.Ag
|
Guru
|
Waka
Humas
Ma’sum, S.Ag.M.Pd.I
|
Waka
Kesiswaan
Abdul Rahman Ps, S.Ag
|
Waka
Kurikulum
Yuli
Setyono, S.Pd
|
TU
|
Waka
Sarpras
Drs. Abdul Sukur
|
Tabel Flowchart 1. Struktur Organisasi MTsN Metro
Batanghari
Keterangan :
: Garis Komando
: Garis Pembinaan
STRUKTUR ORGANISASI PENGELOLAAN
PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
MTs Negeri Metro Batang
Hari
Pengawas
Sekolah Bidang Bk
|
Kementerian
Agama
|
SISWA
|
Wali
Kelas
|
Koordinator
BK
|
Guru
Mata Pelajaran
|
Tata
Usaha
|
WAKA
Sekolah
|
Komite
|
Kepala
Sekolah
|
Keterangan :
-------------------------- = Garis
Koordinasi
= Garis Komando
Keadaan siswa MTsN Metro
Keadaan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Metro tahun
pelajaran 2012/2013 dapat dilihat di bawah ini:
Data Siswa ( 9
Tahun Terakhir )
No.
|
Tahun
Pelajaran
|
Jenis
Kelamin
|
Jumlah
|
|
L
|
P
|
|||
1.
|
2003 / 2004
|
243
|
264
|
507
|
2.
|
2004 / 2005
|
247
|
255
|
502
|
3.
|
2005 / 2006
|
221
|
266
|
487
|
4.
|
2006 / 2007
|
261
|
245
|
506
|
5.
|
2007 / 2008
|
287
|
271
|
558
|
6.
|
2008 / 2009
|
312
|
310
|
622
|
7.
|
2009 / 2010
|
315
|
313
|
623
|
8.
|
2010 / 2011
|
250
|
344
|
594
|
9
|
2011 / 2012
|
250
|
258
|
508
|
10
|
2012 /
2013
|
242
|
320
|
562
|
4.
Prestasi dan
Kegiatan Ekstrakurikuler
·
Juara Umum Drumband
Tingkat propinsi di Kotabumi 2012
·
Juara III MTQ Putri
Harlah dan Festival MAN 2 Metro ke-18
tahun 2010.
·
Juara I MTQ Putra
Harlah dan Festival MAN 2 Metro ke-18 tahun 2010.
·
Juara Senam Putra
SMP/MTs Harlah dan Festival MAN 2 Metro ke-18 tahun 2010.
·
Juara II Pidato
Bahasa Indonesia Harlah ke-18 MAN 2 Metro tahun 2009.
·
Juara II Lomba
Festival tingkat SMP/MTs Harlah MAN 2 Metro.
·
Juara III PBB
SMP/MTs se-Lampung Tengah Harlah ke-18 MAN 2 Metro tahun 2010.
·
Juara III Semaphore
HUT Ambalan KH Hasyim Ashari dan Hj. Nyi Hasyah Basri ke-XXIV tahun 2009.
·
Juara III lomba
gerak jalan MTs HUT RI ke-62 kecamatan Batang Hari 2007.
·
Juara I Kepramukaan
HUT Ambalan KH Hasyim Ashari dan Hj. Nyi Hasyah Basri ke-XXIV tahun 2009.
·
Juara III Purna
Paskibraka Kota Metro Lomba PBB Putra 2005.
·
Juara III PA LLHR
Galang SMP/MTs Kuaran Batang Hari Tahun 2008.
5.
Kondisi Masyarakat
a.
Pendidikan Non Formal
Posko PPTL MTs Negeri metro berada di dusun menur RW.05,
RT.09 Batanghari di kediaman bapak parman. Palaksanaan PPLT di MTs Negeri Metro
berada di batanghari dengan ketua Rukun Tetangga (RT) yaitu bapak parman.
Di
lingkungan RT tersebut terdapat satu masjid yaitu yang jaraknya dari posko
yakni sekitar ± 100 m dari MTs Negeri Metro. Di lingkungan tersebut terdapat
satu masjid yaitu masjid Sabilil Muttaqin yang jaraknya dari posko 100 m. Di
masjid tersebut terdapat kegiatan baca tulis iqro’ dan Al-qur’an. Kegiatan
tersebut berlangsung setiap hari senin, selasa, rabu dan kamis yang dimulai
pukul 16.30 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB, dan di lingkungan tersebut
terdapat pengajian rutin setiap malam minggu. Untuk ketua TPA masjid sabilil muttaqin yaitu saudara Yusuf.
b. Organisasi sosial keagamaan/kemasyarakatan
Ø Agama
Penduduk di dusun menur RW.05,
RT.09 Batanghari beragama Islam.
