Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat,SILAHKAN ISI BUKU TAMU DAHULU YA,,, Blog Ini Untuk Menambah Wawasan Bimbingan Dan Konseling Lalu Motivasi Diri, Serta Mohon Komentar Agar Selalu Baik Dalam Menampilkanya. Email jatirinkriatmaja04@gmail.com atau 085220363757

Monday, 18 March 2013

Contoh Satlan


Description: D:\Walpaper\Logo 2\METRO.JPG
PEMERINTAH KOTA METRO
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 METRO
KELOMPOK KEAHLIAN: BISNIS MANAJEMEN DAN PARIWISATA
JL. KEMIRI-KAMPUS 15 A IRINGMULYO-METRO TIMUR KOTA METRO
Telepon: (0725) 41295-42774 Fax: (0725) 41295

Description: D:\Walpaper\SMK N 1 Metro.JPG
Contoh Satlan Karier


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.      Topik Permasalahan                     : Aplikasi Karier Dalam PemilihanPekerjaan
B.       Standar Kompetensi                    : Mampu mewujudkan sikap dasar dalam
  pengembangan karier untuk kehidupan  
  mandiri secara emosional, sosial, dan
  ekonomi

C.       Bidang Bimbingan                       : Pribadi dan social
D.      Jenis Layanan                               : Layanan bimbingan kelompok
E.       Fungsi Layanan                            : pemeliharaan, pemahaman dan  
                                                              Pengembangan
F.        Tujuan Layanan                           : Agar menjadi pribadi yang mampu tepat
  dalam memilih karier
G.      Sasaran Layanan                          : Kelas X Akomodasi Perhotelan
H.      Uraian Kegiatan                           :
1.  Tahap Pembentukan
2.  Tahap Peralihan
3.  Tahap Kegiatan
4.  Tahap Pengakhiran
I.         Materi Layanan                            : Terlampir
J.         Metode                                         : Diskusi, tanya jawab dan permainan
K.      Tempat penyelenggaraan             : Ruang Kelas X
L.       Waktu dan Tanggal                      : 1 x 45 menit
M.     Penyelenggaran  Layanan            : Jati Rinakri Atmaja
N.      Catatan Khusus                            : Pertemuan dilaksanakan sesuai dengan
                                                              kesepakatan kelompok
O.      Rencana Penilaian dan Tindak
      Lanjut Layanan                             :
1.   Rencana Penilaian
Penilaian pengamatan proses dilakukan pada saat berlangsungnya pemberian layanan dengan mengamati keaktifan dan kesungguhan peserta didik dalam kegiatan bimbingan kelompok. Penilaian hasil dilakukan pada saat kegiatan bimbingan kelompok berakhir dengan menanyakan kepada peserta didik tentang pemahaman-pemahaman baru mengenai hubungan sosial yang dibahas pada saat bimbingan kelompok. Confrotibel atau kenyamanan seperti perasaan-perasaan kelegaan yang dialami oleh anggota kelompok berhubungan dengan masalah pengambilan keputusan karier, ektion atau komitmen yang dibuat oleh anggota kelompok bahwa peserta didik dapat mengaplikasikan pengambilan keputusan karier yang baik.
2.   Tindak Lanjut
Yaitu dengan membantu peserta didik yang bermasalah dengan mengadakan konseling individu.
                       
Mengetahui                                                          Metro,Senin 12 November 2012
Guru BK                                                              Pelaksana Layanan




Bekti Satriadi, M.Pd                                             Jati Rinakri Atmaja
NIP. 19770923 200312 1 001                              NPM. 11130009 P


Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1 Metro


Hj. Djumijati S.Pd
NIP. 19530511 197903 2 002


MATEI LAYANAN

APLIKASI KARIER DALAM PEMILIHAN PEKERJAAN

Bekerja adalah melakukan aktivitas untuk mendapatkan penghasilan yang bias digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Perlu ditanamkan dalam diri masing-masing orang yang bekerja bahwa apa yang dia lakukan adalah dalam rangka ibadah, (al- Nawiy 2007). Apabila hal itu dilakukan maka dia akan berusaha bekerja dengan sungguh-sungguh dan hidupnya lebih tentram. Berikut ini disajikan pentingnya bekerja dari beberapa segi menurut surya (1990).
1.        Individu:
a.    Memenuhi kebutuhan dalam bidang keuangan dan panggilan hidup.
b.    Memenuhi kebutuhan fisik.
c.    Memenuhi kebutuhan psikis, harga diri, identitas diri, penghargaan dari orang lain, kepuasan pribadi, penentuan gaya hidup, motivasi, berprestasi, peningkatan percaya diri.
d.   Pergaulan dan wawasan lebih luas.
e.    Merasa bagian dari kelompok (sense of belongingness).
f.     Pengisi waktu dalam sebagian besar kehidupan individu.
2.        Keluarga:
a.    Adanya sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan.
b.    Kebanggaan keluarga.
c.    Terlepasnya sebagian beban keluarga.
d.   Penghargaan masyarakat pada keluarga.
e.    Keberhasilan dambaan keluarga.
f.     Peningkatan kesejahteraan keluarga.
3.        Masyarakat :
a.    Adanya produksi barang dan jasa
b.    Tersedianya Man power.
c.    Tersedianya modal, bahan mentah, dan teknologi.
d.   Memperlancar roda ekonomi.
Bekerja pada dasarnya tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi keluarga, masyarkat dan bangsa. Para pekerja dapat mendorong adanya produk barang, tersedianya Man Power, yang dapat menjadi aset nasional bagi Negara, juga memperlancar kerja sama antar Negara, dan modal peningkatan kemajuan. Selain itu perlu ditanamkan dalam diri masing-masing orang yang bekerja bahwa apa yang dia lakukan adalah dalam rangka ibadah. Apabila hal itu dilakukan maka dia akan berusaha bekerja dengan sungguh-sungguh dan hidupnya lebih tentram.
Selain itu menurut al- Nawiy (2007) ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan seseorang dalam bekerja antara lain:
a.         Amanah dalam bekerja
b.        Tidak curang
c.         Tidak merampas hak orang lain
d.        Tidak menipu/berdusta
e.         Tidak bersumpah palsu
f.         Tidak mengambil suap
g.        Tidak mengeksploitasi kecantikan/ketampanan
h.        Tidak bergosip
i.          Tidak bersepi-sepi dengan lawan jenis dan berdmahapeserta didikn yang berlebihan
j.          Tidak memata-matai
Meskipun bimbingan dan konseling karier telah  berkembang dengan pesat, bahkan dalam perkembangannya bias diterapkan pada berbagai komunitas, namun demikian sekolah masih merupakan setting yang subur bagi pelayanan BK. Bentuk pelayanan BK karier di sekolah mengarah pada upaya pemahaman diri peserta didik, pemahaman dan sikap positif terhadap berbagai jenis pekerjaan serta pemahaman dunia kerja, baik dari segi syarat maupun pemilihan pekerjaan yang relevan dan menganalisis pekerjaan yang telah dipilih. Pada akhirnya diharapkan peserta didik ataupun individu yang mendapatkan layanan BK karier akan mampu memilih jenis pekerjaan yang akan ditekuni kelak di kemudian hari.
Semua jenis layanan BK yang sesuai dan terbingkai pada komponen pelayanan dasar, pelayanan responsif, perencanaan individual, dan dukungan system bias diterapkan.    

2 comments:

  1. sama sama dari metro~ ijin mencontoh cara pembuatan untuk tugas bang ^^ terima kasih

    ReplyDelete