BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Keberhasilan
seseorang di dalam hidupnya semata-mata tidak ditentukan oleh kognitifnya saja,
akan tetapi masih ada faktor lain yang penting yaitu Keputusan kariernya.
Bagaimana seseorang itu tepat dalam mengambil keputusan karier, akan memberikan
pengaruh terhadap keberhasilan seseorang dalam hidupnya. Kita lihat contoh di
sekeliling kita, ada orang yang sulit untuk mengambil keputusan dalam kariernya,
dan ada orang yang sangat mudah dalam mengambil keputusan dalam kariernya, yang
berarti mengambil keputusan kariernya dengan baik.
Peserta
didik dalam tingkat Sekolah Menengah Kejuruan merupakan masa remaja yang sangat
ingin menetukan keputusan kariernya dengan tepat. Agar dapat memperbaiki taraf
hidup yang lebih baik guna masa depan yang akan dicapai sesuai dengan bakat,
minat yang dimiliki oleh Peserta didik tersebut.
Perkembangan Karier Di Usia SMK Pada
usia ini mereka sudah mulai merencanakan penentuan karier untuk masa depan.
1
|
1
|
Pengambilan Keputuskan karier sangat
menentukan keberhasilan Peserta didik untuk mengembangkan minat, bakat, potensi
dan kemampuan yang dimiliki peserta didik melalui bimbingan kelompok seperti
yang di ungkapkan oleh Sukardi (2003: 51) bahwa :
Layanan
bimbingan kelompok dalam bimbingan karier (No.6D), meliputi kegiatan
penyelenggaraan bimbingan kelompok yang membahas aspek-aspek pilihan pekerjaan
dan pengembangan karier peserta didik, yaitu hal-hal yang menyangkut:
a.
Pilihan dan latihan keterampilan.
b.
Orientasi dan informasi lembaga-lembaga
keterampilan (lembaga kerja/industri) sesuai dengan pilihan pekerjaan dan arah
pengembangan karier
c.
Pilihan, orientasi dan informasi
perguruan tinggi sesuai dengan arah pengambangan karier.
Sekolah
merupakan salah satu tempat pendidikan bagi Peserta didik yang tentunya
memiliki tanggung jawab yang besar dalam upaya pengembangan Peserta didik
secara optimal. Pengembangan tersebut bukan hanya perkembangan intelektual atau
hanya pada aspek kognitifnya saja. Akan tetapi hal yang perlu juga diperhatikan
adalah kemampuan afeksi dan psikomotoriknya. lebih dari itu pengembangan dalam
memutuskan karier dan untuk menjadi perhatian dari pelaku pendidik.
Pengembangan
dalam memutuskan karier yang baik dapat dilakukan oleh guru BK, dimana dengan
potensinya baik pribadi maupun kopetensi lainnya akan membawa Peserta didik
dapat memahami dan bersikap positif kepada Peserta didik serta masyarakat pada
umumnya. Selain itu juga pemahaman keputusan karier akan membangun kebermaknaan
yang positif dalam cita-citanya.
Berdasarkan
Prasurvei pada, tanggal 10 September 2012 dan wawancara langsung dengan Peserta
didik kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 1 Metro untuk memperoleh gambaran
secara makro yang jelas mengenai pengambilan keputusan karier Peserta didik.
Dari sejumlah 30 Peserta didik pengambilan keputusan karier dengan pemaparan
sebagai berikut: ;
1. Ada
Peserta didik yang belum memahami Bakat serta minat 3 orang
2. Tidak
sesuai keinginan dalam memutuskan karier 3 orang.
3. Kurang
tepat dalam pengambilan keputusan karier 4 orang.
Untuk
membantu permasalahan tersebut, peran guru BK sangatlah dibutuhkan untuk
membantu Peserta didik dalam meningkatkan pengambilan keputusan karier.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka kemungkinan alternative bantuan
yang dapat dilakukan oleh guru BK antara lain dalam bentuk:
1. Layanan
Informasi
2. Layanan
penampatanan penyaluran
3. Layanan
konseling kelompok
4. Layanan
bimbingan kelompok
Layanan bimbingan kelompok merupakan layanan
bimbingan konseling yang memungkinkan Peserta didik untuk pembahasan dan
pengentasan masalah yang dialami melalui dinamika kelompok, proses pemberian informasi dan bantuan pada sekelompok
orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok.