Jumlah sarana ibadah sebagai berikut :
Masjid
: 1 buah dengan nama Sabilil Muttaqin
Gereja
: -
Ø Kesehatan
Sarana dan prasarana di bidang
kesehatan di dusun Menur RW.05, RT.09 Batanghari adalah Pos Pelayanan Terpadu
(POSYANDU).
Ø Kesenian dan Olahraga
Jenis olahraga yang ada di Dusun Menur RW.05, RT.09 terdiri dari :
1.
Bola voli
2.
Sepak bola
Ø Organisasi yang berkembang
Organisasi kemasyarakatan yang
berkembang di dusun Menur RW.05, RT.09 adalah RT, RW, PKK, Posyandu,
Kelompok Pertanian, Perikanan, Peternakan.
BAB II
PELAKSANAAN PPLT
A. Pelaksanan Kegiatan di Sekolah
1. Persiapan
Pelaksanan program pengalaman lapanagan
Terpadu (PPLT), mahasiswa Program studi Bimbingan Dan Konseling (BK), harus
terlebih dahulu mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal. Tujuannya
adalah tercapainya pemahaman tentang pelaksanana layanan bimbingan konseling di
tempat praktik, selain itu tujuan dari persiapan yag baik akan lebih memahami
karakteristik siswa dan segenap warga sekolah lainya.
Tahap persiapan dilakukan satu minggu setelah
pelepasan oleh dosen pembimbing lapangan ke tempat praktik. Tahap persiapan
meliputi:
1. Observasi pelaksanaan bimbingan dan konseling
di MTs Negeri Metro Batanghari
2. Mengenal struktur organisasi dan personel BK
MTs Negeri Metro Batanghari
3. Menentukan siswa asuh atau sasaran layanan bimbingan dan konseling
4. Waktu kegiatan
5. Menentukan jenis kegiatan
6. Tujuan pelaksanan PPL BK
7. Menyusun program kegiatan PPLT Bimbingan dan
Konseling
Secara detail program kegiatan dapat
dijabarkan sebagai berikut:
a. Bimbingan dan Konseling di MTs Negeri Metro
Batanghari
Bimbingan dan Konseling di MTs Negeri Batanghari, sudah sangat maksimal dalam
menangani siswa siswi MTs N metro,. Faktor pendukung tercapainya BK adalah
dengan guru BK yang perhatian terhadap siswa dan siswinya yang meruopakan
sasaran layanan kegiatan bimbingan konseling,dan ruang BK yang cukup baik, instrumen
pengumpulan data yang cukup lengkap, selain itu didukumng oleh guru BK.
Bimbingan dan Konseling si MTs Negeri Metro Batanghari tidak memperoleh jam
khusus kelas, namun BK Masih nisa secara
intensif memberikan bimbngan kepada siswa asuh. Pelaksanannya dilakukan melalu
konsulktasi dan bimbingan pribadi.
b. Struktur Organisasi dan Personel BK
Secara
organisasi, BK MTs Negeri Metro Batanghari memiliki 3 (tiga) Guru BK yaitu,
Bara Sabarati S.Psi, Dra. Rulia, Hartati S.Pd.
c. Siswa Asuh / Sasaran Layanan
Sebagai
Mahasiswa PPLT, mahasiswa mendapatkan pamong yang akan memberikan bimbingan
dalam pelaksanaan praktik dan secara otomatis siswa asuhannya mengikuti siswa
asuh yang selama ini menjadi sasaran bimbingannya. Dalam praktik di MTs Negeri
Metro Batanghari yang menjadi siswa asuh adalah kelas VII A, yang berjumlah 30
siswa secara seluruh dan 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.
d. Waktu Kegiatan
Pelaksanan PPLT
dilaksanakan pada semester ganjil Tahun pelajaran 2012/2013, selama bulan juli
s/d september dari tgl 4 juli pelepasan hingga 19 september di tarik dari
tempat praktik atau PPLT (Program Pengalaman Lapangan Terpadu).
e. Jenis Kegiatan
Kegiatan yang
akan dilakukan terbagi menjadi 2 kegiatan utama, yaitu kegiatan layanan BK, dan
kegiatan pendukung BK. Dan mempunyai kegiatan lain yaitu membimbing siswa
dengan sewaktu waktu untuk melayani siswa yang ingin bercerita tentang apa yang
sedang dialami oleh siswa.
Kegiatan Layanan
Ø Layanan Orientasi
Ø Layanan Informasi
Ø Layanan Penguasaan Konten
Ø Layanan Penempatan dan Penyaluran
Ø Layanan Bimbingan Kelompok
Ø Layanan Konseling Kelompok
Ø Layanan Konseling Perorangan
Ø Layanan Konsultasi
Ø Layanan Mediasi
Kegiatan Pendukung
Ø Aplikasi Instrumentasi
Ø Sosiometri
Ø Himpunan Data
Ø Konferensi Kasus
Ø Kunjungan Rumah
Ø Alih Tangan Kasus
Semua Kegiatan tersebut dilaksankan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi
sekolah: program sekolah, jadwal sekolah, kondisi siswa, dan sebagainya.
f. Tujuan Kegiatan PPLT Bimbingan dan Konseling
Secara umum
tujuan dilaksanakan praktikan kerja lapangan bimbingan dan konseling adalah
membekali mahasiswa dengan pengalaman prakti secara langsung akan pelaksanan BK
disekolah. Akan tetapi secara khusus,m tujuan PPLT BK adalah:
1.
Memahami secara baik sebagaimana tugas guru BK yang baik dan benar sejalan
dengan apa yang ada diprogram dengan ramah, hangat dengan siswa asuh, sambil
memperdalam ilmu BK.
2.
Mengembangakan wawasan dan pengetahuan BK secara lebih nyata dalam realita
sekolah.
3.
Mengetahui dan mencari solusi terhadaop hambatan pelaksaan BK disekolah
demi kemajuan profesi BK.
4.
Membantu siswa agar:
a)
Lebih memahami dirinya, kelebihan, kekurangan, potensi, bakat dan minatnya
dalam rangka merencanakan masa depannya.
b)
Mampu mengarahkan dirinya untuk lebih baik dapat mengatasi setiap
permasalahan yang dialaminya.
c)
Memlihara dan mengembangkan kondisi dan potensi positif yang di milikinya
d) Megarahkan siswa agar lebih sukses dalam
belajar.
e)
Memperoleh wawasan dan informasi karir dan pendidikan lanjut.
2.
Pelaksaan PPL-T BK di Sekolah
a.
Identifikasi
siswa sasaran layanan
Siswa yang menjadi sasaran dalam
pelaksanaan praktik pengalaman terpadu MTsN Metro Batanghari kelas VII A semester
ganjil
tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 30
orang. Identifikasi pelaksaan praktik pengalaman lapangan terpadu bimbingan dan
konseling mencakup : 1) biodata siswa; 2) masalah kebutuhan siswa (need
assessment); 3) masalah hubungan social siswa.
1.
Biodata
siswa
Daftar biodata siswa diginakan untuk
membuat daftar siswa asuh sehingga memudahkan praktikan untuk mengisi daftar
siswa asuh, dimana format dari biodata tersebut mencakup : 1) nama; 2) tempat
tanggal lahir; 3) nama orang tua; 4) pekerjaan orang tua; 5) alamat yang bisa
dihubungi; 6) nomer telefon; 7) cita-cita; 8) jenjang pendidikan orang tua.
2.
Masalah
kebutuhan siswa (need assessment)
Need assessment diberikan kepada
siswa untuk mengetahui masalah kebutuhan yang dialami siswa agar siswa bisa
mengungkapkan masalah yang butuh untuk ditangani dan memudahkan praktikan
memberikan layanan bimbingan dan bisa dimengerti oleh siswa karena dalam proses
pemberian layanan bimbingan masalah yang disampaikan menurut kebutuhan yang
ingin mereka ketahui dan yang sedang dialami oleh siswa itu sendiri.
3.
Masalah
hubungan social
Pada masa remaja banyak terjadi
pergolakaari jati dirin jiwa yang ingin mencari jati diri dalam hal ini mereka
mencari perhatian dan dalam masa ini mereka mencari teman, berinteraksi dengan
teman sesame jenis dan lainnya. Hubungan social siswa yang satu dengan siswa
yang lainya dapat diketahui dengan format sosiometri yang diberikan kepada
siswa. Melalui format sosiometri tersebut, siswa diminta untuk memilih teman
yang paling disenangi dalan kegiatan belajar atau dalam kegiatanya sehari-hari.