Menurut oleh Gazda yang dikutip oleh Prayitno (2004: 309) adalah
Mengenai layanan bimbingan kelompok adalah kegiatan informasi kepada sekelompok
peserta didik untuk membantu mereka menyusun rencana dan keputusan yang tepat. Guna mencapai suatu tujuan tertentu
layanan bimbingan
kelompok diberikan dalam
suasana dinamika kelompok selain itu juga bisa dijadikan media penyampaian informasi sekaligus juga bisa membantu Peserta
didik menyusun rencana dalam membuat
keputusan yang tepat dapat diharapkan berdampak positif pada Peserta
didik yang nantinya akan
meningkatkan keputusan karier Peserta didik.
Melihat
kondisi yang terjadi pada Peserta didik yang kurang tepatnya dalam pengambilan
keputusan karier Peserta didik. Salah satu pilihan yang bisa digunakan guru BK
untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier Peserta didik adalah melalui
penelitian tindakan layanan (PTL). Karena penelitian tindakan layanan adalah merupakan
suatu alternatif model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian
pembelajaran dalam beberapa siklus secara kolaboratif dan berkelanjutan. Metode
penelitian tindakan ini bertujuan untuk mencari bentuk tindakan yang tepat
dalam mengatasi suatu masalah (Dede dan Aip, 2012: 7).
Berdasarkan
masalah-masalah tersebut di atas maka penulis merasa tertarik untuk meneliti
bagaimana pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan pengambilan
keputusan karier peserta didik. Selanjutnya dituangkan dalam judul penelitian
sebagai berikut: Upaya Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karier Peserta Didik
Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMK Negeri 1 Metro.
B.
Fokus
Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka yang menjadi fokus penelitian adalah “upaya
meningkatkan pengambilan keputusun karier peserta didik melalui layanan
bimbingan kelompok kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 1 Metro Semester
Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013”.
1.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
fokus penelitian di atas maka dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut:
1. Bagaimana
hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pengambilan
keputusan karier peserta didik kelas X akomodasi perhotelan SMK Negeri 1 Metro
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013?”.
2. Apakah
layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pengambilan keputusan karier peserta
didik kelas X akomodasi perhotelan SMK Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2012/2013?”.
3.
Bagaimana respon peserta
didik kelas X akomodasi perhotelan SMK Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2012/2013 terhadap layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan
pengambilan keputusan karier?”.
2. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui:
- Hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan Pengambilan keputusan karier peserta didik kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013.
- Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pengambilan keputusan karier peserta didik kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013.
- Respon peserta didik kelas X akomodasi perhotelan SMK Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 terhadap layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pengambilan keputusab karier.
3.
Manfaat
Penelitian
Bila
tujuan penelitian dapat
tercapai, maka hasil penelitian
akan memiliki manfaat. Adapun manfaat
penelitian ini adalah :
a.
Bagi Peserta Didik
Dengan mengikuti kegiatan bimbingan
kelompok peserta didik dapat memanfaatkan dinamika kelompok. Artinya, semua
peserta dalam kegiatan kelompok saling berinteraksi, bebas mengeluarkan
pendapat, menanggapi, memberi saran, dan lain sebagainya, apa yang dibicarakan
itu semuanya bermanfaat untuk diri peserta yang bersangkutan sendiri dan untuk
peserta lainnya. Sehingga peserta didik akan dapat terdorong untuk meningkatkan
pengambilan keputusan karier peserta didik menjadi lebih baik.
b.
Bagi Guru
Sebagai bahan pertimbangan
dan evaluasi agar pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan
pengambilan Keputusan Karier peserta didik menjadi lebih baik.
c.
Bagi Sekolah
Guna untuk lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan
bimbingan dan konseling di sekolah, dan dapat memberikan kontribusi bagi para
pengambil kebijakkan akademis di lingkungan pendidikan untuk lebih memahami
layanan bimbingan kelompok yaitu untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier
peserta
didik.
d.
Bagi Peneliti
Untuk menambah wawasan
bagi peneliti tentang fungsi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan
Pengambilan Keputusan Karier peserta didik.
C.
Lokasi
Dan Waktu Penelitian
Lokasi penelitian
dilakukan pada Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri
1 Metro, karena peneliti melihat
dan menemukan masalah
bahwa dilokasi tersebut
terdapat permasalahan mengenai
pengambilan keputusan karier, sehingga lokasi penelitian sesuai dengan
masalah yang diteliti. Waktu lamanya
tindakan yaitu tiga bulan dimulai bulan semtember 2012 sampai bulan November 2012.
No comments:
Post a Comment