Dari hasil format sosiometri tersebut praktikan bisa mengetahui hubungan social
siswa satu persatu dan siswa yang paling disenangi begitu pula sebaliknya bisa
mengetahui siswa mana yang terisolasir/tidak disenangi sehingga memerlukan
layanan bimbingan konseling lebih lanjut.
4. Sosiometri
Sosiometri diberikan kepada siswa untuk mengetahui masalah yang sedang dialami siswa agar siswa bisa mengungkapkan masalah yang butuh
untuk ditangani dan memudahkan praktikan memberikan layanan bimbingan dan bisa
dimengerti oleh siswa karena dalam proses pemberian layanan bimbingan masalah
yang disampaikan menurut kebutuhan yang ingin mereka ketahui yang sedang dialami oleh siswa itu sendiri dan orang yang
dapat di percaya untuk menjadi teman yang bisa membantunya serta teman yang tak
disukai agar praktik konseling dapat segera di lakukan untuk mencegah adanya
masalah yang ada.
b.
Metode
Ada beberapa metode yang praktikan
gunakan dalam penyampaian layanan bimbingan yaitu, klasikal, ceramah, dan
diskusi (Tanya jawab) mengenai materi bimbingan.
c.
Alat
dan perlengkapan
Dalam pelaksaan layanan praktikan
menggunakan buku materi dan LCD dan memutar film untuk menarik minat siswa mengikuti bimbingan
serta agar siswa tidak merasa bosan di adakanya permainan kecil agar siswa dapat mengikuti layanan bimbingan yang disampaikan dengan baik dan senang hati
.
d.
Materi
Materi yang bimbingan yang praktikan sampaikan disesuaikan dengan
kebutuhan siswa, selain itu juga dengan topik yang sedang dialami atupun juga seperti hal
yang sedang tren yang diikuti oleh remaja(siswa) saat ini.
e.
Rencana
penilaian
Dalam rencana penilaian praktikan
menggunakan 3 penilaian yaitu, 1) penilaian segera (laiseg); 2) penilaian
jangka pendek (laijapen); 3) penilaian jangka panjang (laijapan)
3.
Kegiatan pada Pengelolaan Sarana dan Prasarana
a. Pengelolaan Perpustakaan
Perpustakaan di MTs N Metro terdapat buku-buku pelajaran
yang dapat membantu pembelajaran, sehingga guru praktikan memanfaatkan
perpustakaan sebagai sumber belajar. Guru praktikan membantu ketua perpustakaan
untuk merapikan buku-buku dan merapikan buku agenda peminjaman buku. Siswa
hanya memiliki buku LKS, ketika pembelajaran berlangsung guru praktikan
menyuruh siswa agar meminjam buku yang ada diperpustakaan sebagai sumber
belajar yang lain, jadi guru praktikan berusaha menggunakan sarana dan
prasarana yang ada secara maksimal.
b.
Koperasi Sekolah
Koperasi
yang ada disekolah sudah berjalan dengan baik sehingga praktikan hanya ikut
membantu menjaga koperasi dan membantu beres-beres koperasi agar terlihat lebih
rapi dan murid-murid bisa merasa nyaman jika masuk untuk membeli alat tulis.
c. Kegiatan Ekstrakulikuler dan Pengembangan Diri
Pramuka
Kegiatan ekstrakuler pramuka dilaksanakan setiap hari minggu pukul 07.00 sampai 11.00. Siswa yang mengikuti adalah siswa kelas
VII-IX, ekstrakulikuler pramuka ini sudah pernah juara 1 gerak jalan tingkat sekolah, sering terlibat dalam perkemahan sosong
ramadhan atau pun juga PAJERO, dengan seperti ini maka pramuka di MTs mempunyai
banyak pengalaman dan karenanya latihan yang rajin begitu pula dengan semangat
yang di tunjukan oleh siswa siswi MTs Negeri Metro Batang Hari.
Paskibraka
Kegiatan ekstrakuler Paskibraka yang dilaksanakan setiap
hari Rabu pukul 15.00 sampai dengan 17.00. siswa kelas VIII-IX yang mengikuti
karena kelas VII belum banyak peminatnya namun dengan adanya ekstrakuler sangat
membantu saat upacara setiap hari seninnya.
Marcing Band
Kegiatan ekstrakuler ini dilaksankan saat hari jum’at
pukul 14.00 sampai dengan 16.00 anggota mercing band ini pun dari kelas VIII-IX
yang mengikuti latihan dan menjadi team intinya dan pernah mejadi juara umum
tingkat propinsi yang membanggakan setiap anggota team hingga sangat
berantusias sekali yang ingin mengikuti ekstra tersebut.
Basket dan Volly Ball
Yang di laksankan pada hari Kamis dan Sabtu pukul 15.00-17.30
peminat ekra ini pun sanga antusias dari kelas VII-IX mengikutinya
d. Hambatan dalam Pelaksanaan PPL-T BK di Sekolah
Adapun hambatan yang dirasakan dalam pelaksanaan dalam
pelaksaanaan praktek mengajar yaitu:
1. Siswa Kurang Fokus
Dimana pada awal pembelajaran masih banyak siswa yang
tidak fokus ditandai dengan adanya siswa yang melamun, ngobrol, mengantuk,
bahkan masih ada siswa yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing atau
mengerjakan tugas materi pelajaran yang lain.
2. Siswa Kurang Serius
Beberapa siswa dikelas kurang serius dalam mengikuti bimbingan, ditandai dengan adanya sebagian siswa yang tidak mengerjakan tugas rumah
dengan berbagai alasan misalnya lupa, bukunya ketinggalan, bahkan ada yang
memberikan alasan karena terlalu banyak PR sehingga belum selesai mengerjakanya.
Ketika praktikan bertanya setelah materi bimbingan disampaikan ada beberapa siswa yang tidak bisa menjawab, karena saat praktikan menyampaikan materi bimbingan siswa tidak memperhatikan.
3. Siswa Ribut dan Sering Keluar Masuk Kelas
Ketika dalam proses bimbingan ada beberapa siswa yang ribut, mengobrol dengan teman sebangku atau teman
yang lain dan melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat suasana kelas menjadi
tidak kondusif. Beberapa siswa sering keluar masuk kelas saat bimbingan sehingga menggagu konsentrasi siswa lain yang sedang memperhatikan materi yang disampaikan
4. Siswa Kurang Aktif
Keaktifan siswa menjadi salah satu faktor yang penting
dalam menentukan keberhasilan proses pemberian
layanan bimbingan. Beberapa siswa masih kurang aktif ketika siswa disuruh untuk bertanya dan
mengerjakan tugas dari
materi bimbingan yang disampaikan didepan kelas, siswa yang aktif hanya ada beberapa
antusias mengikuti bimbingan dan aktif ketika disuruh untuk bertanya
ataupun mengerjakan tugas dari
materi bimbingan yang disampaikan.
e. Usaha Pemecahan Masalah
Mengacu pada hambatan yang dirasakan dalam pelaksanaan
praktek mengajar, maka perlu adanya usaha untuk penyelesaian masalah yang
bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Usaha-usaha yang dilakukan yaitu:
a. Usaha yang dilakukan agar siswa fokus
1. Memotivasi siswa, memberikan apresepsi dan
menyampaikan tujuan bimbingan disetiap awal bimbingan, agar siswa tertarik dan mengetahui pentingnya materi bimbingan yang akan disampaikan.
2. Menegur siswa agar memperhatikan materi yang
disampaikan.
3. Menghentikan sejenak proses bimbingan ketika siswa mulai tidak fokus, setelah suasana kembali kondusif maka
proses bimbingan kembali dilanjutkan.
b. Usaha yang dilakukan agar siswa serius
1. Siswa yang tidak mengerjakan tugas dari materi yang disampaikan, praktikan memberikan teguran dan bertanya alasan mereka
tidak mengerjakan tugas dari
materi yang disampaikan. Membuat kesepakatan yaitu ketika ada siswa yang tidak serius akan diberikan tugas tambahan dan yang
memperhatikan akan diberikan reward.
2. Guru praktikan keliling mengawasi siswa ketika
mengerjakan tugas dari
materi bimbingan yang disampaikan agar siswa yang kurang faham dapat langsung bertanya.
c. Usaha yang dilakukan agar siswa tidak ribut
dan keluar masuk kelas.
1. Memberikan taguran agar siswa tidak ribut dan
memperhatikan materi yang disampaikan.
2. Menyampaikan materi bimbingan yang disampaikan dengan metode pembelajaran yang kreatif dan tidak
monoton sehingga siswa tertaik mengikuti bimbingan dan tidak keluar masuk kelas. Misalnya menggunakan sarana yaitu LCD dan memutar film yang berfungsi untuk memotivasi.
d. Usaha
yang dilakukan agar siswa aktif
1. Memberikan kesmpatan tanya jawab agar siswa
dapat bertanya dan aktif.
2. Memberikan rewerd terhadap siswa yang aktif
sehingga memotivasi siswa lain yang kurang aktif.
B.
Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat
1.
Silaturahmi
Silaturahmi dengan warga sekitar posko dilakukan dengan
cara peserta PPLT hadir dimasjid Sabilil Muttaqin untuk sholat berjamaah dalam
rangka memperkenalkan diri sekaligus melaporkan kegiatan-kegiatan mahasiswa
PPLT di MTs Negri Metro baik kegiatan dalam lingkungan sekolah maupun di
lingkungan masyarakat tempat tinggal dan juga meminta ijin menetap serta
mengikuti kegiatan yang ada di masyarakat kapada kepala desa, ketua RT, ketua
RW dan masyarakat sekitar. Kepada ketua RT juga disampaikan kegiatan-kegiatan
yang akan dilakukan selama PPLT di MTs Negeri Metro baik kegiatan yang di
lakukan di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
2. Pelaksanaan
Kegiatan Masyarakat
a. Pelaksanaan TPA
TPA dimasjid Sabilil Muttaqin dipimpin oleh
Sdr.Rahman. jadwal belajar TPA Sabilil Muttaqin yaitu:
Jadwal Belajar
TPA Sabilil Muttaqin
No
|
Hari
|
Waktu
|
Materi
|
1
|
Senin
|
16.30-17.30
|
Mengaji
|
2
|
Selasa
|
16.30-17.30
|
Hafalan Surat Pendek
|
3
|
Rabu
|
16.30-17.30
|
Mufrodat
|
4
|
Kamis
|
16.30-17.30
|
Hadist
|
5
|
Jum’at
|
16.30-17.30
|
Praktek Sholat
|
6
|
Sabtu
|
16.30-17.30
|
Cerita Kenabian
|
Santriawan/santriawati terdiri dari 15 anak yang terdiri
dari 10 santri yang masih iqra dan 5 santri yang sudah Al Quran. Pelaksanaan
TPA dilakukan dalam satu waktu untuk semua santri yang terlihat pada jadwal
belajar TPA Sabilil Muttaqin. Pelaksanaan TPA dilaksanakan dalam waktu 1 jam.
Tim pengajar dilakukan oleh ketua TPA dan dibantu oleh peserta PPLT MTs N Metro
yang terlihat pada jadwal pengajaran TPA Sabilil Muttaqin. Skema pelaksanaan
TPA yaitu, sebelum melakukan bimbingan baca iqra/Al Quran diwajibkan membaca
doa sebelum mengaji dan setelah mengaji bersama-sama yang dipimpin oleh 1
(satu) orang. Pelaksanaan mengaji para santri dibimbing oleh ketua TPA dan
dibantu oleh peserta PPLT MTs N Metro, satu persatu para santri mendapat
giliran mengaji.
Kegiatan yang dilakukan selain membaca Iqra/Al Quran
yaitu praktek sholat dan hafalan surat-surat pendek, sholawat Nabi dan cerita
kenabian. Semua santri dalam praktek sholat diwajibkan membaca bacaan sholat
dengan nada yang keras sehingga tim pengajar dapat mengetahui kesalahan dalam
bacaan atau bagian bacaan sholat yang belum dihafal. Gerakan sholat para santri
juga diperhatikan tidak hanya bacaannya saja, misalnya gerakan rukuk, duduk
pada tasyahud awal, dan duduk pada saat tasyahud akhir, maka tim pengajar
langsung membenarkan gerakan para santri yang masih salah, sehingga gerakan
dalam sholatnya menjadi benar dengan satu harapan ketika ia melaksanakan sholat
maka bacaan maupun gerakan sholatnya menjadi benar dan sholatnya akan leih
khusuk dan sempurna. Dengan adanya praktek sholat, hafalan surat-surat pendek,
belajar baca tulis Al Quran, tajwid, dan cerita nabi akan membuat para santri
lebih semangat dan tidak bosan dalam belajar TPA, sehingga dapat menjadikan TPA
sebagai wadah dalam memperdalam ilmu agama dan dalam rangka penyempurnaan dalam
beragama.
b. Pelaksanaan Pengajian di Kompleks MTs N Metro
Pengajian rutin
dilingkungan posko dan MTs Negeri Metro dilaksanakan malam senin secara
bergilir untuk pengajian ibu-ibu dan untuk bapak bapak dilaksanakan hari kamis
malam jum’at. Pengajian di bulan Ramadhan juga dilaksanakan yaitu pada hari
minggu yang dilaksanakan selama 3 minggu dibulan Ramadahan. Pelaksanaan
pengajian di isi dengan mengaji bersama dan mendengarkan tausiah. Pengjian
rutin diranting Muhammadiyah juga dilaksanakan satu minggu sekali.
3.
Hambatan Pelaksanaan
a. Hambatan Pelaksanaan TPA
1.
Banyaknya santri yang didominasi oleh siswa SD bahkan TK dimana para santri
lebih suka banyak bermain sehingga menciptakan kondisi kelas yang kurang
kondusif, banyak santri yang ribut dan sibuk bermain dengan teman-temanya.
2.
Kelas TPA digabung menjadi satu, ini menjadi hambatan bagi santri yang
belum lancar membaca Al Quran untuk menghafal surat- surat pendek dan bacaan
sholat, sehingga santri tersebut ketinggalan dalam hafalan di bandingkan dengan
santri yang sudah lancar dalam membaca Al Quran.
3.
Kurangnya kemampuan para praktikan dalam menguasai ilmu agama sehingga
belum bisa maksimal dalam mengajar TPA.
4.
Usaha Penyelesaian Masalah
a.
Usaha penyelesaian masalah terhadap hambatan
dalam pelaksanaan TPA
1. Untuk menciptakan suasana tenang maka kegiatan
santri dipadatkan, ketika santri belum mendapat giliran mengaji maka santri
tersebut di wajibkan untuk menghafalkan suratan pendek, sehingga kegiatan
santri menjadi terarah dan mengurangi kegiatan bermain dengan teman-temanya.
2. Pemisahan kelas terhadap santri yang masih
belajar Iqra dan Al Quran yaitu siswa yang masih belajar Iqra duduk dibangku
terpisah dengan pemberian perlakuan yang berbeda agar mereka lebih mudah
memahami materi yang diajarkan, sehingga pembelajaran ilmu agama yang diberikan
dapat diterima oleh santri secara maksimal.
3. Keterbatasan ilmu agama para praktikan dapat
diatasi dengan membaca buku yang dimiliki oleh pengurus atau pengajar TPA
masjid Sabilil Muttaqin dan buku ilmu agama yang lain.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Setelah mengikuti dan melaksanakan Program Pengalaman
Lapangan Terpadu (PPLT) ini kami dapat menyimpulkan bahwa:
1. Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) di
MTs N Metro berjalan dengan baik dan lancar.
2. Peran guru pamong dan pembimbing mahasiswa
mulai dari penguasaan materi, teknik pengolaan kelas, pembuatan SATLAN sangat
membantu dalam pelaksanaan PPLT.
3. Peran ketua RT, ketua RW, dan masyarakat
sekitar sangat penting bagikeberadaan mahasiswa PPLT, dimana dapat menerima,
mengarahkan, dan memberikan masukan-masukan kepada mahasiswa PPLT mengenai
kegiatan masyarakat.
4. Hubungan sosial mahasiswa PPLT dengan kepala
sekolah, guru, staf tata usaha dan siswa sangat baik.
B. Saran
Setelah mengikuti dan melaksanakan Program
Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) ini kami dapat memberikan yaitu:
1. Sarana dan prasarana diperlengkap untuk
menunjang proses pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2. Sarana dan prasarana yang sudah ada dapat
dipergunakan secara maksimal, misal lapangan basket, laboratorium, laboratorium
komputer dan media pembelajaran sehingga pembelajaran akan lebih maksimal.
3. Guru diharapkan lebih perhatian terhadap siswa
agar kondisi belajar kondusif dan siswa lebih tertarik mengikuti pelajaran.
4. Untuk tahun selanjutnya diharapkan agar ruang
praktikan PPLT dapt dicampur menjadi satu di ruang guru agar hubungan antara
praktikan dan guru lebih akrab dan lebih mudah bersosialisasi.
thank's infonya
ReplyDeleteyuaps terimkasih untuk kunjungnnya selamat berkunjung lagi ya
Delete